7 Ritual Memanggil Hujan Dari Berbagai Negara

Posted on

Hujan secara harfiah adalah presipitasi cair. Dimana terjadinya tetesan air turun dari langit ke permukaan bumi. Kehadirannya memiliki manfaat besar bagi kehidupan makhluk hidup. Salah satu yang paling penting dan paling berguna adalah cara hujan membantu mengatasi kekeringan di permukaan bumi.

7 Ritual Memanggil Hujan Dari Berbagai Negara

Untuk negara berkembang, negara pertanian yang sangat bergantung pada kondisi lingkungan yang baik, hujan yang cukup jelas dibutuhkan. Mereka hanya bergantung pada kedatangan hujan untuk membantu menyuburkan tanah mereka. Tentu saja, terlalu banyak hujan.

Jika kekeringan dimulai, orang-orang di daerah tertentu akan melakukan semacam ritual yang mereka yakini akan membawa hujan. dialansir dari artikel waheedbaly.com tidak sedikit dari ritual yang dapat digolongkan sebagai ritual yang cukup aneh dan unik. Apakah kamu suka apa? Mari kita periksa satu per satu!

Teru teru Bozu, Jepang

Boneka kertas putih menggemaskan atau kain putih dalam bentuk gambar biasanya ditentukan oleh warga Jepang Teru teru Bozu. Di mana diyakini bahwa objek ini adalah jimat untuk hujan. Mereka menggantungnya di jendela rumah atau kendaraan mereka. Klausulnya adalah bahwa jika Anda mengharapkan hujan akan datang, Anda hanya perlu menggantung liontin cantik ini di jendela, tetapi jika Anda mengharapkan cuaca cerah, gantunglah terbalik, terbalik.

Rain Dance, Amerika Serikat

Lain lagi dengan kebiasaan masyarakat barat daya, Amerika Serikat. Mereka memiliki tradisi bernama The Native American Rain Dance, yang sering dipertunjukkan di musim kemarau yang panjang oleh pria dan wanita. Mengenakan kostum khusus, mereka menampilkan tarian khusus. Tradisi ini biasanya dilakukan dari pertengahan hingga akhir Agustus, karena pada saat itu adalah bulan terkering.

Festival Roket, Thailand

Lain lagi dengan ritual yang diyakini oleh warga Thailand dan Laos. Ketika musim hujan mendekati Thailand dan Laos akan mengadakan ritual Festival Roket. Perayaan ini biasanya penuh dengan tarian dan musik tradisional. Puncaknya adalah ketika roket besar yang terbuat dari bambu diluncurkan.

Dikatakan bahwa selama prosesi peluncuran roket dalam ritual ini dapat meyakinkan Phaya Taen, dewa hujan, untuk dapat turun hujan pada waktunya.

Manten Kucing, Indonesia

Kali ini dia berasal dari tanah air kami, Indonesia. Salah satu desa di Kabupaten Tulungagung, desa Palem. Ketika musim kemarau tiba dan penghuninya mengalami kelangkaan air, ritual yang disebut kucing terpelihara dapat dilakukan. Manten tidak bermaksud menikahi kucing seperti manusia, tetapi sekadar memandikan sepasang kucing di seekor koban, atau dalam bahasa Indonesia disebut air terjun. Dengan cara ini, pasangan kucing secara simbolis berpasangan di sana.

Cowongan, Indonesia

Berbeda lagi dengan kepercayaan masyarakat Banyumas. Mereka percaya bahwa ritual cowongan dapat membantu membawa hujan. Dimana ritual ini hanya dilakukan oleh wanita, karena mereka menganggap bahwa ritual ini melibatkan bantuan para malaikat. Ritual ini berlangsung dengan memasok siwur atau sejenis sendok yang terbuat dari batok kelapa, dan diikuti oleh nyanyian mantra khusus.

Berjuang untuk pendarahan, Meksiko

Ini adalah ritual yang cukup ekstrem. Para wanita di desa Nahua di daerah Guerrero di Meksiko akan berkumpul dan bertarung, saling mengalahkan setiap Mei. Mereka percaya bahwa setiap darah yang menetes ke pertarungan dan terkumpul dalam ember, jika dituangkan ke dalam tanaman, akan mengundang kedatangan hujan dan berkah pada panen mereka. Wow!

Cat Parade, Thailand

Ritual unik dan aneh terakhir masih datang dari negara gajah putih, Thailand. Ritual ini biasanya dilakukan oleh petani yang ada di sana ketika musim hujan mendekati dan hujan belum tiba. Dari ketakutan kucing terhadap air, mereka percaya bahwa kehadiran betina yang menangis akan memberi efek pada kedatangan hujan di daerah mereka.

Ritual ini mengalir dengan membatasi anak-anak kucing yang memiliki warna bulu abu-abu atau hampir hitam di dalam kandang rotan. Kemudian kandang diangkut di sekitar desa, jika rumah salah satu penghuninya lewat, penduduk harus membilas kucing. Mereka percaya bahwa hujan akan datang dari 3 hingga 7 hari setelah pelaksanaan ritual ini.

Sumber : doa meminta hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *