Bersihkan Plak Gigi di Opal Dental Klinik Gigi Yogyakarta Terbaik

Posted on
Kawat Gigi Jogja

Plak gigi yang mengeras atau juga disebut karang gigi adalah kondisi dimana kondisi sekitar gigi terdapat kerak yang mengeras. Umumnya warna plak gigi ini adalah kuning dan tumbuh sedikit demi sedikit.

Plak gigi muncul disebabkan karena tertumpuknya bakteri serta sisa-sisa makanan di dalam mulut dan jika tidak segera dibersihkan maka akan menimbulkan tumpukan karang gigi serta penyakit yang lain. Namun, untuk menghilangkan plak gigi yang sudah terlalu akut Anda tidak perlu bingung, karena klinik gigi Jogja bisa menjadi solusi Anda.

Akibat plak gigi yang tidak dibersihkan

Pertama yaitu sebagai tempat bersarangnya bakteri. Plak gigi berasal dari bakteri yang menempel karena tidak segera dibersihkan. Jika plak gigi semakin tebal makan bakteri akan lebih mudah bersarang karena lama kelamaan akan masuk kedalam gusi dan merusak gigi.

Kedua, meningkatkan resiko gigi tanggal. Plak gigi yang sudah masuk ke dalam gusi tentu lama kelamaan akan merusak struktur gigi, sehingga gigi akan mudah keropos dan tanggal.

Ketiga, menyebabkan radang gusi. Ketika gusi mengalami peradangan kemudian plak gigi masih ada di sekitar gusi, maka kemungkinan besar bisa menyebabkan terkena penyakit periodontitis. Periodontitis adalah kondisi dimana penyakit yang timbul di antara gusi dan gigi yang berbentuk kantong nanah.

keempat, menyebabkan halitosis atau bau mulut. Salah satu yang menyebabkan bau mulut adalah plak gigi. Sisa-sisa makanan yang menumpuk dan tidak tersikat saat gosok gigi akan mengendap dan membusuk, sehingga mulut menjadi bau.

kelima, gigi goyang. karang gigi yang menumpuk akan menyebabkan radang gigi atau gingivitis. Jika sudah parah maka akan menyebabkan penyakit periodontitis yang akan menyerang penyangga gigi dan kemudian menyebabkan gigi goyang.

Keenam, memicu penyakit stroke dan jantung, efek ini adalah yang paling fatal. Diduga berbagai mikroorganisme dan bakteri pada plak akan masuk pada jaringan aliran darah sehingga menimbulkan peradangan. Hal ini tentu akan menyebabkan penyumbatan dan kerusakan pada pembuluh darah. Jika pembuluh darah sudah tersumbat maka resiko terkena penyakit stroke dan jantung akan meningkat.

Tentu Anda tidak ingin bukan, jika hanya karena plak gigi menimbulkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, sebelum semuanya terlambat Anda bisa mulai rutin membersihkan plak gigi di klinik gigi Yogyakarta agar gigi Anda selalu sehat. Bisa juga pasang kawat gigi Jogja di klinik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *