Cara Strategi Pemasaran Layanan Catering

Cara Strategi Pemasaran Layanan Catering

Posted on

Strategi Pemasaran Layanan Catering Membuat rencana pemasaran jasa catering yang efektif sangat penting untuk kelangsungan bisnis berbasis makanan apa pun. Menurut survei pemasaran bisnis kecil oleh Clutch, 47% pemilik usaha mengambil pendekatan DIY untuk membuat, mempromosikan, dan meningkatkan merek mereka. Untuk melakukan semua ini dengan baik, pemilik bisnis catering perlu memiliki rencana marketing yang sistematis.

Bagi mereka yang memiliki anggaran pemasaran yang terbatas, Anda tidak perlu hawatir karena dengan alat dan strategi yang tepat, Anda dapat membuat dan melaksanakan rencana pemasaran catering yang sangat efektif.

6 Cara Membuat Rencana Pemasaran Jasa Catering

Jika Anda ingin tahu cara membuat rencana pemasaran untuk bisnis katering, Anda harus terlebih dahulu meninjau beberapa ide gambaran besar. Bagi mereka yang telah menulis rencana bisnis mereka sendiri di masa lalu, Anda akan memiliki informasi yang berguna untuk beberapa cara berikut.

Jika Anda tidak memiliki rencana bisnis atau menyadari bahwa rencana Anda saat ini mungkin sudah terlalu kuno, Anda bisa mencoba beberapa langkah-langkah berikut.

1. Tetapkan Tujuan Pemasaran

Untuk bisnis katering, paparan adalah kuncinya. Tetapi paparan bisa sulit diukur, terutama jika Anda saat ini tidak menggunakan platform manajemen bisnis yang cerdas. Alih-alih, ingin memfokuskan tujuan pemasaran pada apa yang dapat Anda catat, monitor, dan nilai dengan mudah.

Mengikuti sebagian besar bisnis katering berhasil menggunakan target penjualan untuk menentukan tujuan pemasaran mereka. Hitung rata-rata penghasilan Anda saat ini per minggu. Kemudian tetapkan tujuan pendapatan jangka panjang dan pendek. Selama Anda membuatnya realistis, tujuan-tujuan ini akan membantu memandu rencana markerting bisnis Anda.

2. Temukan Audiens Target Anda

Semua orang suka makanan bukan? Meskipun sebagian besar benar, bisnis katering harus berhati-hati dalam hal bagaimana mereka menghabiskan anggaran pemasaran mereka. Mencoba menarik siapa pun dan semua orang dengan pemasaran Anda adalah cara yang pasti untuk membuang sumber daya berharga.

Alternatif untuk pendekatan ini adalah sebagai cara mendapatkan sespesifik mungkin dengan mendefinisikan pelanggan ideal Anda. Apakah Anda lebih suka untuk melayani acara perusahaan atau pesta pribadi. Audiens Anda pada akhirnya akan menentukan apa yang Anda pasarkan dan bagaimana Anda menyampaikan bahasa marketingnya.

Ada banyak cara untuk mengidentifikasi audiens yang tepat. Buat spreadsheet untuk mengumpulkan informasi berikut tentang setiap pelanggan :

  • Rentang usia umum
  • Di mana mereka berada
  • Jenis acara apa yang biasanya mereka rencanakan
  • Seberapa sering mereka menyelenggarakan acara
  • Minat khusus
  • Layanan makanan yang mereka tanyakan
  • Layanan makanan mereka akhirnya memesan
  • Total faktur terakhir mereka

Jangan ragu untuk menambahkan detail lain seperti hobi, pengalaman karier, atau apa pun yang masuk akal untuk Anda dan model bisnis Anda. Setelah Anda mengumpulkan data ini, kemudian gunakan pola-pola itu untuk membangun sebagai target persona dan menciptakan pemasaran yang mereka sukai.

3. Tentukan Keunggulan Bisnis Catering Anda

Setiap bisnis harus memiliki faktor “wow” yang membantu mereka menonjol di tengah ketatnya persaingan. Bukan rahasia lagi bahwa persaingan di industri makanan sangat ketat. Tetapi bagaimana Anda memilih untuk mendefinisikan bisnis Anda akan sangat berarti dalam menciptakan rencana pemasaran katering Anda.

Untuk bisnis katering khususnya, ada beberapa bidang utama yang dapat Anda pilih untuk benar-benar berhasil:

Nilai jual yang unik. Apakah Anda menawarkan pengiriman ke rumah? Atau apakah bisnis katering Anda adalah pop-up rahasia yang hanya dapat ditemukan oleh para tamu melalui Instagram? Apa pun masalahnya, dorong sudut pandang ini dalam pemasaran Anda.

Proses inovatif. Contohnya termasuk cara-cara kreatif membuat makanan Anda. Memiliki proses inovatif juga bisa berarti menemukan cara untuk membuat makanan yang sama lebih baik, lebih cepat, dan lebih hemat biaya daripada katering lainnya.

Baca Juga : Beberapa Ide Bisnis yang Cocok untuk Extrovert

Tampil Unik. Sementara beberapa strategi pemasaran terbaik difokuskan pada Anda dan bisnis Anda, bidang yang satu ini bergantung pada membandingkan diri Anda dengan pesaing. Jika semua bisnis katering saingan Anda menawarkan tiga hal yang sama, apakah ada cara Anda bisa menambahkan opsi keempat? Atau perbaiki apa yang sudah ada di luar sana?

Bahkan tidak harus terkait dengan makanan. Proses pemesanan, pembuatan menu, dan pembuatan faktur yang lancar dan terorganisir mungkin sesuai dengan keinginan pasar target Anda.

4. Pertimbangkan Pemasaran Lokal

Pemilik usaha kecil harus selalu mempertimbangkan pelanggan yang dapat mereka tarik di lingkungan mereka sendiri. Misalnya, jika Anda adalah pemilik usaha catering surabaya maka dengan menargetkan dan memprioritaskan target pasar di kota Surabaya adalah pilihan yang tepat. Ketika merujuk pada pemasaran lokal, yang kami maksud adalah iklan digital dan offline harus menargetkan lokasi dimana basis bisnis Anda berada. Ada banyak cara kreatif untuk memasarkan bisnis katering Anda secara lokal, tetapi berikut adalah beberapa ide untuk memulai:

Perbarui SEO situs web Anda untuk memasukkan kata kunci yang menggunakan lokasi Anda.
Bentuk kemitraan strategis dengan bisnis pelengkap seperti studio seni atau pusat konvensi.

Anda mungkin akan terkejut dengan banyaknya kemungkinan yang dapat Anda raih dengan cara ini. Pemasaran lokal dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk membangun jaringan Anda terlepas dari berapa lama Anda dalam bisnis.

5. Perbarui Merek Katering Anda

Jika bisnis katering Anda sudah ada untuk sementara waktu, mungkin sudah saatnya untuk melihat lagi merek Anda. Gambar keseluruhan Anda mungkin bersandar pada pesan tertentu di masa lalu. Tapi sekarang bisnis katering Anda telah tumbuh dan membaik, branding Anda harus mengikuti.

Evaluasi kembali elemen-elemen seperti logo Anda, warna merek, keberadaan digital (termasuk situs web dan profil media sosial Anda), dan di mana pun tempat nama bisnis Anda ada.

Apakah memenuhi standar industri saat ini? Apakah itu membuat Anda menonjol dengan cara yang baik? Apakah itu mewakili dari mana bisnis katering Anda pergi, bukan dari mana asalnya? Semua pertanyaan ini dan lainnya sangat membantu saat memberikan perubahan pada merek Anda.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menyegarkan merek Anda:

  • Pekerjakan desainer grafis lokal untuk memperbarui logo Anda
  • Perbarui situs web
  • Tambahkan item musiman ke pilihan menu Anda
  • Coba kumpulkan paket bertema
  • Tinjau kembali pernyataan misi Anda. Tulis ulang kisah perusahaan Anda menjadi sesuatu yang otentik untuk iterasi terbaru ini.

6. Tetapkan Anggaran Pemasaran

Berapa yang harus Anda keluarkan untuk pemasaran? Untuk katering dan pemilik usaha kecil, ini adalah pertanyaan yang sulit. Anggaran pemasaran Anda harus mencakup apa yang Anda belanjakan untuk iklan sehari-hari (seperti posting media sosial berbayar) serta kampanye jangka panjang.

Sementara pilihannya sangat pribadi, Administrasi Bisnis Kecil telah memberikan aturan praktis yang baik. Untuk sebagian besar bisnis katering, anggaran pemasaran harus 7-8% dari total pendapatan tahunan. Dan jika Anda baru memulai, perlu diingat bahwa persentase ini juga mencakup apa yang harus Anda keluarkan untuk hal-hal seperti pembuatan situs web dan jaminan penjualan.

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Cara Strategi Pemasaran Layanan Catering. Semoga dapat menginspirasi khusus bagi Anda yang memiliki usaha catering.

sumber : www.aisyacatering.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *