Info dan Tips untuk Ibu Hamil

Posted on

Si Janin Suka Iseng

Masa sih? Betul, Mam! Ini adalah momen penting dalam kehamilan. Masuk usia kehamilan minggu ke-19, janin mulai bisa beraksi. Dia bisa mengemut jari tangan atau kakinya. Nah, masuk minggu ke-20 kehamilan, lebih heboh lagi, si kecil mulai iseng sama mamanya. Seperti apa? Dia mulai suka menendang perut mamanya, bahkan sudah bisa jumpalitan alias salto! Hebat, kan?

Kok, Sakit Kala Membungkuk?

Apakah Mama pernah mengalami nyeri saat membungkukkan tubuh atau mengangkat beban berat? Biasanya kondisi ini dialami oleh mama yang habis menjalani sesar. Rasa sakit terutama terjadi di bagian tulang belakang, di tempat dilakukan suntik sebelum operasi. Untuk itu Mam, jangan melakukan gerakan terlalu mendadak. Saat mengambil benda di lantai, ambil dengan posisi jongkok: tekuk kaki, hindari posisi membungkuk yang akan meningkatkan beban di tulang belakang. Hindari pula mengangkat beban berat. Jika berlarut-larut atau intensitas sakitnya meningkat, konsultasikan pada dokter. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan penunjang, semisal rontgen tulang belakang.

Syarat Alas Kaki untuk Mama

• Lunak, fleksibel.

• Tidak berujung runcing karena model ini tidak menyediakan ruang bagi jari kaki.

• Tidak terlalu pas sehingga masih tersisa “ruang” saat dikenakan, namun baik panjang maupun lebarnya harus tetap sesuai dengan kaki ibu.

• Bentuknya mengikuti fisiologis telapak kaki (mempunyai tonjolan pada sisi dalam alas kaki untuk menunjang arcus) Setiap kaki manusia, kecuali yang flat foot alias kaki rata, memiliki lengkungan yang disebut arcus. Dengan demikian, tonjolan pada bagian dalam sepatu akan membagi beban tubuh Mama hamil secara merata. Yang juga penting, bagian belakang sol sepatu harus lebih tinggi sedikit daripada bagian depan (tidak lebih dari 3 cm) agar otot betis tidak harus bekerja ekstra.

• Pilihlah sol sepatu yang lebar dan terbuat dari karet agar Mama dapat berjalan dengan nyaman. Contohnya, sepatu hak pendek model loafer.

Menjaga masa kehamilan sampai melahirkan adalah momen yang sangat penting sekali. Namun disamping itu mempersiapkan si buah hati untuk jenjang pendidikan juga sangat penting. Untuk mempersiapkan si buah hati kelak ketika sudah akan kuliah harus dilakukan persiapan sejak dini. Lembaga tes pelatihan masuk universitas luar negeri online terbaik bisa dimanfaatkan untuk memberikan persiapan yang matang bagi anak. Sehingga mereka sudah tidak canggung lagi ketika menghadapi tes ujian masuk.

Selain itu juga simak rekomendasi tempat kursus TOEFL IBT preparation Jakarta untuk anak yang akan melanjutkan kuliah di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *