Apa Perbedaan Roasting dan Baking Pada Makanan?

Posted on

Apa perbedaan roasting dan baking pada makanan? Pertanyaan tersebut umum dan termasuk sering dilontarkan oleh banyak orang. Hal tersebut karena dalam bahasa Indonesia, keduanya mempunyai arti yang sama yaitu memanggang. Walaupun begitu, sebenarnya roasting dan baking memiliki cukup banyak perbedaan mendasar.

Mungkin sebagian orang senang menikmati ayam panggang. Sementara sebagian lainnya lebih suka menikmati sepotong roti yang sudah matang. Ada begitu banyak contoh jenis makanan yang dipanggang, namun ayam panggang merupakan contoh makanan yang dimasak dengan menggunakan metode roasting sementara roti adalah contoh makanan yang dimasak dengan menggunakan metode baking.

Roasting dan baking merupakan metode memasak yang umum digunakan. Keduanya memiliki kesamaan lain yaitu dalam memanggang makanan, baik roasting maupun baking sama-sama menggunakan oven dalam prosesnya. Disamping itu, kedua metode tersebut secara umum menggunakan lebih sedikit peralatan dalam proses memasaknya.

Baik roasting dan baking merupakan metode memasak yang termasuk dalam kategori dry heat cooking. Teknik dry heat cooking sendiri merupakan teknik memasak dimana panas dihantarkan untuk mematangkan bahan makanan dengan perantara udara panas atau menggunakan permukaan yang panas. Makanan yang dimasak dengan menggunakan metode ini biasanya akan memiliki rasa yang lebih gurih.

Proses memanggang sendiri menggunakan udara panas dengan suhu mendekati 150derajat Celcius. Pada proses memanggang terseut, baik dengan menggunakan metode roasting maupun baking, akan menghasilkan warna kecoklatan pada bagian luar makanan. Contohnya adalah pada bagian permukaan ayam panggang atau pada permukaan roti akan berwarna kecoklatan saat mulai matang.

Lalu, apa perbedaan Roasting dan Baking?

Sementara secara tidak langung kedua metode memasak tersebut terlihat identik, sebenarnya ada beberapa perbedaan umum diantara keduanya. Perbedaan dalam metode memasak antara metode roasting dan metode baking adalah:

1. Bahan Makanan Yang Digunakan

Bahan makanan yang digunakan untuk memanggang dengan metode roasting biasanya berupa daging atau ikan. Sementara pada metode baking biasanya digunakan bahan makanan yang digunakan biasanya adalah jenis pastry seperti roti dan kue serta kentang.

2. Tekstur Makanan Yang Akan Dipanggang

Metode roasting biasanya menggunakan bahan makanan yang mempunyai tektur yang sudah keras sebelum dilakukan proses pemanggangan sebagaimana contoh diatas yaitu daging atau ikan. Sementara metode baking lebih kepada bahan makanan yang belum mempunyai tekstur sebelum dilakukan pemanggangan dan akan menjadi padat ketika telah matang, contohnya adalah roti.

3. Temperatur Saat Memasak

Pada metode roasting, umumnya ketika memanggang diperlukan suhu diatas 150 derajat Celcius untuk memanggang bahan makanan. Sementara, untuk metode baking, suhu yang digunakan adalah minimal 100 derajat Celcius.

4. Kandungan Lemak

Jenis makanan yang dipanggang dengan menggunakan metode roasting umumnya mengandung lemak pada lapisan luarnya, seperti ayam panggang maupun daging panggang. Sementara makanan yang dipanggang dengan menggunakan metode baking memiliki kandungan lemak di dalam makanan tersebut dan bukan berada pada lapisan luarnya.

5. Penggunaan Bumbu

Memanggang dengan meetode roasting biasanya menggunakan jenis bahan makanan yang telah terlebih dahulu diolesi dengan bumbu basah. Sementara dengan menggunakan metode baking tidak menggunakan jenis bumbu pada bahan makanan yang akan dipanggang.

6. Wadah Yang Digunakan

Dalam memanggang bahan makanan, biasanya untuk metode roasting digunakan wadah yang terbuka. Sementara dengan menggunakan metode baking, bahan makanan akan ditempatkan pada wadah yang tertutup.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, memanggang makanan dengan kedua metode tersebut biasanya digunakan oven sebagai alat untuk memanggangnya. Umumnya untuk membuat makanan panggang dalam jumlah besar digunakan oven gas yang lebih hemat biaya dibandingkan dengan oven listrik. Oven gas tersebut dapat didapatkan dengan mudah di berbagai tempat jual mesin pengolah makanan baik secara online maupun secara offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *