RS Bethsaida Gading Serpong: Inilah Bahaya Diabetes yang Perlu Diwaspadai

Posted on

Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang mampu menyerang siapa saja. Kondisi ini selain bisa diturunkan secara genetik atau keturunan dari anggota keluarga, namun tak sedikit juga yang menyandang penyakit ini akibat dari gaya hidup kurang sehat yang dijalani. Diabtese sendiri merupakan penyakit kronis yang terjadi karena pankreas (kelenjar ludah perut) tidak mampu memproduksi insulin secara normal, atau tubuh tidak bisa secara efektif mampu menghasilkan insulin. Meskipun diabetes bukanlah penyakit menular, namun penyakit ini membutuhkan waktu lama dalam penyembuhannya. Anda perlu berobat ke RS Bethsaida Gading Serpong atau rumah sakit lainnya untuk terus memantau perkembangan diabetes yang diderita.

 Diabetes bisa terjadi karena asupan makanan yang dilakukan setiap hari. Dimana bagi seseorang yang senang mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara terus-menerus, maka resiko mengalami diabetes juga akan semakin besar. Diabetes selain menyebabkan produksi insulin menjadi tidak normal, juga memberikan pengaruh bahaya pada tubuh yang tidak bisa dianggap remeh, yaitu:

Menyebabkan kebutaan.

Glukosa dalam darah yang meningkat karena kondisi penyakit diabetes bisa merusak sistem kapiler pada mata. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya retinopati doabetik. Secara bertahap, seseorang yang terkena gangguan ini bisa mengalami kebutaan. Selain itu, diabetes juga bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami penyakit katarak, glaucoma, dan edema macula.

Menyebabkan permasalahan pada sistem kardiovaskular.

Diabetes bisa menjadi penyakit yang mematikan jika sampai mengalami berbagai komplikasi yang disebabkan oleh jantung dan stroke. Mengalami berbagai penyakit kardiovaskular menjadi kondisi yang tidak bisa dihindari bagi penderita diabetes. Dimana sangat rentan mengalami tekanan darah tinggi, infark miokard, arteriosklerosis, dan kecelakaan serebrovaskular yang bisa menyebabkan kelumpuhan hingga kematian.

Memicu kerusakan ginjal.

Gula darah yang tinggi mampu merusak jutaan pembuluh darah yang berada di ginjal., merusak fungsi ginjal, serta mengganggu proses ereksi. Hal ini jika dibiarkan berlangsung lama akan menyebabkan gagal ginjal.

Infeksi kronik diabetes.

Mengalami gula darah yang tinggi akan menyebabkan berkembangnya bakteri dengan pesat dan pada saat yang sama bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jika gula darah tidak terkontrol dengan baik, akan memicu terjadinya infeksi gusi, infeksi sauran kemih (ISK), dll.

Gangguan pada saraf.

Kerusakan saraf yang terjadi akibat diabetes ini dikarenakan tingginya glukosa darah. Gejala yang akan muncul biasanya berupa kesemutan pada bagian tangan dan kaki. Namun lama kelamaan neuropati atau kerusakan saraf ini akan menyebabkan rasa sakit, tubuh menjadi lemah, hingga masalah saluran pencernaan.

Meningkatnya kolesterol dan tekanan darah.

Pada penyakit diabetes tipe 1, tubuh akan berhenti memproduksi insulin, yaitu hormone yang mengatur gula darah. Sedangkan pada diabetes tipe 2, mengalami kondisi tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin dengan sempurna. Hal inilah yang menyebabkan kadar kolesterol baik (HDL) menurun dan lemak berbahaya (trigliserida) meningkat. Selain itu adanya resistensi insulin juga turut menyebabkan penyempitan arteri yang mampu meningkatkan tekanan darah.

Itu tadi beberapa bahaya penyakit diabetes yang perlu Anda ketahui. Dimana jika tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan berbagai komplikasi serius yang menyerang bagian-bagian tubuh yang lain. Mengingat penyakit ini cukup berbahaya, sebaiknya lakukan gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Seperti dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang sedikit, istirahat dengan cukup, olahraga dengan teratur, dll. Dan apabila Anda sudah di diagnosis menderita penyakit diabetes, sebaiknya selalu mengontrol kadar gula darah agar tidak menimbulkan berbagai komplikasi. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter di RS Bethsaida Gading Serpong maupun rumah sakit lainnya terkait kondisi yang Anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *