Pantai-Balekambang

Kembaran Tanah Lot Ada di Jawa Timur

Posted on

Keindahan dan pesona Pantai Balekambang mendapat julukan Tanah Lot-nya Jawa Timur, karena topografi dan landscape pantai ini yang disebut-sebut mirip dengan Pantai Tanah Lot yang termasyur di Pulau Bali itu.  

Pantai-Balekambang

Wisatawan akan disuguhi oleh hamparan lautan luas dengan air berwarna biru jernih, deburan ombak yang tidak terlalu besar dan panorama khas pantai yang berkarang. Serta suasana tenang dan udara sejuk khas pantai dapat melepaskan penat dan menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Di seberang pantai, dapat menyaksikan beberapa pulau seperti Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni yang semuanya terhubung oleh jembatan. 

Saat hari raya Nyepi, Pantai Balekambang akan dikunjungi oleh banyak wisatawan melebihi saat hari-hari biasa, karena umat Hindu melakukan prosesi upacara di Pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo di seberang pantai ini. Wisatawan dapat menyaksikan prosesi upacara dari dekat dengan tetap menjaga norma kesopanan dan menghargai masyarakat serta pemeluk agama disana. 

Fasilitas dan Harga Tiket 

Pantai Balekambang menyediakan berbagai macam fasilitas, yaitu  

  • Hotel dan penginapan yang bertarif 150.000 hingga 250.000 rupiah/malam 
  • Toilet umum  
  • Rumah makan yang menyajikan aneka seafood 
  • Toko oleh oleh yang menyediakan souvenir 
  • Mushola  
  • Area perkemahan 
  • Pendopo 
  • Kantor informasi 
  • Wahana outbound di Pantai Balekambang hanya di hari Sabtu dan Minggu saja dengan harga tiket Rp.20.000/meluncur.

Untuk dapat menikmati suasana pantai wisatawan hanya dibebankan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,- per orang tergantung pada hari libur atau hari besar. 

Rute Menuju Pantai Balekambang

Wisatawan dari arah Malang dapat melewati Desa Gondanglegi, Pagelaran Bantur, dan Srigonco untuk mencapai Pantai Balekambang. Atau Malang-Bululawang-Gadang-Kendalpayak-Gondanglegi-Pagelaran-Bantur-Pantai Balekambang. 

Jika dari Blitar, bisa langsung menuju Kecamatan Pagelaran kemudian Bantur dan langsung menuju Pantai Balekambang. 

Saat di perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan hutan tropis dan hutan jati yang rapat di wilayah Bantur. Ruas jalan beraspal mulus, namun ada jalannya agak sempit dengan tikungan tajam disana-sini.  

Yuk liburan ke pantai balekambang bersama jasa perjalanan wisata terbaik di malang mahakaryatour yang siap melayani perjalanan wisata dan mengabadikan momen liburan terbaik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *