Hutan Mangrove Wonorejo

Pemandangan Amazon dari Surabaya

Posted on

Beberapa tahun ke belakang citra Kota Surabaya sebagai kota metropolitan, kota industri, dan kota sibuk mulai bergeser. Kota Surabaya mulai banyak ditumbuhi tanaman dan tumbuhan hijau sebagai paru-paru kota. Tentu saja pemerintah Kota Surabaya banyak berperan dalam hal ini. Salah satu yang sudah cukup terkenal adalah Hutan Mangrove Wonorejo.

Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove atau Hutan Bakau ini sebenarnya diawali oleh Lembaga Masyarakat Wonorejo (LMW). LMW mulai membangun kawasan bakau sebagai respon keprihatinan mereka terhadap kondisi pantai Timur Surabaya yang sering abrasi. Setelah itu pemerintah kota mulai mengambil alih pengelolaan di kawasan ini agar terus dapat dikembangkan sebagai kawasan perlindungan satwa dan wisata. Kalau mau kesini bisa dengan paket tour malang terpercaya.

Hutan Mangrove juga memeiliki fungsi untuk menyaring polusi air laut karena limbah-limbah industri dan kapal laut, penyangga garis pantai dari abrasi air laut, dan sebagai penyangga Kota Surabaya.

Lokasi Hutan Mangrove terletak di Jalan Wonorejo, Rungkut Surabaya. Hutan Wisata Mangrove dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi, lebih baik anda masuk ke tol Waru-Juanda. Setelah itu keluar ke pintu exit Tambak Sumur. Dari situ ambil arah ke Jalan Raya Taman Asri melalu rute putar balik. Kalian hanya perlu mengikuti jalan ini sampai masuk Jalan Raya Rungkut-Menanggal, Jalan Zamhuri, Jalan Raya Rungkut Madya, dan Jalan Wonorejo Indah Timur. Ini merupakan gerbang masuk kawasan wisata Mangrove Wonorejo.

Aktivitas di Hutan Mangrove

Edukasi Ekowisata

Pemandangan rimbun dan hijaun langsung menyambut pengunjung. Setelah melewati pintu masuk, tersedia trek untuk menjelajah hutan. Nantinya pihak pengelola menawarkan beberapa trek yang aman saat air laut pasang atau turun hujan. Di tempat ini pengunjung juga dapat belajar mengenai vegetasi mangrove maupun satwa yang hidup di Ekosistem tersebut. Setiap sudut sudah tersedia informasi yang cukup lengkap.

Penyewaan Speed Boat dan Perahu

Pengunjung juga dapat melakukan perjalanan lebih jauh dengan menggunakan perahu. Perahu ini digunakan untuk menuju pusat Hutan Mangrove. Untuk menikmati fasilitas ini pengunjung dikenakan tarif sebesar 25.000 rupiah bagi orang dewasa, dan 15.000 rupiah untuk anak-anak. Selain itu juga tersedia speed boat yang harganya lebih tinggi sejumlah 300.000 rupiah per kapal.

Area Jogging Track

Di tempat ini pengunjung juga dapat berwisata sambil berolahraga. Lintasan jogging track telah disediakan pihak pengelolan di kawasan ekowisata Mangrove Wonorejo. Lintasan jogging cukup nyaman karena di sebelah kanan dan kiri terdapat tanaman mangrove. Jangan lupa untuk cek web dari Nahwa Tour ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *