Impresi Pribadi Anime Magi Madoka Magica Side Story

Posted on

Sinopsis Magia Record: Puella Magi Madoka Magica Side Story

Pemeran utama baru bernama Iroha adalah seorang Magical Girly berburu untuk mencari adiknya yang hilang bernama Ui di Kamihama. Di Kamihama juga ada Madoka yg mencari keberadaan Homura yg hilang.

Impression

Bagian dari Franchise Madoka Magica tanpa score dari Kajiura Yuki, script dari Gen Urobuchi ataupun directed oleh Akiyuki Shinbou. Staff yang berbeda dari Madoka Magica, itulah kenapa rasanya sedikit berbeda. Namun jangan khawatir, di episode pertama ini homage MadoMagi nya terasa banget, ketika alunan “Sis Puella Magica” berkumandang bulu kuduk ini langsung berdiri dan rasa keputus-asaan khas MadoMagi mulai mendatangi. Yup, no doubt this is the best premiere episode this season! Dan meski belum jelas akan tayang 2 cour atau tidak, setidaknya jangan sampai kehilangan fokus, apalagi melupakan eksplorasi karakter guna mengeksplore world building lebih luas lagi.

Episode premiere menampilkan set-up cerita, world building dan mengatur tone serta vibe cerita. Gaya storytellingnya sangat bagus, cara Magia Record menampilkan plot point juga terkesan elegan dengan tidak menyampaikannya secara langsung, namun secara subtle, show don’t tell, and Magia Record show the plot point from Iroha POV. Meski kalau boleh membandingkan dari segi naratif MagoMagi jauh lebih elegan dengan subtlety storytelling dan gaya yang filosofis.

Meski premis yang disajikan terkesan sama dengan Mado Magi, yaitu menyelamatkan seseorang dan terjerumus kedalam keputus-asaan yang terdalam, namun saya harap presentasi yang ditampilkan merupakan hal yang baru dan original, terutama eksplorasi karakternya. Yup, saya berharap banyak sama series ini mengingat ini adalah bagian dari franchise MadoMagi.

Mengambil setting di kota Kamihama dan banyak mahou shoujo yang datang ke kota tersebut karena rumor bahwa mereka dapat terselamatkan atau dengan kata lain mereka dapat hidup menjadi dirinya sendiri seorang mahou shojou tanpa perlu menyamar. Mereka datang untuk menyerap kekuatan dari witch/majo dan bertarung. Sementara Iroha Tamaki datang ke kota ini utuk mencari adiknya yang hilang bernama Ui. Nantinya bersama dengan mahou shoujo lainnya, Iroha mulai mengungkap misteri di kota tersebut.

Saya tidak main game nya, tapi menurut sinopsis di MAL, di kota yang sama, Madoka sedang menencari Homura yang sama keadaannya dengan Iroha. Disaat yang sama Homura merasa akan bisa menyelamatkan Madoka dengan mengungkapkan misteri di balik kota yang penuh misteri ini. Garis pararel yang sangat menarik antara Madoka dan Iroha.

Untuk scoring dan visualnya terbaik. Scoring dan set musicnya berhasil menghidupkan suasana, perpaduan cerita, visual dan scoringnya juga memberikan nuansa dramatis yang terasa Madoka-ism banget, the deepest form of despairness. Saya suka saat scene fighting Iroha, Kuroe dan Nanami, serius itu epic dan dramatic banget. Syukurlah score nya masih terasa Kajiura Yuki banget, meski dalam creditnya statusnya ‘in collaboration with’, untuk music dan scoringnya sendiri ditangani oleh Takumi Ozawa dan Yota Tsuruoka.

Afterword, episode premiere Magia Record adalah episode premiere terbaik dan sempurna untuk sebuah set-up dan pengenalan. Saya sangat berharap banyak untuk series ini, sangat berpotensi untuk jadi Anime Batch of the Season.

Personal rate for premiere eps. 10/10





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *