https://madukalimantan.com/
https://madukalimantan.com/

Manfaat Madu untuk Perawatan Kulit Wajah Secara Alami

Posted on

Madu, makanan manis yang berasal dari lebah ini termasuk ke dalam kategori super food. Oleh karenanya, madu memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Selain digunakan dalam berbagai olahan makanan, meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh, ternyata madu juga bermanfaat untuk perawatan kulit wajah.

Sejak berabad-abad yang lalu, banyak perempuan yang telah menggunakan madu untuk perawatan kulit mereka. Bahkan pada saat ini, kita mudah menemukan produk kecantikan yang mengandung madu. Lalu, apa saja manfaat madu asli untuk perawatan kulit wajah? Berikut ulasannya.

  • Melindungi Kulit dari Kerusakan

Kandungan antioksidan yang dimiliki madu mampu melindungi kulit dari kerusakan saat jumlah radikal bebas melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Radikal bebas seperti asap kendaraan bermotor, asap rokok, pendingin ruangan, sinar UV A dan UV B bisa merusak sel-sel kulit. Sel kulit yang rusak kemudian dapat memperbesar risiko terkena infeksi kuman. Selain itu, madu juga memiliki kemampuan untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat sunburn,bintik-bintik merah, dan infeksi.

  • Melembabkan Kulit kering

Manfaat madu untuk perawatan kulit wajah yang kedua, yakni melembabkan kulit. Hal ini disebabkan karena madu memiliki kandungan senyawa humektan yang mampu merawat kulit wajah yang kering. Untuk wajah yang berminyak, madu juga bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan kelembaban karena kandungan zat pemanisnya.

  • Mengatasi Jerawat

Madu yang juga mengandung zat antiinflamasi serta antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada wajah akibat jerawat. Dengan menggunakan madu sebagai masker, peradangan pada jerawat bisa berkurang dalam satu malam.

  • Membersihkan Wajah

Manfaat madu selanjutnya adalah untuk membersihkan berkat kandungan enzim alami di dalamnya. Bila dicampurkan dengan air, madu dapat menjadi cairan antiseptik lembut yang dapat membersihkan kulit wajah tanpa mengurangi kandungan minyak alami pada kulit.

Nah, itulah beberapa manfaat madu asli untuk perawatan kulit wajah yang bisa Anda dapatkan jika berniat untuk menggunakan madu sebagai skincare alami. Selain kelima hal di atas, masih banyak lagi manfaat dari madu yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannya secara rutin. Jika Anda memiliki madu di rumah, tidak ada salahnya mencoba dan rasakan segudang manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *