manajemen-informatika-d3

Prospek Kerja Lulusan Manajemen Informatika D3

Posted on

Kemajuan teknologi memberikan kemudahan dalam melakukan banyak aktivitas sehari-hari. Fenomena ini juga memberikan peluang kerja yang sangat menjanjikan bagi para lulusan jurusan bidang informatika, termasuk di antaranya adalah manajemen informatika D3. Seiring dengan menjamurnya startup, lulusan manajemen informatika sangat dibutuhkan untuk membantu pengembangan bisnis.

Ada banyak posisi pekerjaan yang dapat ditempati oleh lulusan manajemen informatika. Dari sekian banyak pilihan, berikut ini 5 prospek kerja yang menawarkan gaji tinggi untuk para lulusan manajemen informatika D3:

1. Menjadi analis sistem komputer

Lulusan manajemen informatika memiliki peluang besar menempati posisi pekerjaan sebagai analis sistem komputer. Tugas yang harus dilakukan ketika menempati posisi ini adalah melakukan analisis, desain, serta menerapkan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kebutuhan terhadap tenaga analis sistem komputer saat ini sangat tinggi. Anda bisa menemukan posisi pekerjaan ini tidak hanya di perusahaan swasta, tetapi juga di BUMN ataupun pegawai negeri sipil (PNS). Dalam survei yang dilakukan oleh Wall Street Journal di tahun 2015, analis sistem komputer menempati posisi 10 dalam kategori pekerjaan terbaik dunia.

2. Menjadi arsitek jaringan komputer

Lulusan manajemen informatika juga bisa mengambil posisi pekerjaan dalam bidang arsitek jaringan komputer. Anda bisa menemukan beberapa jabatan yang termasuk dalam bidang pekerjaan ini, di antaranya adalah network engineersystems engineer, analis jaringan, konsultan jaringan, serta network manager.

Tugas yang menjadi tanggung jawab arsitek jaringan komputer adalah merancang jaringan komputer dan informasi. Jaringan tersebut bisa berupa LAN, WAN, intranet, ataupun jaringan komunikasi lainnya. Tidak hanya merancang, Anda juga perlu merekomendasikan perangkat keras serta lunak yang dibutuhkan.

3. Menjadi arsitek sistem komputer

Berbeda dengan arsitek jaringan komputer, arsitek sistem komputer memiliki tanggung jawab yang lebih kompleks. Selain bertanggung jawab terkait masalah jaringan, Anda juga perlu mengetahui segala yang terjadi pada sistem administrasi perusahaan. Tidak ketinggalan, Anda juga memiliki peran sentral pada hal-hal yang punya hubungan dengan operasional sebuah sistem.

4. Menjadi administrator database

Administrator database juga menjadi profesi yang bisa ditempati oleh lulusan manajemen informatika. Tugas seorang administrator database sangat krusial bagi perusahaan, karena bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan database perusahaan. Hal ini mencakup tidak hanya software, tetapi juga pengetahuan hardware.

5. Menjadi programmer

Porsi pembelajaran terkait bidang pemrograman di jurusan manajemen informatika D3 memang tidak sebanyak di teknik informatika. Namun, kemampuan dalam membangun aplikasi juga bisa menjadi bekal bagi lulusan manajemen informatika untuk melamar pekerjaan sebagai programmer.

Ada keuntungan utama yang bisa didapatkan oleh lulusan manajemen informatika dibandingkan lulusan jurusan lain ketika menjadi programmer. Selain dapat mendesain aplikasi sesuai kebutuhan, Anda juga memiliki pengetahuan lebih mengenai jenis aplikasi yang tepat dan benar-benar dibutuhkan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *