Istana Air Taman Sari Yogyakarta: Keindahan Sejarah dan Seni

Posted on

Istana Air Taman Sari Yogyakarta adalah situs bekas taman kerajaan milik Keraton Yogyakarta. Tempat ini memiliki banyak fungsi di masa lalu; seperti area istirahat, area meditasi, bengkel, area pertahanan, dan tempat persembunyian. Istana Air Taman Sari adalah situs warisan dunia. Ini adalah tempat yang harus dikunjungi di Jogjakarta. Dan jangan lupa, jika Anda ingin datang ke sini, anda bisa merental mobil atau menggunakan kendaraan pribadi untuk menghemat biaya transportasi di mana Anda dapat menikmati gedung Taman Sari yang indah dengan kenyamanan tiada bandingnya.

Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Nama Taman Sari berasal dari kata Jawa taman berarti kebun dan sari berarti indah atau bunga. Di masa lalu tempat ini memang taman yang indah dengan bunga di mana-mana dan kompleks mandi. Itu dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I dan selesai di era Sultan Hamengkubuwono II. Sebelum difungsikan sebagai taman kerajaan, tempat ini dikenal sebagai tempat mandi. Kemudian setelah dibangun Taman Sari menjadi kompleks yang luas terdiri dari 59 bangunan termasuk ruang meditasi, masjid, kolam renang, dan 18 taman air dan paviliun dengan danau buatan.

Kastil Taman Sari Air Jogja dibangun dengan gaya Jawa, bahkan juga mengambil beberapa arsitektur Eropa di bawah perintah arsitek pertama Tumenggung Mangundipura yang telah melakukan perjalanan ke Batavia dua kali untuk belajar tentang arsitektur Eropa. Setelah Perang Jawa pada tahun 1825 – 1830 dan gempa bumi pada tahun 1867, kompleks ini hancur di banyak bagian dan sekarang hanya kompleks pemandian yang telah dipulihkan sepenuhnya.

Taman Sari terbagi menjadi empat wilayah. Yang pertama adalah danau buatan yang disebut Danau Segaran. Yang kedua adalah kompleks pemandian yang disebut Umbul Binangun. Wilayah ketiga hilang dan keempat di timur Umbul Binangun. Saat ini tempat yang termasuk dalam tur Taman Sari adalah kompleks mandi dan danau buatan, terowongan panjang ke masjid bawah tanah, Sumur Gumuling (terowongan bawah tanah), dan reruntuhan Pulo Kenongo dekat Pasar Ngasem.

Di sekitar Taman Sari

Kampung Taman adalah nama sebuah desa di sekitar Istana Air Taman Sari. Dihuni oleh seniman ahli, yang dikenal terbaik untuk melukis, batik, dan kerajinan lainnya. Jika Anda punya cukup waktu, Anda dapat mengunjungi bengkel atau butik dan membeli kreasi mereka. Anda juga dapat berkeliling desa Taman Sari untuk mengenal seni dan budaya Jogja dengan lebih baik.

Cara Menuju Taman Sari

Taman Sari berada di selatan Keraton Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 1 km dari alun-alun selatan. Anda dapat pergi ke sini dengan berjalan kaki dari Keraton. Mintalah orang-orang di sekitar untuk mendapatkan arah yang tepat ke Taman Sari. Selain itu, Anda dapat menggunakan becak atau andong dari Malioboro atau Keraton. Jika Anda menggunakan becak dan andong Anda juga bisa mampir ke objek lain seperti pabrik bakpia dan sebagainya. Wisata taman sari wajib sekali dikunjungi jika anda sedang berada di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *