Perawatan Mobil Yang Salah Kaprah

Posted on

Untuk mobil yang sering digunakan oleh jasa rental dan sewa mobil Cikarang memiliki kondisi yang rapih dan masih baik serta interior yang n bersih dan harum. Namun dalam hal perawatan banyak tips yang serinf digunakan namun tidak tepat cara penerapannya.

Bersihkan kulit jok dengan cairan spesial, bersihkan embun kaca dengan tangan atau lap, hidupkan AC pada RPM tinggi, memakai pembersih kaca di kaca belakang, membersihkan lantai kabin dengan ải, menggunakan deterjen untuk membersihkan mobil, belum pernah lakukan servis teratur dan sebagainya ialah langkah merawatan mobil yang salah.

Pengetahuan tidak ada batasan, ada hal yang kita ketahui serta ada pula yang kita belum mengetahui. Tetapi bukan semua pengetahunan yang kita bisa itu benar 100 %. Misalnya ialah langkah menjaga mobil, beberapa orang masih keliru dalam menjaga mobilnya. Selanjutnya ialah 10 kekeliruan dalam menjaga mobil.

Menjaga mobil periodik agar mobil masih awet

  • Bersihkan kulit jok dengan cairan spesial
    Tentulah semua pemilik ingin kulit jok mobil mengkilap jadi mereka memakai cairan spesial dalam perawatan. Tetapi kenyataannya, bahan yang terdapat dalam cairan itu dapat memunculkan berbau yang tidak enak, serta kulit jok juga jadi licin. Ini akan menggangu kegiatan pengemudi
  • Bersihkan embun kaca dengan tangan atau lap
    Bila kaca berembun pada pagi hari atau saat turun hujan beberapa orang langsung menggunakan tangan atau lap untuk membersihkannya. Namun hal yang lebih baik ialah hidupkan AC serta embun akan sendirinya hilang.
  • Hidupkan AC pada RPM tinggi
    Jangan menyalakan AC saat mobil tengah meluncur serta Rotation Per Minute (RPM) tinggi. Cara tersebut untuk hindari gesekan yang begitu keras di antara pulley serta pressure plate pada kompresor AC, serta kerja mesin lebih berat.
  • Memakai pembersih kaca di kaca belakang
    Akibatnya karena tindakan itu akan mengakibatkan kerusakan kabel pemanas defogger kacakan belakang atau antena. Lebih baik itu pakai kain basah dengan air hangat untuk menyeka kaca belakang sampai bersih. Membersihkan dengan menyeka mengarah paralel ke kabel.
  • Membersihkan lantai kabin dengan air
    Mengakibatkan ialah skema audio dapat rusak jika air tentang elemen kelistrikan. Kemungkingan paling fatal ialah body bawah mobil dapat berkarat. Yang paling baik itu pakai lap lembab untuk bersihkan lantai kendaraan.
  • Menggunakan deterjen untuk membersihkan mobil
    Kesemua orang fikir jika membersihkan mobil dengan deterjen membuat body mobil akan makin kinclong. Namun bahan yang terdapat dalam deterjen itu bisa mengakibatkan kerusakan warna exterior, jadi pakai shampoo spesial untuk body mobil saja agar warna eksteriornya tidak luntur.
  • Mobil berkompresi tinggi memakai BBM Oktan 88
    Jika kompresi yang dibuat mesin tambah tinggi (rasio kompresi 11 : 1 keatas) pasti harus memakai BBM beroktan minimum 90. BBM yang tidak pas bisa mengakibatkan keausan pada dudukan serta kepala katup, banyak kerak karbon pada kepala serta dudukan katup. Mesinnya rusak dalam periode waktu singkat.
  • Belum pernah lakukan servis teratur serta cuma ubah oli saja
    Ada banyak pemilik mobil cuma lakukan perubahan oli mobil, persneling serta gardan, ingat-ingatlah cara barusan berbeda dengan servis teratur untuk mendesak budjet. Itu pengetahuan yang salah sebab mesin akan makin maksimal bila jadi perhatian seluruhnya. Dengan demikian mobil masih nyaman dan bagus saat dipakai.
  • Balancing & Spooring Sekedarnya
    Lakukan balancing & spooring seolah-olah masih jarang-jarang dilaksanakan oleh tiap pemilik mobil. Umumnya kegiatan itu cuma dilaksanakan di saat dibutuhkan atau waktu mobil ada keluhan. Seharusnya kerjakan balancing serta spooring tiap 10. 000 atau 20. 000 km. Balancing & Spooring dapat juga mendesak mengonsumsi BBM lebih rendah, ban juga lebih lama gundul.
  • Hidupkan mesin pada pagi hari sekalian mencapai gas
    Jangan mencapai pedal gas saat hidupkan mesin pada pagi hari. Bila seringkali dilaksanakan ini akan memunculkan dampak yang tidak baik pada kendaraan Soalnya pelumas belum seluruhnya melumuri mesin waktu mesin baru dihidupkan. Gesekan yang mendadak tanpa ada oli ini dapat memendekkan umur mesin.

Berikut Ialah Langkah Menjaga Ban Mobil Yang Baik :

Seperti yang kita ketahui ban mobil ialah elemen yang penting dalam mobil sebab dipakai untuk kaki-kaki mobil. Menjaga ban mobil memang satu kewajiban buat pemiliknya sebab ban adalah elemen penting serta benar-benar punya pengaruh dalam berkendara. Meskipun ban mobil mempunyai waktu kadaluarsa, ini tak perlu dicemaskan jika Anda dapat merawatnya secara baik.
Ban mainkan fungsi penting dalam tentukan keselamatan berkendara. Oleh karenanya menjaga ban mobil memang salah satu kewajiban buat penggunanya. Ada cara-cara menjaga ban mobil supaya ban masih dapat berperan dengan optimal serta awet. Ingin tahu triknya, mari ikuti beberapa tips menjaga ban mobil berikut ini!

Menjaga ban mobil dengan cara teratur

  • Mengecek ban mobil serta mengecek desakan udara ban
    Langkah pertama untuk menjaga ban mobil ialah mengecek desakan udara ban Anda dengan cara periodik. Desakan udara ban punya pengaruh besar pada usia ban. Desakan ban yang begitu kecil akan membuat ban Anda cepat rusak, sedang jika desakan ban mobil Anda begitu keras akan membuat ban gampang robek dan membahayakan keselamatan Anda. Bila terserang gesekan panas sering ban mobil bisa meledak. Jadi periksalah ban serta check desakan anginnya (termasuk juga ban cadangan) tiap dua minggu. Desakan ban mobil harus sesuai keadaan perjalanan Anda supaya masih nyaman sepanjang perjalanan. Ingat-ingatlah, cuma check ban Anda di saat dingin, bukan di saat masih hangat atau sesudah mobil berjalan.
  • Jauhi beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada ban
    Jauhi beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada ban seperti menabrak trotoar, melalui lubang di jalan dengan kecepatan tinggi, dan lain-lain.
  • Bila ban rusak, selekasnya menangani
    Bila Anda temukan kerusakan pada ban, selekasnya periksakan keadaan ban serta bicara dengan profesional servis ban agar mereka akan melakukan perbaikan.

Bila ada kerusakan pada ban, selekasnya melakukan perbaikan

  • Jangan mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi
    Jangan mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi atau mungkin dengan waktu muatan berlebihan sebab ini dapat menyebabkan kerusakan fatal pada ban.
  • Lihat telapak ban
    Lihat kedalaman jalur pada telapak ban. Unsur yang perlu ialah kedalaman jalur telapak ban yang minimum háu sampai 1. 6 mm.

Itu beberapa panduan menjaga ban mobil yang bisa Anda aplikasikan pada ban mobil Anda. Coba lakukan beberapa cara di atas dengan cara teratur hingga ban mobil Anda masih awet serta terlepas dari kecelakaan fatal yang bikin rugi Anda di masa datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *