Proses Replikasi DNA
Proses Replikasi DNA

Proses Replikasi DNA

Posted on

Proses Replikasi DNA – Dalam ilmu Agrotek Replikasi DNA merupakan suatu proses penggandaan rantai ganda DNA. Proses ini terjadi sebelum adanya proses pembelahan sel.

Proses penggandaan ini memanfaatkan enzim DNA polimerase yang membantu membentuk ikatan antara nukleotida-nukleotida yang menyusun polimer DNA.

Berikut adalah penjelasan mengenai tahapan-tahapan yang ada dalam proses replikasi DNA:

1. Tahap inisiasi

Tahap pertama pada proses replikasi DNA yaitu tahap inisiasi. Dalam sel-sel eukariotik DNA terdapat ARCs atau autonomously replicating requence yang berperan untuk replikasi DNA. ARCs ini terdiri dari 11 pasang ditambah dua hingga 3 rentetan nukleotida pendek tambahan.

2. Tahap terbentuknya garpu replikasi

Tahap selanjutnya yaitu terbentuknya garpu replikasi. Garpu replikasi atau disebut juga dengan replication fork ini merupakan struktur yang dapat terbentuk ketika DNA bereplikasi akibat adanya enzim helikasi yang memutus ikatan hidrogen yang menyatukan kedua untaian DNA menjadi dua cabang.

3. Tahap pemanjangan untaian DNA

Tahap yang ketiga yaitu pemanjangan untaian DNA. DNA polimerase akan membentuk untaian DNA baru dengan cara menambahkan nukleotida. Hal ini terjadi dengan cara menambahkan deoksiribonukleotida ke ujung 3’ dari hidroksil bebas rantai DNA yang sedang tumbuh.

4. Tahap pembentukan leading strand

Tahap selanjutnya dari proses replikasi DNA yaitu pembentukan leading strand. Leading strand yaitu untaian DNA yang disintesis dengan arah dari 5’ ke 3’ secara berkesinambungan. Pada leading strand ini DNA polimerase akan mampu membentuk DNA secara berkesinambungan

5. Tahap pembentukan lagging strand

Tahap yang kelima yaitu pembentukan lagging strand. Lagging strand yaitu untaian DNA yang terletak di sisi yang bersemberangan dengan leading strand di bagian garpu replikasi atau replication fork. Untaian ini disintesis dalam segmen yang dikenal dengan istilah fragmen Okazaki

6. Tahap modifikasi setelah replikasi DNA

Tahap terakhir setelah replikasi DNA yaitu tahap modifikasi post replikasi DNA. Setelah DNA selesai direplikasi, dua helaian sisntesis baru ini akan dipasangkan ke modifikasi enzimatik. Biasanya, proses ini melibatkan penambahan molekul tertentu

Demikian penjelasan mengenai proses replikasi DNA. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *