Pentingnya Memperbaharui Website Bagi Pemilik Bisnis Pariwisata

Posted on

Tahukah Anda, jika melalkukan pemeliharaan atau pembaharuan sebuah website merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk bisnis Anda, namun banyak orang masih menganggap remeh hal tersebut. Apabila Anda tidak terus memperbarui dan memelihara website yang Anda miliki, maka pada akhirnya Anda akan membutuhkan sebuah website yang baru. Mempertahankan website yang ada adalah sangat penting untuk kesuksesan dalam dunia digital yang sangat kompetitif saat ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu memperbaharui website Anda, khususnya pada bisnis pariwisata.

1. Website berguna sebagai image bisnis pariwisata Anda

Website merupakan salah satu aspek yang paling penting dari perusahaan Anda ketika berbicara tentang kesan pertama yang akan diperoleh para pelanggan. Sebelum adanya internet, menjual secara langsung (direct sales) adalah bagian penting agar keuntungan bisnis pariwisata Anda dapat bertambah, akan tetapi, dengan adanya internet, Anda dapat melakukan hal tersebut dengan mudah melalui website tanpa harus meninggalkan ruang kerja Anda. Sebuah website berguna untuk menghasilkan kesan pertama yang positif dari perusahaan Anda dengan mencerminkan nilai-nilai dan kualitas bisnis dalam interaksi dengan para pelanggan. Namun sekarang, bahkan sebelum seorang calon pelanggan mencapai tim penjualan Anda, mereka kemungkinan akan mengunjungi website Anda terlebih dahulu untuk melihat produk atau layanan pariwisata apa saja yang Anda tawarkan.

Anda dapat mengibaratkan website Anda sebagai sebuah image perusahaan yang memungkinkan pengunjung dari seluruh dunia untuk secara mandiri membentuk pendapat tentang bisnis Anda. Jadi, penting bagi Anda untuk menanyakan kesan pertama apa yang ditinggalkan oleh website Anda.

Website harus dikelola dengan baik agar informasi yang ada dapat membantu para calon pelanggan Anda. Website yang dikelola dengan baik yang berisi informasi akurat, terkini, dan relevan menggambarkan tingkat profesionalisme dari bisnis pariwisata Anda. Namun, website yang berisi informasi yang salah, tautan yang rusak, dan konten yang tidak diperbaharui akan menurunkan kredibilitas bisnis Anda.

Pada umunya, banyak calon pelanggan akan harapkan bahwa informasi di website pariwisata Anda menjadi gambaran akurat tentang penawaran yang Anda miliki. Kemungkinan seseorang memesan tur di website yang mencantumkan tanggal dari tahun yang tidak up to date akan cenderung menurun.

2. Trend SEO yang selalu berubah

Pada umunya, SEO dianggap sebagai sebuah alasan paling penting untuk mengelola website Anda. Setiap beberapa waktu, Google akan memperbarui algoritma pencariannya dengan sangat teratur – pada paruh pertama tahun 2018 saja, ada 4 pembaruan untuk algoritma tersebut.

Sleain itu, terdapat banyak teknik SEO yang telah digunakan 5 tahun yang lalu tidak akan bekerja dengan baik sekarang. Hal tersebut akan membuat website Anda akan turun peringkan pada mesin pencari sehingga para calon pelanggan tidak akan menemukan Anda secara online dengan mudah.

Selain itu, Google tidak hanya memajukan algoritme secara terus-menerus, tetapi juga menganalisis website yang Anda miliki secara konsisten. Hal ini dapat membuat Google untuk menilai seberapa sering konten Anda diperbarui.

3. Keamanan website tetap terjaga

Keamanan merupakan salah satu aspek penting yang tidak boleh diabaikan dengan cara apa pun. Menganalisis risiko Anda dan tetap mengikuti kemajuan teknologi sangat penting untuk memastikan bahwa website Anda aman bersama dengan data yang disimpan di sana. Ada baiknya Anda menambahkan sertifikat SSL ke semua website Anda, memuat melalui HTTPS, memiliki cadangan harian, dan tetap mengikuti pembaruan inti dan plugin WordPress. Menggunakan software atau bahasa pemrograman yang lebih baru dapat menjamin keamanan website Anda dari serangan para hacker. Untuk melakukannya, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada perusahaan penyedia jasa pembuatan website yang ada di sekitar Anda.

4. Teknologi dan tren baru yang selalu bermunculan

Dengan Semakin berkembanyak dunia digital, maka bahasa pemrograman, fitur baru, dan kemajuan teknologi semuanya akan serba cepat dan selalu ada hal baru setiap harinya. Oleh karena itu, apabila website Anda tidak diperbaharui maka hal ini akan membuat para calon pengunjung website jika bisnis pariwisata Anda telah ketinggalan zaman dan tidak layak untuk dicoba. Oleh karena itu, memperbaharui website yang dimiliki akan Semakin membuat bisnis pariwisata Anda terlihat lebih kredibel, dan “melek tekhnologi” sehingga para pelanggan akan lebih memilih jasa yang Anda tawarkan ketimbang yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *