Bumil yang Mudah Berkeringat

Posted on

pascal-edu.com – Mama hamil akan lebih sering berkeringat lantaran adanya perubahan hormon di tubuh. Perubahan ini menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah ke kulit dan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Inilah yang merangsang kelenjar keringat untuk mendinginkan tubuh. Untuk itu, Mama disarankan banyak minum. Enggak perlu selalu harus air putih kok, jus juga bisa. Tapi hindari minuman “tidak sehat” seperti kopi atau soda ya, Mam. Dengan banyak minum, Mama dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang lewat keringat. Jika baju selalu basah oleh keringat, Mama juga harus sering berganti pakaian. Jadi jangan lupa untuk membawa baju ekstra di tas setiap bepergian ya.

Tidak Harus Musik Klasik

Mama sering disarankan mendengarkan musik klasik untuk menstimulasi kecerdasan janin, bukan? Menurut Kepala Bagian Psikiatri bernama Professor David Baron, yang bertugas di Fakultas Kedokteran Universitas Temple Amerika Serikat, semua jenis aliran musik itu baik selian itu juga dipercaya bisa merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Namun, jenis musik itu harus teratur dari segi tempo dan struktur nada, sehingga mampu memberikan penggambaran tersendiri bagi otak. Jadi mau pilih keroncong, kasidahan, atau jaz, boleh-boleh saja, Mam!

Makanan Antianemia

Apakah Mama sering merasa lelah dan letih, wajah tampak pucat, sering pusing, dan adakalanya sesak napas? Jangan-jangan Mama terserang anemia. Mama hamil memang berisiko tinggi mengalami anemia atau kekurangan darah. Konsultasikan hal ini pada dokter. Anemia bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Antara lain: Buah: apel, anggur, jeruk, dan melon. Sayur: brokoli, bayam, kacang merah. Karbohidrat: gandum, sereal, kacang almond.

Minum 2 Gelas Setelah Diare

Disebut diare jika Mama sudah buang air besar lebih dari 4 kali dengan jumlah relatif banyak. Yang paling dikhawatirkan dari kondisi ini adalah dehidrasi (kekurangan cairan). Gejalanya, badan lemas, rasa haus yang sangat, serta elastisitas kulit berkurang. Setiap habis buang air besar, Mama harus segera minum setidaknya dua gelas. Bila tetap berlanjut, segera ke dokter karena Mama hamil tidak disarankan membeli obat diare yang dijual bebas. Untuk pencegahan, jalani pola hidup sehat. Terdengar klise ya, tapi ini memang cara yang paling efektif. Jadi perlu diperhatikan , mencuci tangan setiap sebelum makan dan jangan beli makanan diluar sembarangan. Dengan begitu Mama dapat terhindar dari kuman yang dapat membahayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *