Perbedaan Isi Ban Nitrogen vs Angin Biasa

Perbedaan Isi Ban Nitrogen vs Angin Biasa

Posted on

Infopuntual.com Bagi para pencinta modifikasi mobil, tentu tau dong perbedaan mengisi angin ban dengan Nitrogen vs Angin Biasa? Namun bagi masyarakat umum yang mungkin tidak terlalu memperhatikan soal mobilnya, mereka banyak yang tidak tau perbedaan sederhana ini. Untuk itu disini kami akan menjelaskannya.

Putra Adi Dirgantara, seorang pencinta variasi mobil Bandung mengatakan, ban mobil dengan isi Nitrogen memiliki performa yang jauh lebih baik dari pada isi angin biasa. Lantas mengapa? Berikut penjelasannya.

Manfaat Ban Nitrogen

Senyawa karet dalam ban memiliki pori-pori mikroskopis yang pada akhirnya udara dan nitrogen akan meresap. Namun, molekul nitrogen lebih besar, sehingga akan membutuhkan waktu lebih lama bagi ban Anda untuk kehilangan sejumlah tekanan yang nyata ketika dipompa dengan nitrogen. Persisnya berapa lama lagi tergantung pada set ban Anda. Menurut Asosiasi Produsen Ban AS (USTMA), ban dapat kehilangan tekanan inflasi sebanyak 1 hingga 2 psi per bulan dalam kondisi normal.

Untuk menempatkannya dalam perspektif, ban yang melambung di bawah dapat mengurangi jarak tempuh gas Anda sekitar 0,03% untuk setiap 1 PSI penurunan tekanan rata-rata semua ban, menurut Badan Perlindungan Lingkungan. Jadi, apakah Anda tertarik menjadi ramah lingkungan, ingin menghemat uang dengan meningkatkan treadlife ban Anda dan melindungi jarak tempuh gas Anda, inflasi nitrogen adalah layanan yang perlu dipertimbangkan.

Alasan kedua mengapa inflasi nitrogen meningkat – terlepas dari biaya – adalah karena menjaga ban seseorang dan komponen Sistem Pemantauan Tekanan Ban. Salah satu kontributor utama kerusakan ban dan komponen TMPS adalah kelembaban. Kelembaban di udara ban mobil dapat menyebabkan keretakan senyawa karet, sabuk baja berkarat dan korosi pada komponen logam dari unit TPMS yang dipasang di bagian dalam ban. Perubahan suhu ban karena penggunaan dapat menyebabkan berbagai jenis penurunan kinerja yang tidak menguntungkan.

Biaya inflasi Nitrogen untuk Ban

Siap untuk menghadapi titik itu adalah orang-orang yang mengatakan Anda hanya perlu memeriksa tekanan ban Anda sebulan sekali. Sebagian besar pengecer ban akan memeriksanya secara gratis, atau Anda dapat membeli pengukur tekanan ban dan memeriksanya sendiri. Topping off ban Anda dengan udara kuno yang baik tentu merupakan pilihan termudah dan paling murah.

Inflasi nitrogen telah tumbuh, tetapi tidak tersedia di mana-mana. Jadi, sementara beberapa pengecer ban menawarkan pengisian nitrogen, opsi ini mungkin sedikit dan jarang, tergantung di mana Anda tinggal. Biayanya juga bervariasi. Pengecer ban dapat mengisi ban yang baru dibeli dengan nitrogen secara gratis, tetapi jika tidak, mungkin ada sedikit biaya per ban.

Baca Juga : Rent Car Transfer Airport – Jenis Mobil Yang Bisa Anda Sewa

Penggunaan nitrogen sudah merupakan praktik standar untuk menggembungkan ban mobil balap. Sebagai gas inert, Nitrogen menunjukkan lebih sedikit perubahan tekanan selama perubahan suhu yang intens selama perlombaan. Nitrogen juga digunakan pada ban pesawat terbang untuk alasan yang sama, menjaga agar ban pesawat melambung dengan benar meskipun terjadi perubahan besar dalam hal ketinggian, suhu, dan tekanan udara eksternal.

Teknologi ini secara alami masuk ke dunia penggemar mobil sport, yang menginginkan pengalaman berkendara tingkat atas. Dan untuk pengumpul, ban yang dinaikkan nitrogen memungkinkan kendaraan Anda tetap siap di jalan saat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Jika Anda suka mobil dan menginginkan yang terbaik, maka nitrogen jelas memiliki keunggulan. Ini semua tentang apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

sumber : https://alamatjalan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *