Peran Akuntansi untuk kemajuan Bisnis

Posted on

Sudah kita ketahui bahwa akuntansi bukanlah kegiatan yang bisa menghasilkan keuntungan untuk sebuah perusahaan. Para manajemen dan investor tentunya tidak bisa mengharapkan keuantungan yang bisa dihasilkan oleh seorang akuntan. Tapi, tidak berarti peran akuntansi di dalam perusahaan menjadi terabaikan. Akuntansi memberikan dampak positif dan berkontribusi besar dalam memajukan suatu perusahaan.

Pentingnya Akuntansi Keuangan dalam Bisnis

Sebelum membahas mengenai pentingnya akuntansi dalam bisnis, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu alasan akuntansi diperlukan dan siapa saja yang menerima manfaat dari akuntansi ini.

Fungsi akuntansi dalam perusahaan ini bisa dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai aktivitas jasa atau suatu sistem informasi.

Sebagai Aktivitas Jasa

Akuntansi sebagai aktivitas jasa ini akan mengumpulakan dan mengelola data transaksi perusahaan untuk beberapa hal, contohnya:

  • Untuk pihak eksternal akan informasi keuangan yang menyangkut dengan perusahaan dan kepatuhan terhadap peraturan UUD.
  • Untuk pihak intern atau manajemen akan informasi yang diperlukan sebagai pembuatan perencanaan, melaksanakan, serta mengendalikan operasi perusahan.

Sebagai Sistem Informasi

Akuntansi mengidentifikasi, mengukur, serta mengomunikasikan informasi keuangan yang bersangkutan dengaan suatu entitas sebagai pembuat keputusan. Untuk itu, tugas utama dari seorang akuntan adalah memberikan informasi untuk membantu membuat keputusan perusahaan.

Sebagai sistem informasi, akuntansi ini akan membantu masyarakat dalam menentukan jenis serta kuantitas barang maupun jasa yang harus disediakan, berapa banyak jasa yang harus disediakan, kapan harus disediakan, dan masih banyak lainnya. Akuntansi ini memiliki hubungan dengan ilmu lainnya seperti ekonomi, manajemen, keuangan, psikologi, komunikasi, teknik, dan lainnya.

Dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmu lainnya, seorang akuntan mampu mengetahui dan memahami bagaimana para pemakai laporan keuangan memperosesnya. Tidak hanya itu, mereka juga bisa mengetahui bagaimana informasi akuntansi mempengaruhi keputusan mereka.

Setelah memahami pentingnya akuntansi kuangan dalam bisnis, maka sekarang saatnya anda mengelola keuangan bisnis anda secara baik dan benar. Untuk memudahkan, anda bisa mengikuti training akuntansi keuangan yang biasa kami adakan. Atau anda juga bisa menggunakan software akuntansi online.

Ini akan membantu anda dalam membuat laporan akuntansi keuangan sesuai dengan kaidah dan tentunya bisa dipahami dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *