Struktur Mitokondria

Struktur Mitokondria dan Karakteristiknya Lengkap

Posted on

Mitokondria adalah organel yang merupakan tempat di mana fungsi pernapasan terjadi pada makhluk hidup. Selain itu, ada banyak lagi fungsi mitokondria. Apa fungsinya? Berikut penjelasan beserta struktur dan karakter di bawah ini.

Struktur Mitokondria

Struktur Mitokondria

Mitokondria dapat ditemukan dalam sel yang memiliki aktivitas metabolisme tinggi dan juga membutuhkan jumlah ATP yang tinggi. Jumlah dan bentuk mitokindria itu sendiri berbeda di setiap sel.

Bentuk pada mitokindria hampir menyerupai dalam bentuk elips dengan mempunyai diameter sekitar 0,5 μm dan panjang 0,5 hingga 1,0 μm.

Berikut ini adalah struktur dari mitokondria:

1. Ribosom

Organel sel, yang dibangun dalam nukleus, bertindak sebagai tempat untuk sintesis protein dalam sitoplasma, yang terdiri dari rRNA dan molekul protein dalam bentuk 2 sub unit.

2. Membran luar

Membran sel luar terdiri dari protein dan juga lipid dengan perban yang sama dan juga mengandung protein porin, yang membuat membran ini dapat ditembus oleh molekul kecil dengan ukuran 6000 dalton.

Dalam hal ini, untuk membran luar mitokondria hampir sama atau mirip dengan membran luar dari bakteri Gram-negatif. Lalu, membran luar juga mengandung sebuah enzim yang terlibat didalam biosintesis lipid dan juga enzim yang berperan pada pengangkutan lipid ke matriks dalam menjalani suatu oksidasi β yang dapat menghasilkan asetil-KoA.

3. Membran bagian dalam

Membran bagian dalam adalah bagian dari mitokondria, yang lebih permeabel dari membran bagian luar, yang terdiri dari 20% lipid dan 80% protein dan merupakan situs utama pembentukan ATP.

4. Krista

Krista adalah lipatan membran di mitokindria, yang merupakan situs untuk rantai transpor elektron, serta enzim yang mengkatalisis sintesis ATP.

5. Ruang antar Membran

Ruang antar membran terletak antara membran luar dan membran dalam dan merupakan tempat di mana reaksi seluler penting terjadi, termasuk siklus Krebs, reaksi oksidasi asam amino dan juga reaksi oksidasi β dari asam lemak.

Baca Juga : hukum newton

Karakteristik Mitokondria

Karakteristik Mitokondria

Mitokondria memiliki DNA khusus yang dikenal sebagai mtDNA, yang merupakan singkatan dari DNA mitokondria. MtDNA sendiri memutar, melingkar dan tidak dilindungi oleh membran prokariotik.

Ini karena mitokindria memiliki karakteristik seperti DNA bakteri, yang merupakan makhluk hidup independen yang pada akhirnya bersimbiosis dengan organisme eukariotik.

Pada hewan tingkat tinggi, DNA mitokondria, yang ditransmisikan ke keturunannya, hanya berasal dari betina atau mitokondria telur. Mitokondira jantan tidak menyerang telur karena lokasinya di ekor sperma. Ekor-sperma itu sendiri tidak masuk ke dalam sel telur sehingga DNA mitokondria jantan tidak dapat diturunkan.

Sumber Terkait : rumus.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *