pasang cctv

Cara Mudah Instalasi CCTV Sendiri hemat biaya

Posted on

Instalasi CCTV biasanya dilakukan oleh teknisi yang ahli dibidangnya. Oleh karena itu, ketika membeli perangkat ini pihak distributor atau penjual telah mengikutsertakan jasa pemasangan sebagai bentuk tambahan pelayanan kepada para pelanggan.

instalasi kamera
Memasang CCTV

Namun, tidak semua penjual menerapkan hal yang sama. Para pedagang kamera pengawas akan mengenakan tarif instalasi jika anda hanya membeli beberapa alat. Tetapi, jika anda membeli paketan alat kamera pengintai maka biaya instalasi tidak dikenakan karena memang sudah termasuk dalam paket tersebut.

Hal ini tentu bisa menjadi masalah bagi beberapa orang, terutama bagi anda yang hanya membutuhkan 1-2 CCTV untuk dipasang di rumah. Oleh karena itu, perlu diketahui cara pasang kamera pengawas secara mandiri. Hal ini sangat penting, karena anda bisa menghemat pengeluaran plus mengenal perangkat CCTV dengan baik.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Instalasi CCTV

Sebelum melakukan instalasi CCTV, anda harus mempersiapkan beberapa hal. Karena dengan melakukan persiapan yang baik anda bisa menghemat tenaga, waktu dan uang yang dikeluarkan. Hal yang perlu perhatikan sebelumnya seperti:

1. Instalasi CCTV Berdasarkan Kebutuhan

Kebutuhan
Pemasangan Sesuikan dengan Kebutuhan

Sebelum instalasi kamera pengawas anda harus mengetahui CCTV seperti apa yang dibutuhkan. Apakah indoor atau outdoor, wireless atau memakai kabel koaksial dan lainnya. Karena dengan mengetahui hal tersebut anda bisa melakukan persiapan yang lebih baik.

Selain itu, anda bisa menghemat uang dan waktu karena tidak perlu membeli kamera pengintai beserta perangkatnya secara mendadak. Tentunya pemasangan CCTV untuk rumah, kantor ataupun gedung lainnya akan berbeda.

Jika untuk pemakaian pribadi anda bisa memilih kamera pengawas wireless karena mudah dipasang sedangkan untuk kantor lebih baik yang memakai kabel koaksial karena dibutuhkan ruangan khusus untuk mengecek video CCTV ini.

2. Merek dan Harga

instalasi cctv
Sesuaikan dengan Budget

Setelah menetapkan kebutuhan, langkah berikutnya sebelum melakukan instalasi CCTV adalah memilih merek serta harga yang bisa anda penuhi. Karena setiap kamera pengawas memiliki kemampuan serta harga yang berbeda-beda.

Selain itu, merek kamera pengintai ini sangat beragam. Untuk mempermudah pilihan anda bisa melihat produk CCTV merek Hikvision, Samsung, Sony dan beberapa merek terkenal lainnya sebagai perbandingan.

Setelah melakukan perbandingan berdasarkan merek dan harganya, anda kemudian membandingkan berdasarkan 5 produk CCTV yang diinginkan. Pilihlah kamera pengawas yang paling dekat dengan kebutuhan masing-masing namun tidak melebihi budget yang dimiliki.

Jangan sampai anda berhutang untuk memperoleh alat ini terutama untuk pemakaian pribadi. Anda bisa mengganti kamera pengintai ini sewaktu-waktu ketika memiliki uang lebih dan memanfaatkan apa yang ada terlebih dahulu.

3. Spesifikasi

spesifikasi
Pertimbangkan Spesifikasi

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah spesifikasi kamera pengawas yang ingin dimiliki. Tentu anda harus perhatikan pemakaian CCTV-nya indoor atau outdoor. Karena kamera pengawas outdoor harus dilengkapi dengan infrared, night vision, motion sensor serta kamera pengawas beresolusi tinggi. Semua hal ini sangat penting karena dapat berfungsi dengan baik walaupun di malam hari.

Sedangkan untuk pemakaian indoor pilihlah yang memiliki resolusi tinggi plus fitur infra merah dan sensor gerak. Serta pilihlah kamera pengintai yang berukuran kecil sehingga tidak mudah disadari oleh tamu anda.

Selain spesifikasi pertimbangkan juga konektivitas sebelum instalasi CCTV tersebut seperti wireless atau tidak. Karena semakin sedikit pemakaian kabel maka semakin mudah kamera pengawas tersebut untuk disembunyikan.

Proses Instalasi CCTV

Setelah mengetahui kamera pengawas apa yang dibutuhkan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan untuk instalasi CCTV tersebut. Alat yang dibutuhkan sangatlah mudah dan banyak dijual dipasar atau toko. Namun, daftar alat dibawah ini diperuntukkan untuk CCTV kabel koaksial, seperti:

  • Tang
  • Bor
  • Obeng bunga dan minus
  • Cutter atau pisau
  • Klem kabel
  • Isolasi listrik
  • Palu dan tangga

Setelah itu persiapkan perangkat kamera pengawas yang akan dipasang, seperti:

  • CCTV (4, 8 atau 16 channel)
  • DVR
  • Kabel koaksial
  • Adaptor (jika diperlukan)
  • LCD

Langkah Pemasangan Kamera Pengawas

Setelah semua alat dan perangkat dipersiapkan, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah instalasi CCTV dibawah ini secara runtut, yaitu:

  1. Pastikan telah memilih titik instalasi CCTV dengan baik. Lalu ukur panjang kabel koaksial untuk setiap kamera pengawas dengan DVR. Jangan lupa untuk tes kabel tersebut ketika dibeli agar tidak terjadi masalah ketika proses pemasangan dilakukan.
  2. Ukur kabel koaksial sesuai kebutuhan (sekitar 50-100 cm) bergantung area dan jarak CCTV dengan DVR.
  3. Pasang kamera pengawas di langit-langit rumah dengan memakai tang atau bor untuk memasang mur pengait. Kemudian pasang konektor dibeberapa titik.
  4. Pasang DVR diruangan khusus seperti kamar pribadi anda plus LCD-nya.
  5. Setelah semua perangkat terpasang dengan baik dan terhubung satu sama lain dengan kabel koaksial, coba hidupkan CCTV beserta semua perangkatnya (apakah gambar muncul atau tidak).
  6. Setelah perangkat berhasil nyala, anda kemudian dapat merapikan kabel dengan klem kabel. Kabel ini bisa terhubung langsung dilangit-langit rumah atau dengan menjebol atap rumah. Jika memilih pilihan kedua maka pastikan kabel terhindar dari loteng yang bocor serta gigitan tikus agar tidak mudah rusak.
  7. Jika terdapat kabel yang kepanjangan silahkan potong. Namun, pastikan semua perangkat telah tersambung dengan baik sebelum melakukan hal ini untuk mencegah kabel yang kependekan.

Itulah cara instalasi CCTV dengan memakai kabel koaksial yang perlu anda ketahui. Karena dengan mengetahui hal ini anda bisa melakukan pemasangat sendiri dengan baik tanpa harus menggunakan jasa teknisi. Sumber artikel : https://barbarcheat.com/jasa-cctv-karawang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *