Objek Wisata Menarik Di Negara Siprus

Posted on

Siprus atau Cyprus adalah sebuah negara pulau yang terletak di ujung timur laut Mediterania dan beribukota di Nikosia. Negara kecil ini selama berabad-abad menjadi rebutan berbagai kerajaan besar yang berkuasa di bagian timur Mediterania. Posisinya yang sangat strategis membuat banyak bangsa dari Romawi hingga Inggris saling bersaing di masa lalu untuk menguasai Siprus.

Setelah merdeka dan menjadi negara berdaulat, orang-orang masih tetap datang ke Siprus namun dengan tujuan yang berbeda. Orang-orang tersebut datang ke Siprus untuk menikmati berbagai pariwisata menarik yang ada di negara pulau tersebut. Dengan beragam wisata yang menarik baik wisata alam maupun wisata sejarah membuat orang-orang dari berbagai negara berkunjung ke negara Siprus.

Berikut adalah beberapa objek wisata menarik yang ada di negara Siprus yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara:

Museum Siprus

Museum Siprus merupakan museum nasional yang berada di ibukota Nikosia yang memiliki koleksi terlengkap tentang sejarah Siprus. Disini pengunjung akan dibawa menyusuri sejarah Siprus dari zaman Neolitikum hingga masa Kekaisaran Ottoman dengan berbagai artefak dari tiap periode. Salah satu artefak terkenal disini adalah koleksi patung terakota yang berasal dari abad ke 7 Sebelum Masehi.

Pantai Nissi

Pantai Nissi yang terletak di kawasan resor Ayia Napa yang berada di sebelah selatan Pulau Siprus. Pantainya terdiri dari hamparan pasir putih sepanjang 500 meter yang berada di tepi laut berwarna pirus yang indah. Air lautnya sangat dangkal di tepian pantai dan cukup tenang sehingga cocok untuk liburan keluarga dengan anak kecil.

Tanjung Greco

Tanjung Greco berada di sebelah tenggara negara Siprus yang lokasinya ada di bagian ujung selatan dari teluk Famagusta. Selain itu, Tanjung Greco juga merupakan sebuah taman nasional yang indah dan memiliki jalur pejalan kaki bagi para turis. Kawasan ini memiliki banyak flora endemik seperti bunga anggrek liar Siprus yang mekar setiap awal musim semi.

Kyrenia/Girne

Kyrenia atau Girne dikenal sebagai sebuah kota pelabuhan yang indah dengan karakteristik budaya Ottoman di Siprus Utara. Di kota ini terdapat Kastil Kyrenia yang megah dan merupakan landmark terkenal dari kota Kyrenia dengan bentengnya yang menakjubkan. Kota ini adalah tempat yang tepat untuk berjalan-jalan dan menikmati suasana kota dengan deretan cafe yang menghadap ke pelabuhan.

Pegunungan Troodos

Pegunungan Troodos di wilayah tengah Siprus merupakan rangkaian pegunungan terbesar di negara tersebut dengan puncaknya adalah Gunung Olympus. Area ini memiliki berbagai pemandangan menakjubkan serta berbagai desa yang unik di sebelah tenggara area pegunungan Troodos. Rumah tradisional di beberapa desa disana terbuat dari batu dengan berbagai lorong yang juga terbuat dari batu.

Kastil St. Hilarion

Kastil St. Hilarion disebut-sebut sebagai salah satu reruntuhan kastil terindah yang merupakan bekas benteng tua Pasukan Crusader. Disamping itu, kastil ini dikenal dengan berbagai legenda dimana salah satunya adalah tentang seorang ratu peri yang membantu para penggembala. Pada bagian puncak kastil Saint Hilarion ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan Pulau Siprus dari ketinggian.

Situs Arkeologi Kourion

Situs Arkeologi Kourion merupakan kompleks reruntuhan kota kuno Kourion atau Curium di sebelah barat daya Pulau Siprus. Reruntuhan ini sangat besar dan luas dengan beberapa bagian yang terkenal seperti House of Eustolios yang memiliki kepingan mozaik indah. Ada juga basilika era Byzantium yang sangat indah dengan lantai yang dipenuhi sisa-sisa mozaik yang masih utuh.

Beragam tempat wisata di kota Siprus tersebut menarik minat wisatawan mancanegara untuk berlibur disana. Banyak diantara wisatawan tersebut menggunakan beragam paket wisata Asia dari berbagai agen wisata dengan harga yang menarik. Dengan paket wisata tersebut, para turis bisa lebih nyaman menikmati liburan di Siprus dengan fasilitas yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *