Pertolongan Pertama Pada Penderita Hemofilia Bagian 4

Posted on

Misal, persendian anak bengkak dan nyeri, anak tidak mau merangkak atau berjalan, anak menangis bila sendi yang bengkak disentuh, muncul lebam kebiruan pada otot lengan dan tungkai tanpa didahului trauma atau benturan yang jelas. Pada penderita hemofilia tingkat berat/parah yang hanya mempunyai faktor VIII atau faktor IX dengan kadar tidak lebih 1% dari kadar normal di dalam darahnya bisa mengalami pendarahan beberapa kali dalam waktu sebulan.

Malah, terkadang perdarahan terjadi begitu saja tanpa sebab yang jelas (secara spontan). Pada hemofilia ringan, umumnya gejala terlihat saat anak dikhitan, gigi tanggal, atau tindakan operasi, yakni darah keluar terus-menerus susah dihentikan. Pun penderita hemofilia sedang lebih jarang mengalami perdarahan dibandingkan hemofilia berat. Perdarahan kadang terjadi akibat aktivitas tubuh yang terlalu berat, seperti olahraga berlebihan.

Apakah Anakku Mengidap Hemofilia

Perdarahan yang biasanya terjadi pada penderita hemofilia adalah di bagian sendi lutut, pergelangan kaki, dan siku. Perdarahan yang sering berulang tanpa ada tindakan medis yang cepat dan memadai dapat merusak tulang rawan dan sendi, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan sendi dan kecacatan. Tak hanya di sendi, pada otot pun sering terjadi perdarahan.

Perdarahan otot yang paling serius adalah yang terjadi pada lengan bawah, betis, dan otot panggul (musculus illiopsoas). Perdarahan otot yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan bengkak, nyeri, dan menekan atau bahkan menjepit organ di sekitarnya, seperti saraf dan pembuluh darah. Satu hal yang perlu diwaspadai adalah perdarahan akibat luka di kepala, tenggorokan dan saluran napas, di saluran cerna dan rongga perut.

Kondisi ini perlu mendapatkan penanganan cepat karena dapat mengancam jiwa. Pastinya, untuk menegakkan diagnosis hemofilia adalah dengan pemeriksaan kadar faktor pembekuan darah, yaitu faktor VIII (hemofilia A) dan faktor IX (hemofilia B). Sayang, hingga saat ini tidak semua laboratorium bisa melakukannya. Pun harganya tidak bisa dibilang murah.

Simak tempat rekomendasi belajar IELTS di “ tempat kursus persiapan IELTS terbaik di Jakarta “ agar mendapatkan nilai yang baik dan bisa melanjutkan kuliah di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *