Berguling Membantu Perkembangan Stimulasi Bayi

Posted on

generasimaju.com – Umumnya, di usia 4,5 bulan, bayi sudah mampu berguling. Supaya kemampuan bergulingnya terarah dan si kecil semakin piawai, latihlah gerakan ini dengan cara membunyikan mainan atau memanggil namanya dari samping. Jika bayi melakukannya, biarkan ia berusaha mengambil mainan yang ada di tangan Mama. Stimulasilah sesering mungkin secara bergantian antara sisi kiri dan kanan agar kemampuan bergulingnya bisa rata kanan dan kiri. Perlu diketahui kemampuan berguling berkaitan dengan kemampuan bayi dalam mengangkat kepalanya. Maka, saat si kecil telungkup, rangsanglah dengan membunyikan mainan dari atas atau depan supaya dia mengangkat kepalanya. Jadi, semua tahapan perkembangan anak itu kait mengait dan berkelanjutan.

Berat dan Panjang Badan

Tahukah Mama, rata-rata BB (berat badan) bayi baru lahir sekitar 3 kg dengan panjang badan (PB) rata-rata sekitar 50 cm. Umumnya, bayi laki-laki lebih panjang dan lebih berat tubuhnya daripada bayi perempuan. Di usia 5 bulanan, BB bayi biasanya bertambah menjadi 2 x BB lahir dan menjadi 3 x BB lahir atau sekitar 10,5 kg saat usia setahun. Sedangkan PB-nya bertambah menjadi sekitar 58—61 cm di usia 4 bulanan, dan di usia 1 tahun, PB-nya berkisar 1,5 x PB sewaktu dilahirkan.

Mata Bayi Terlihat Juling?

Saat bayi baru lahir, matanya belum dapat memfokus dengan baik dan dapat mengakibatkan matanya terlihat agak juling. Umumnya, saat berumur 3—4 bulan, matanya sudah dapat melihat dengan lebih fokus sehingga tidak tampak juling lagi. Bila julingnya menetap hingga bayi berumur 6 bulan, periksakanlah ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya. Selain itu, jika saat lahir, bayi tidak terlihat juling dan pada usia sekitar 6 bulan mulai terlihat juling, periksakan juga ke dokter mata yang khusus menangani mata anak. Juling yang muncul belakangan ini disebut strabismus yang didapat (acquired). Perhatikan juga kondisi juling yang tersembunyi, yaitu apabila saat bayi bermain, matanya tidak juling, namun saat melamun, matanya terlihat juling. Bawalah si kecil ke dokter mata untuk diperiksa dan dicari penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *