Time flies when you are chasing dreams

Cara Kreatif Memanfaatkan Dus Bekas

Posted on

Menjadi kreatif memang selalu menyenangkan, apalagi jika kamu mampu merubah semua barang bekas menjadi barang yang berguna untuk keperluan kita sehari-hari. Saat ini, sudah banyak sekali tutorial di internet yang bisa kamu jadikan rujukan dalam hal mendaur ulang barang-barang bekas yang ada di sekitar kita. Sebelum kamu melakukan kreatifitas kamu pada barang-barang bekas, alangkah lebih baiknya jika kamu sudah menentukan jenis barang bekas apa yang akan kamu gunakan.

Saat ini, banyak sekali barang bekas yang melimpah dan bisa digunakan, salah satunya adalah dus. Selain tersedia dalam jumlah yang melimpah, dus juga mudah ditemukan di mana pun karena tak dapat dipungkiri jika kita selalu menggunakan dus di setiap aktivitas belanja rumah tangga. Akhir-akhir ini pun pemerintah menganjurkan masyarakat untuk mengurangi penggunaan dus, selain untuk mengurangi limbah dus yang melimpah. Dengan mendaur ulang dus, kita dapat mengurangi jumlah pohon yang harus di tebang sehingga keberlangsungan hidup kita akan jauh lebih baik

Tiga Cara Kreatif Merubah Dus Bekas

  • Rak Buku

Bagi mahasiswa atau pelajar, kamu bisa memanfaatkan dus bekas sebagai rak buku di kostan kamu. Selain ramah lingkungan, kamu juga akan menghemat banyak uang. Pasalnya, kamu tidak harus mengeluarkan kocek untuk membeli rak buku. Rak buku dari dus bekas pun bisa kamu bentuk sesuai dengan selera kamu sendiri karena sifat dus yang mudah dibentuk namun tetap kuat untuk menampung koleksi buku-buku kuliah dan buku koleksi lainnya.

  • Rak TV atau Laptop

Selain bisa dijadikan rak buku, ternyata dus juga bisa dijadikan sebagai rak TV atau laptop karena struktur dus yang cukup kuat mampu menahan beban hingga 20 kg. Selain murah meriah, dus juga bisa kamu sesuaikan dengan ukuran TV atau laptop yang kamu miliki sehingga kamu bisa membentuk rak TV atau rak laptop sebaik mungkin sesuai dengan selera kamu. Namun, jangan lupa untuk memastikan ketebalan dus mampu menahan beban TV dan laptop kamu, agar dus bisa kamu gunakan dalam waktu yang cukup lama.

  • Rak Sepatu

Cara merubah barang bekas yang cukup menarik selanjutnya adalah merubah dus bekas menjadi rak sepatu. Hal ini akan sangat menyenangkan bagi kamu yang memiliki banyak koleksi sepatu dan tak dapat ditampung dengan baik. Merubah dus bekas menjadi rak sepatu tidak serta merta menjadikan rak sepatu kamu berwarna monoton. Kamu bisa juga menyulap warna dus bekas tersebut dengan cat air dengan warna kesukaan kamu sehingga rak sepatu dari dus bekas menjadi lebih cantik dan rapi.

Manfaat Mendaur Ulang Barang Bekas

Selain membantu kamu untuk berhemat dengan tidak membeli perabotan rumah tangga yang baru dan menggantikannya dengan dus bekas. Kamu juga akan sangat membantu pemerintah dalam regulasi barang bekas yang masih bisa didaur ulang sehingga tanpa kamu sadari kamu telah berkontribusi kepada negeri ini untuk lebih bijak dalam memperlakukan barang bekas dengan cara yang kreatif namun syarat akan fungi dan estetika.

Di sisi lain, kamu juga akan membantu alam untuk lebih terjaga, karena untuk menghasilkan satu buah dus, perusahaan dus tersebut harus melakukan penebangan pohon yang kemudian diolah menjadi dus yang siap guna. Sehingga dengan merubah semua dus bekas menjadi barang yang memiliki fungsi kembali, kamu telah membantu alam ini untuk tetap terjaga dan lestari. Selamat berkreatifitas dengan barang-barang bekas di sekitar kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *