perpanjangan sim online di jakarta

Perpanjangan SIM Online di Jakarta

Posted on

Perpanjangan SIM Online di Jakarta – Layanan SIM di Indonesia sekarang dapat dilakukan¬† “via online “. Semua data pemilik SIM direncanakan untuk dihubungkan secara online di seluruh Indonesia, sehingga dapat diakses di mana saja di Indonesia.

Sistem online yang 3 tahun ini diperkenalkan untuk layanan SIM baru ataupun untuk perpanjangan SIM. Namun, itu adalah berita menggembirakan bagi semua orang Indonesia, terutama mereka yang bertempat tinggal tidak sesuai domisili KTP.

Karena dengan berlakunya SIM online yang mulai dinikmati 3 tahun lalu, ini berarti bahwa pemilik SIM yang tinggal di luar domisili aslinya (domisili KTP) atau kebetulan berada di luar kota ketika SIM mereka kadaluarsa sekarang tidak lagi harus melakukan pembaharuan di domisili aslinya menurut E-KTP yang bersangkutan.

Tapi Anda bisa mengurus perpanjangan SIM di mana-mana. Layanan perpanjangan SIM ini juga terintegrasi dengan E-KTP, sehingga data pemohon di-kroscek dapat melalui komputer yang telah sesuai dengan database Kementerian dalam negeri E-KTP (KEMENDAGRI) dan data Korlantas Polri, sehingga tidak akan ada data ganda.

Waktu perpanjangan SIM Online

Perpanjangan SIM lewat online dapat dilakukan dari 14 (empat belas) hari atau 2 (dua) minggu sebelum masa berlaku SIM berakhir. Sementara periode perpanjangan SIM adalah 3 (tiga) bulan setelah berakhirnya masa berlakunya SIM. Setelah Anda melampaui tenggat waktu, SIM Anda tidak akan bisa dipeIDRanjang lagi dan Anda harus membuat kartu SIM baru.

Lokasi Layanan perpanjangan SIM Online

Sebelum menerapkan persyaratan perpanjangan SIM secara online, ada beberapa alternatif tempat untuk keperluan perpanjangan SIM, yaitu:

1. Kantor SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM)

Satpas SIM terintegrasi secara online:

  • Polrestabes Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar.
  • Polrestro Jakarta Timur dan Bekasi, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat.
  • POLRESTA Palembang, Denpasar, Bandar Lampung, Ambon, Jayapura, Tangerang, Depok (Margonda), Depok (Fresh Market), Ternate, Pontianak, Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Bengkulu, Jambi, Banjarmasin, Mamuju, Kendar
  • Polres Serang, Tangerang (Tigaraksa), Kabupaten Tangerang, Bulungan, Bekasi, Palangkaraya, Sleman, Kupang, Mataram, Manokwari.
  • Satpas SIM Polda Metro Jaya.
  • Gerai layanan SIM keliling.

Saat ini SIM online hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C. Untuk gerai SIM keliling memiliki waktu dan tempat mangkal yang berubah-ubah tiap hari.

Untuk wilayah Jakarta, informasi tentang waktu dan lokasi Gerai SIM keliling dapat diperoleh melalui SMS di 1717, Metro Jaya FM 107,8 MHz radio, atau situs polisi. Waktu layanan adalah antara 08:00-12:00 WIB.

Untuk wilayah Depok, informasi bisa didapat dengan Anda menghubungi polisi Depok.

2. Booth atau Gerai Pelayanan SIM

Gerai SIM ini tersedia di tempat-tempat ramai yang gampang diakses di seluruh Nusantara, seperti Mall-mall. Layanan perpanjangan SIM di gerai SIM juga melakukan pelayanan pada hari Sabtu, beberapa bahkan pada hari Minggu tetap buka. Jam buka mulai dari:

Senin-Jumat: 08:00-14:00

Sabtu: 08:00-11:00

Bagi kaum perantauan, jika waktu perpanjangan SIM telah melewati periode tiga bulan setelah periode SIM berakhir, Anda harus memastikan perpanjangan SIM di unit administrasi SIM atau satpas (untuk Satpas SIM Polda Metro Jaya yang terletak di Jl. Daan Mogot km. 11, Jakarta Barat) untuk pembuatan SIM baru.

Biaya perpanjangan SIM Online

Daftar Tarif Perpanjangan SIM Online adalah sebagai berikut:

  • SIM A: IDR 80.000
  • KARTU SIM B1: IDR 80.000
  • SIM B2: IDR 80.000
  • SIM C: IDR 75.000
  • Kartu SIM C1: IDR 75.000
  • SIM C2: IDR 75.000
  • SIM D: IDR 30.000
  • KARTU SIM D1: IDR 30.000
  • SIM internasional: IDR 225.000

Biaya tambahan:

Asuransi: IDR 30.000

Sekarang, kapan kalian akan melakukan perpanjangan SIM Online ? simak artikel lainnya di blog INI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *