Contoh Resensi Novel Fiksi Lengkap

Posted on

Ulasan baru umumnya sama dengan ulasan buku non-fiksi. Namun, ada sedikit perbedaan dalam konten resensi. Ulasan novel ini bertujuan untuk menarik pembaca untuk membeli buku.

Hal yang paling penting dalam review novel adalah memperhatikan data atau konten novel, seperti identitas buku, sinopsis, kelemahan, kekuatan dan latar belakang novel.

Di bawah ini, kita akan membahas definisi resensi, cara meninjau buku-buku, bersama dengan contoh ulasan novel fiksi lengkap dengan elemen intrinsik dan sinopsis novel.

Berikut penjelasannya:

Pengertian Resensi Buku

Resensi yang sama tampaknya berasal dari bahasa Belanda yaitu resentie, yang juga ditafsirkan dalam bahasa Latin, alias lasty, yang berarti revisi. Jika dalam kamus Bahasa Indonesia Hebat, pengulas memiliki arti ulasan buku.

Itu sebabnya, bisa diartikan kalau reviewer sedang mereview sebuah karya. Mulai dari karya tulis, karya audiovisual dan bahkan karya dua dimensi. Anda dapat mengetahui apakah resendi sedang meninjau karya berdasarkan sudut pandang pribadi hiburan pesta.

Elemen ulasan buku
Materi peninjauan dapat disediakan saat masih di sekolah, tetapi tampaknya materi dalam buku ini tidak hanya dijelaskan pada waktu sekolah, tetapi juga dijelaskan di luar sekolah.

Untuk mempelajari ulasan buku, tentu saja, kita juga perlu memeriksa bagaimana elemen-elemen yang dikandungnya sehingga tulisan dapat sesuai dengan target dan dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Elemen-elemen dari tinjauan buku dibagi menjadi beberapa jenis dan penjelasan berikut:

Isi ulasan resensi
Isi ulasan pasti akan mencakup sinopsis atau ulasan singkat buku dengan kutipan, kekuatan dan kelemahan buku, susunan kata untuk struktur buku dan penggunaan bahasa.

Pengeditan data
Berikutnya adalah pengumpulan data di mana pada tahap ini Anda harus menulis judul buku, penulis buku, penerbit buku, tahun yang diterbitkan bersama dengan jumlah karya, ukuran buku dan juga harga buku itu.

Judul resensi
Selanjutnya adalah judul resensi, untuk membuat judul resensi harus selaras dengan isi resensi yang akan melakukannya. Pada saat penulisan judul, judul tersebut juga harus dibuat menarik sehingga dapat menarik minat pembaca.

Auditor penutup
Untuk yang berikutnya adalah resensi penutupan. Bagian ini umumnya akan berisi alasan mengapa buku dapat ditulis dan ulasan yang ditulis nanti akan ditujukan kepada siapa.

Tujuan Resensi Buku

Tentunya membuat auditor memiliki tujuan. Nah, apa tujuannya? Lihatlah ulasan berikut:

Tujuan pertama adalah untuk membahas dan meninjau lebih lanjut topik dan juga topik yang diangkat dalam sebuah karya.
Tujuan kedua, yang dapat dengan mudah memberikan pemahaman dan bahkan informasi kepada semua pembaca tentang sebuah karya yang sebelumnya dihargai. Saat ini ini sering disebut spoiler oleh anak muda.
Tujuan ketiga, yang dapat membantu pembaca menilai apakah suatu karya layak dibaca dan diterbitkan.
Tujuan keempat adalah untuk menanggapi kebingungan yang dapat ditanyakan pembaca tentang karya tersebut.

Contoh reesensi buku dari novel karya Laskar Pelangi

Identitas buku

Judul buku: Laskar Pelangi
Penulis buku: Andrea Hirata
Editor buku: P.T Landscape Spread
Kota publikasi: Yogyakarta
Materi: III
Ketebalan buku: 533 halaman
ISBN: 979-3062-79-7

Sinopsis novel karya Laskar Pelangi

Novel ini menceritakan tentang sepuluh anak Belitung yang tergabung dalam Laskar Pelangi. Mereka adalah Ikal, Mahar, Lintang, Harun, Syahdan, A Kiong, Borek, Trapani, Kucai dan satu-satunya wanita adalah Sahara.

Kisah ini menceritakan tentang kehidupan di daerah Belitung yang kontras dan kaya akan kolam. Tetapi orang tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Novel ini juga menceritakan semangat juang anak-anak di desa Belitung yang ingin mengubah nasib mereka melalui pendidikan. Sebagian besar orang tua mereka lebih bahagia jika anak-anak mereka membantu mereka, daripada harus belajar di sekolah.

Kesulitan terus mengaburkan sekolah desa. Sekolah itu dibangun di atas semangat ketulusan dan semangat juang dua guru, yaitu Pak Harfan Efendy Noor sebagai kepala sekolah dari sekolah tua itu dan seorang guru muda bernama Muslimah Hafsari.

Ibu Muslimah Hafsari juga salah satu dari orang miskin yang berusaha mempertahankan antusiasme yang besar terhadap pendidikan. Sekolah itu hampir dibubarkan oleh pengawas sekolah Sumatera Selatan Depdikbud karena kurangnya siswa.

Namun, sekolah itu diselamatkan berkat seorang anak yang tidak pernah memiliki laporan sekolah di seluruh sekolah.

Sekolah didukung oleh bantuan donor. Beberapa bangunan seperti gedung sekolah telah runtuh, ruang kelas ada di tanah, atap berlubang, bangku yang rapuh dan tidak cocok dan pada malam hari digunakan sebagai tempat penyimpanan ternak.

Bahkan kapur tulis, meski mahal untuk sekolah dan hanya mampu membayar beras dengan guru dan kepala sekolah. Meski begitu, keajaiban tampaknya terjadi setiap hari di sekolah yang dari kejauhan seperti bangunan yang akan runtuh.

Kepala sekolah dan guru bergandengan tangan untuk mendorong murid-muridnya untuk selalu percaya diri, mereka berani bersaing dan selalu menempatkan pendidikan sebagai hal yang sangat penting dalam kehidupan ini.

Kedua guru memberi sepuluh nama panggilan siswa mereka seperti Laskar Pelangi. Meski begitu, salah satu Laskar Pelangi mampu memenangkan karnaval dan mampu mengalahkan sekolah lain.

Puncaknya adalah ketika Ikal, Lintang dan Sahara berhasil memenangkan perlombaan tukang cukur dan mengalahkan sekolah lain. Meskipun sekolah itu akhirnya ditutup pada awal 1990-an karena tidak bisa membiayai operasi sekolah sama sekali.

Pada akhirnya, kedua guru itu bisa bangga karena sekarang ada sepuluh tentara pelangi yang merupakan wakil rakyat. Ada juga manajer penelitian dan pengembangan di salah satu perusahaan multinasional terpenting di negara ini.

Beberapa elemen intrinsik yang ditemukan dalam novel Laskar Pelangi adalah:

tema
Novel Laskar Pelangi memiliki tema utama pendidikan. Namun keunikan tema pendidikan ini dipadukan dengan kisah persahabatan yang erat antara anggota Laskar Pelangi. Tema ini juga terintegrasi dengan tema ekonomi.

Penokohan
Berikut ini adalah penjelasan tentang penokohan dalam novel Laskar Pelangi:

  • Ikal

Ikal dalam novel ini bertindak sebagai “Aku” dan sebagai karakter utama. Ikal adalah salah satu pelangi tidak teratur di sekolah.

  • Taprani

Taprani adalah pembicara yang tampan, perfeksionis, bersih dan cerdas, sangat mengabdi kepada orang tuanya.

  • Sahara

Sahara adalah satu-satunya siswa yang bersekolah. Dia bersih dan salah satu siswa paling cerdas di sekolah.

  • A. Kiong

A. Kiong adalah satu-satunya siswa asal Cina yang bersekolah. Dia memiliki sifat yang sangat polos dan selalu percaya pada apa yang dikatakan Mahar.

  • Harun

Harun terbelakang mental. Dia memiliki sopan santun, tenang dan tersenyum dan memiliki hobi mengunyah permen asam.

  • Borek

Borek memiliki tubuh yang besar dan sangat tinggi. Dia sangat terobsesi dengan pembentukan tubuh.

  • lokio

Kucai adalah salah satu anggota dari pelangi laskar yang telah diberi peran sebagai pemimpin kelas. Dia frustrasi sebagai ketua kelas karena dia tidak bisa mengelola teman-temannya.

  • Latitude

Lintang adalah anak yang paling cemerlang di antara anggota Tentara Pelangi.

  • Mahar

Mahar memiliki bakat dalam seni, baik dalam menyanyi dan melukis dan dalam seni rupa. Dia adalah orang yang cantik, kreatif dan imajinatif.

  • Syahdan

Dia adalah orang yang selalu setia menemani Ikal untuk membeli plester.

  • Flo

Flo adalah murid pindahan dari sekolah PN. Gadis tomboy yang berasal dari keluarga kaya. Ia adalah tokoh terakhir yang muncul sebagai laskar pelangi.

  • Pak Harfan

Pak Harfan adalah Kepala SD Muhammadiyah, ia mempunyai dedikasi yang besar terhadap pendidikan.

  • Ibu Muslimah Hafsari

Ia sangat gigih dalam mengajar meskipun gajinya tidak dibayar. Ia mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap dunia pendidikan dan memiliki sifat yang sabar serta baik hati.

Alur
Alur yan digunakan dalam Novel Laskar Pelangi adalah alur maju.

Amanat
Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah jangan pernah menyerah oleh keadaan. Keadaan boleh saja kekurangan akan tetapi janganlah dijadikan sebagai sebuah alasan.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Laskar Pelangi

Kelebihan : Banyak sekali karakter yang bisa kita jadikan teladan. Memberikan pelajaran moral yang baik dan makna dari sebuah kehidupan yang tidak bisa ditebak.

Kekurangan : Terdapat kata-kata yang sulit untuk dapat dipahami karena menggunakan kata-kata daerah yang belum diketahui artinya.

Sumber : https://santinorice.com/contoh-resensi-buku/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *