Bacaan Do'a Setelah Sholat Tahajud

Bacaan Do’a Setelah Sholat Tahajud

Posted on

Sebgai seorang muslim, sudah selayaknya jika di dalam hatinya terbersit ingin melakukan amalan-amalan yang akan mengantarkannya ke surga atau amalan yang akan membawa kepada ketaatan. Salah satunya adalah sholat tahajud, banyak yang mengimpikan untuk bisa secara istiqomah atau secara terus menerus sholat malam secara rutin.

Karena memang sholat tahajud adalah amalan yang bernilai besar disisi orang yang melakukannya, karena amalan ini hanya dilakukan oleh orang beriaman saja yang paham akan hakekat kehidupan akherat yang kekal abadi serta memahami hakikat kehidupan dunia ini yang sementara saja.

Orang yang melakukan sholat tahajud secara terus menerus adalah orang yang paham akan hakekat untukapa dia diciptakan oleh ALLAH Azza Wa Jallaa, yaitu untuk beribadah, seperti dalam Al Quran, “Wama kholaqtul Jina walinsan Liya Budune” Yang artinya: Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku.

Apa Sih Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud?

Lalu setelah kita belajar sedikit-demi sedikit untuk selalu sholat tahajud, Pertanyaan yang sering muncul adalah, apa bacaan doa setelah sholat tahajud?.

Sebenarnya ini juga yang menjadikan orang malas untuk sholat tahajud, karena tidak tahu atau tidak hapal dengan doa setelah sholat tahajud, padahal untuk doa, baik doa tahajud maupun doa lainnya secara umum, bisa di gunakan bahasa ibu atau bahasa yang kita ketahui maknanya, walalu memang doa dengan bahasa arab lebih afdhol, tapi janganlah tidak berdoa kalau kita belum hafal doa dari bahasa arab.

Yang perlu diingat, setelah sholat tahajud, maka itu adalah salah satu doa yang mustajab, karena berada ditengah malam atau juga di waktu sahur, disaat orang tertidur lelap, kita bisa beribadah maka itu menjadi nilai plus untuk kita. Dan pada waktu itu berdoa dan memintalah kepada ALLAH hal-hal yang baik yang akan bermanfaat untuk kita baik di dunia maupun di akherat, dan jangan sekali-kali berdoa untuk keburukan orang lain, atau berdoa kepada hal yang di larang oleh ALLAH, karena doa seperti itu tidak akan di ijabah.

Doa yang Harus Di Minta, Setelah Sholat Tahajud

Pertama dan paling penting adalah berdoa meminta kekuatan iman, baik iman kepada ALLAH, Iman kepada Kitab ALLAH, Iman kepada Rasul, Iman kepada Malaikat dan juga iman kepada hari akhir, karena dengan iman inilah landasan islam terbentuk, yang berarti jika iman ini tertanam di dalam hati kita, maka kita akan menjadi seorang muslim sejati, yang tidak diragukan lagi keislaman kita.

Kedua yang tidak kalah pentingnya adalah, berdoa meminta keistiqomahan dalam ketaatan dan ibadah kepada ALLAH, seperti istiqomah sholat wajib yang 5 waktu, istiqomah sholat sunah tahajud, istiqomah puasa sunah dan semua ibadah yang rutin kita lakuakn, maka kita meminta kepada ALLAH agar memberikan kekuatan kepada kita agar tetap istiqomah sampai maut menjemput.

Yang ketiga meminta ampun untukdosa dosa yang pernah kita lakukan, baik yang disengaja maupun yang tidak kita sengaja, baik yang kita ketahui maupun dosa yang tidak kita ketahui atau sadari, karena dengan di ampuni dosa dosa kita maka keberkahan hidup akan kita dapatkan.

Kempat, barulah kita meminta kepada ALLAH Azza Wa Jallaa perihal dunia, utamanya adalah keberkahan hidup, di jauhkan dari masalah, diberi jalan untukmasalah yang sedang di hadapi, dan minta harta ynag berka,ilmu yang bermanfaat dan keturunan yang shaleh.

Info lengkap untuk sholat tahajud silahkan kunjungi: penaungu.com di website tersebut banyak artikel keislaman yang syarat akan dalil dari urusan fiqih sampai adab juga sirah nabawiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *