Bekal Sehat Untuk Si Buah Hati Bagian 2

Posted on

Pristin: Telur dan nugget memang telah menjadi sahabat para ibu karena sepertinya tidak ada anak Indonesia yang tidak suka itu. Salah satu kelemahan anak Indonesia juga tidak pernah dibiasakan makan sayur mentah atau sayur rebus/kukus. Padahal lidah mempunyai banyak sensor perasa dan ini harus dilatih, salah satunya dengan dibiasakan makan sayur. Idealnya, latihan mengenal rasa dilakukan sedikit demi sedikit semenjak anak memperoleh makanan padat. Jangan terpaku pada makanan itu-itu saja. Jika anak tidak terbiasa makan makanan yang bervariasi, ketika besar akan lebih berat 10 kali lipat mengubah polanya (yang senang makan itu-itu saja). Jadi, untuk sekarang belum terlambat, perkenalkan saja anak dengan rasa sayur. Contoh, anak tidak suka makan brokoli, dia sukanya nugget. Maka cincanglah brokoli dan masukkan dalam daging cincang dengan perbandingan daging cincang dan brokoli 80:20. Nanti ditingkatkan lagi menjadi 70:30. Lakukan negosiasi dengan anak tanpa pemaksaan. Jika anak mau mencobanya, beri reward bisa dalam bentuk makanan yang dia sukai. Kalau perlu ajak anak memasak bersama. Bila orangtua enggak punya waktu, bisa dilakukan saat weekend. Tentu semua ini membutuhkan kemauan dari orangtua.

TANTANGAN MAMA MENYIAPKAN BEKAL

Hilman: Umumnya, ibu bekerja juga ingin membuatkan bekal yang sehat buat anaknya. Bagaimana cara menyiapkan bekal yang praktis dan sehat karena kendalanya biasanya masalah waktu? Jun: Setuju, kesulitan kita sebagai orangtua memang masalah waktu. Jadi saat membuat bekal untuk anak yang simpel-simpel saja. Anakku juga susah makan, jadinya pilihannya nugget, sosis itu saja sih. Tapi saat makan di rumah, saya bisa membuat menu yang lebih khusus lagi. Vina: Iya, karena masalah waktu juga saya enggak sempat untuk menghias bekal. Kalau mau bawain telur ya digoreng saja, enggak pakai dihias-hias. Pristin: Soal keterbatasan waktu memang kendala bagi banyak ibu. Ada trik untuk itu, yakni siapkan bekal dari malam.

Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Agar anak dapat masuk ke universitas luar negeri yang bonafit tentunya harus lulus tes GRE. Berikut adalah rekomendasi tempat kursus GRE di Jakarta terbaik yang dapat dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *