Pengertian Gejala Sosial, Faktor, Jenis dan Contoh

Posted on

Definisi gejala sosial

Pemahaman tentang fenomena sosial adalah fenomena yang ditandai dengan munculnya masalah sosial yang mempengaruhi dan mempengaruhi perilaku masing-masing individu di lingkungan mereka.

Gejala sosial (gejala sosial) dan masalah sosial adalah dua hal yang berkaitan erat. Jika fenomena sosial terus terjadi, maka dapat menimbulkan masalah sosial di masyarakat.

Menurut Kuliahpendidikan.com Fenomena sosial ini dapat terjadi ketika masyarakat berubah secara sosial. Perubahan sosial pasti akan memiliki efek negatif dan positif, sehingga setiap orang harus mau menghadapinya.

pengertian gejala sosial

Faktor-faktor yang menyebabkan gejala sosial

Gejala sosial di masyarakat tidak hanya terjadi, tetapi juga disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan gejala sosial adalah sebagai berikut:

1. Faktor budaya

Faktor-faktor budaya ini berasal dari nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam suatu komunitas atau komunitas. Ini membentuk pola pikir semua orang di wilayah ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh gejala sosial yang disebabkan oleh faktor budaya.

• Pelayanan publik

• gotong royong

• Kemiskinan

• perilaku yang berbeda

• dan lainnya

2. Faktor struktural

Faktor struktur adalah suatu kondisi yang mempengaruhi struktur. Dalam hal ini, struktur harus dipahami sebagai sesuatu yang tersusun dalam pola tertentu. Faktor ini dapat dilihat pada pola hubungan antara individu dan kelompok dalam masyarakat.

Berikut ini adalah fenomena sosial yang dipengaruhi oleh faktor struktural;

• Interaksi antar individu.

• Interaksi antara individu dan kelompok.

• Interaksi antara kelompok dengan kelompok lain.

• Pendidikan sosial

• dan lainnya

Jenis gejala sosial

Pada dasarnya, fenomena sosial terjadi di semua bidang kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa jenis gejala sosial yang umum:

1. Gejala ekonomi

Status sosial dan ketimpangan pendapatan anggota masyarakat dapat menciptakan gejala sosial di masyarakat. Dari sudut pandang ekonomi, ini mengarah ke fenomena sosial ketika seseorang dengan kekayaan ekonomi hidup di sebelah masyarakat yang kurang makmur.

Contoh fenomena sosial dalam ekonomi

• Kemiskinan

• Pengangguran

• Masalah populasi

• masalah kesehatan

• dan lainnya

2. Gejala budaya

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat majemuk yang anggotanya terdiri dari berbagai budaya. Perbedaan budaya antara suku-suku dapat menyebabkan perpecahan jika suku-suku tidak saling menghormati.

Selain perbedaan budaya lokal, proses globalisasi, yang membawa beberapa budaya asing ke Indonesia, juga berkontribusi terhadap fenomena sosial. Budaya asing yang negatif memiliki efek negatif pada budaya lokal, misalnya gaya pakaian, gaya hidup, ideologi dan lain-lain.

3. Gejala lingkungan alami

Apa yang terjadi pada lingkungan alami manusia berdampak pada manusia itu sendiri. Timbulnya gejala dapat disebabkan oleh aktivitas alami dan aktivitas manusia yang merusak lingkungan alami.

Misalnya, kebiasaan limbah bagi manusia dapat menyebabkan polusi dan penyakit. Kebiasaan mencemari sungai dan parit dapat menyebabkan banjir di musim hujan.

4. Gejala psikologis

Aspek psikologis seseorang mempengaruhi perilaku orang tersebut di masyarakat. Stres mental, depresi, stres atau bahkan gangguan mental yang terjadi pada seseorang menyebabkan gejala sosial di masyarakat.

Dampak dari gejala sosial

Gejala sosial memiliki efek berbeda pada manusia. Salah satunya adalah munculnya perubahan sosial dan budaya di masyarakat. Secara umum, fenomena sosial memiliki efek positif dan negatif pada kehidupan sosial, dengan penjelasan.

1. Dampak positif

Gejala-gejala ini tidak dapat dihindari dan setiap individu harus menanganinya dengan cermat. Perubahan dalam komunitas dapat bermanfaat jika Anda mengantisipasi dan merespons dengan hati-hati.

Salah satu contoh adalah kemajuan pesat di bidang teknologi. Perubahan dan kemajuan teknologi memiliki dua sisi, positif dan negatif. Karena itu, kita harus fokus pada aspek positif dari kemajuan teknologi untuk mendapatkan manfaatnya.

Seiring kemajuan teknologi, beberapa kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan lebih mudah dan lebih cepat. Dalam hal komunikasi, misalnya, kita bisa menggunakan ponsel, email, chat, dan lainnya.

2. Pengaruh negatif

Tidak dapat dipungkiri bahwa fenomena sosial juga memiliki dampak negatif pada manusia. Jika seseorang tidak dapat menerima perubahan, orang tersebut mengalami suatu budaya

Contoh Gejala Sosial

1. Perilaku yang rusak

2. Kemiskinan

3. Perilaku Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *