Makanan Pertama Untuk Si Kecil

Posted on

sat-jakarta.com – Di usia 6 bulan, si kecil sudah harus mengenal makanan selain ASI. Nah, makanan yang terbaik untuknya tentulah yang dibuat sendiri dari bahan-bahan yang baik dan segar, serta dengan pengolahan dan cara penyimpanan yang benar. Untuk sayuran, baiknya gunakan sayur organik hasil perkebunan lokal, karena aman dari risiko tercemar pestisida dan juga lebih segar.

Jika hasil perkebunan organik tidak tersedia atau terlalu mahal, maka yang biasa pun tidak mengapa, tapi usahakan sayuran lokal dan terlebih dahulu dicuci dengan air mengalir. Begitu pun buah-buahan, pilih buah lokal segar yang kemungkinannya tidak mengandung pengawet dan bahan kimia lainnya, seperti pisang raja sereh dan pepaya.

Sebelum diberikan, semua buah agar dikupas kulitnya. Selain khawatir pestisida, bayi belum bisa mencerna serat kulit buah-buahan dengan baik. Sayuran dan buah yang akan diblender menjadi pure agar direbus/dikukus terlebih dulu. Tapi ingat, semakin lama sayuran berada dalam air, semakin banyak nutrisi yang hilang.

Jadi, tunggu hingga air mendidih sebelum memasukkan sayuran ke dalamnya, atau yang lebih baik adalah mengukusnya. Sebagai makanan pertama bayi, sebaiknya konsistensi bubur/pure dibuat agak encer, karena si kecil selama ini terbiasa meminum ASI. Seiring dengan waktu, Mama bisa membuat konsistensinya semakin kental.

Tips Menghindari Gigi Berlubang

Tahu kan Mama kalau gigi berlubang dapat memicu kontraksi yang menyebabkan janin lahir prematur? Karena itulah Mama harus menjaga kebersihan mulut dan gigi. Caranya? • Hindari camilan yang manis dan lengket agar tidak melekat di gigi. Pilih camilan jenis buahbuahan agar lebih sehat. • Biasakan minum setiap habis makan sehingga sisa makanan yang ada dalam rongga mulut terbilas dan tertelan ke dalam kerongkongan. • Gosok gigi setidaknya dua kali sehari. Untuk menghindari gusi berdarah saat menggosok, gunakan sikat gigi yang halus dengan kepala sikat kecil. Sikat gigi jenis ini juga tidak memicu re­ eks muntah. • Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisi makanan yang berada di sela-sela gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *