Gas Hidrogen : Pengertian Sifat dan Manfaat

Posted on

Pada kesempatan ini gurusekolah akan membahas gas hidrogen: pengertian, sifat, manfaat dan kelemahan

pengertian

Ini adalah salah satu gas yang benar-benar dapat digunakan oleh manusia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang ilmu biologi.

Dan itu juga salah satu jenis unsur kimia yang sering kita temukan terutama dalam kegiatan sehari-hari atau dalam hormon gas etilen. Anda harus tahu bahwa hidrogen memiliki sejumlah keunggulan baik dalam bentuk gas maupun cair. Selain itu, jenis senyawa kimia yang dapat kita temukan dengan mudah tanpa biaya minimum atau kita juga dapat memasuki pasar dengan berbagai jenis pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi apa manfaat gashhydrogen dalam biologi? Sebelumnya, hidrogen juga memiliki beberapa sifat, berikut penjelasannya.

Sifat-sifat hidrogen

Sifat hidrogen itu sendiri mudah terbakar karena diklasifikasikan sebagai gas diatomik. Ketika tekanan atau suhu di atas normal, situasi ini akan memengaruhi sifat hidrogen. Tetapi jika suhu dan tekanan berada pada tingkat normal, kita tidak dapat melihat hidrogen atau merasakan keberadaannya.
Ini terjadi karena dalam kondisi normal hidrogen tidak reaktif, oleh karena itu tidak menghasilkan bau atau warna tertentu yang dapat dikenali oleh indera manusia.

Meskipun hidrogen adalah unsur gas yang paling melimpah, massa atom hidrogen adalah yang terendah di antara gas-gas lainnya.

Manfaat dalam biologi

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang manfaatnya dalam biologi, termasuk:

  1. Bahan kimia organik
    Keuntungan pertama hidrogen adalah dapat digunakan sebagai bahan kimia organik. Dimana gas hidrogen ini memiliki peran untuk melakukan reaksi yang disebut reaksi hidrogenasi untuk berbagai jenis senyawa yang bersifat organik. Jenis reaksi lain yang dihasilkan oleh gas hidrogen termasuk reaksi asetilasi kimia.
  2. Menghasilkan pupuk
    Keuntungan kedua dari gas hidrogen dalam biologi adalah sebagai bahan untuk membantu proses produksi berbagai jenis pupuk. Industri yang menggunakan hidrogen cukup sering dalam sebagian besar proses produksinya adalah produksi pupuk. Cara kerjanya adalah dengan mereaksikan atau menggabungkan senyawa hidrogen ini dengan senyawa nitrogen, sehingga menghasilkan produk pupuk yang disebut pupuk amonia.
  3. Hidrogen untuk proses penghilangan belerang dalam bahan bakar fosil
  4. Keuntungan ketiga, yaitu menghilangkan kandungan sulfur atau sulfur dalam bahan bakar fosil, adalah penggunaan hidrogen sebagai bahan hidrodesulfurisasi. Proses hidrogenasi ini bertujuan untuk membuat produk pembakaran bahan bakar ini memiliki tingkat polusi / karbon dioksida yang rendah. Ada beberapa bahan bakar fosil yang melalui proses hidrogenasi, yaitu:
    bensin
    minyak tanah
    Aftur
    Solar, dll.
  5. Reaksi nitrogen dalam memproduksi amonia
  6. Pembuatan metanol
  7. Sebagai penyulingan minyak untuk menghilangkan ikatan rangkap karbon-karbon.
  8. Sebagai pengolahan makanan untuk mengubah minyak nabati cair menjadi bentuk padat.

Kegunaannya

Hidrogen banyak digunakan untuk mengikat nitrogen dengan unsur-unsur lain dalam proses produksi amonia dan dalam proses hidrogenasi lemak dan minyak. Selain hidrogen, gas ini juga digunakan sebagai bahan bakar roket, menghasilkan asam klorida, mengurangi bijih besi dan sebagai gas pengisi untuk balon.
Listrik diproduksi dalam jumlah besar dari hidrogen, misalnya sebagai baterai yang ditenagai oleh hidrogen. Selain mengandung listrik, gas ini dapat menggantikan gas alam lainnya seperti bensin dan berbagai proses kimia lainnya dan mengubah limbah menjadi metana dan listrik.

Kelemahan hidrogen

Perhatikan bahwa selain memiliki manfaat, hidrogen adalah gas yang masuk dalam kategori diatom sehingga dalam keadaan tertentu hidrogen bisa sangat berbahaya. Penggunaan hidrogen yang tidak benar adalah salah satu penyebab efek negatif hidrogen. Tetapi selama kita menggunakan hidrogen dengan perlakuan yang tepat dan tidak menyalahgunakan gas hidrogen ini, hidrogen tetaplah hidrogen yang membawa banyak manfaat.

Beberapa kerugian diperoleh dari gas hidrogen:

Polusi lingkungan oleh karbon dioksida yang dihasilkan oleh proses hidrogenasi.
Sejumlah besar karbon dioksida dapat memperburuk pemanasan global.
Dalam keadaan abnormal, hidrogen dapat menyebabkan kebakaran. Hidrogen di bawah tekanan tertentu juga dapat menyebabkan ledakan yang cukup besar.

Ini adalah penjelasan singkat dan jelas yang dapat ditransmisikan . Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

sumber : majalahpendidikan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *