Mengapa Lisosom Disebut Sebagai Organel Sel Penghancur?

Posted on

Istilah dan fungsi lisosom pasti pernah kamu dengar atau bahkan sudah kamu ketahui fungsinya, namun tahukah kamu mengapa lisosom dianggap sebagai organel sel penghancur?

Lisosom sendiri memiliki bentuk agak bulat dan juga dibatasi dengan membran tunggal, diameter dari organel sel ini sangat kecil loh, guys. Yakni hanya sekitar 1,5 um. Organel sel satu ini dibuat oleh badan golgi yang penuh berisikan dengan protein.

Lisosom sendiri mempunyai banyak sekali enzim yang dapat melakukan fungsi seperti hidrolisis makromolekul. Contohnya saja pada polisakarida, lipid, fosfolipid, asam nukleat hingga protein sel. Enzim enzim hidrolitik ini sendiri terjebak di dalam lisosom, sehingga mengakibatkan proses untuk mencerna komponen yang ada di dalam sel menjadi terhalang.

Jika enzim enzim enzim hidrolik ini keluar dari lisosom maka akan dapat mengakibatkan isi sel dapat menjadi terhidrolisis, dikarenakan banyaknya hal yang tadi sudah dijelaskan.

Maka dari itu lisosom sering sekali disebut dan diberi nama kantong pembunuh diri, jika bahan yang ada di dalam sel harus dicerna terlebih dahulu, sehingga ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Yang pertama adalah bahan itu digabung sama dengan lisosom dan juga dihidrolisis. Bahan bahan tersebut sendiri merupakan struktur subseluler lainnya, contohnya saja seperti mitokondria yang telah tidak memiliki fungsi apa apa lagi.

Tak hanya itu saja, lisosom ini sendiri juga memiliki fungsi dan peran sebagai penghancur sel yang sudah tidak berguna atau sudah tidak berfungsi lagi. Jika sel mengalami luka atau telah mati maka lisosom yang berada di dalamnya akan membantu untuk menghancurkannya. Nah, khusus yang satu ini nih, dapat dilihat dari contoh yang bisa diperhatikan secara langsung yakni pada ekor kecebong yang secara bertahap akan dihancurkan oleh lisosom yang ada di dalamnya atau yang dimilikinya.

Jadi sekarang kamu sudah mulai mengerti kan, mengenai lisosom dan mengapa organel sel ini disebut sebagai sel penghancur? Meski terdengar mengerikan namun fungsinya sangat penting kan bagi kehidupan. Lisosom pun menghancurkan sel dikarenakan sebuah alasan dan tujuan yang pastinya baik bagi makhluk hidup itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *