Kesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Mendesain Sablon Kaos di Photoshop

Kesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Mendesain Sablon Kaos dengan Photoshop

Posted on

Semua desainer grafis yang biasa mengerjakan gambar sablon kaos pasti pernah telah membuat kesalahan seperti ini di masa lalu. Meski beberapa kesalahan ini sangat umum, yang mungkin akan terulang lagi berkali-kali bagi beberapa orang. Kami ingin membaginya, mungkin bahkan membantu seseorang menghindari membuat kesalahan yang sama yang kami lakukan.

Berikut hal-hal yang tidak ingin Anda lakukan ketika menggunakan Photoshop.

1. Penggunaan Filter Yang Buruk

Hal ini tidak menyenangkan dan pasti akan membuat pekerjaan Anda terlihat amatir. Jangan pernah berpikir bahwa filter dapat membuat pekerjaan Anda terlihat lebih baik hanya karena Anda dapat menggunakannya dengan mudah.

2. Hanya Memakai Satu Layer

Ini adalah bekerja hanya jika Anda seorang master seniman lukis tradisional yang sangat terlatih. Anda akan memiliki momen ketika Anda melihat bagaimana harus memperbaiki kesalahan tanpa memakan waktu. Ketika Anda memakai banyak layer, pekerjaan desain kaos akan lebih mudah. Selalu pisahkan aspek berbeda menjadi beberapa layer. Anda akan merasakan lebih efektif.

3. Menyimpan Proyek Pada Momen Terburuk

Ngomong-ngomong tentang bekerja pada satu layer, katakanlah Anda menggabungkan banyak layer menjadi satu layer untuk memindahkan gambar yang dihasilkan ke proyek lain. Dan Anda menekan kombinasi tombol Ctrl + S. Ya, Anda baru saja mendapatkan satu layer dan semua layer lain Anda hilang. Tentu, ada fungsi Undo, tetapi jika Anda tidak segera memperhatikan, kesalahan ini akan menjadi menyebalkan jika telat disadari kemudian!

4. Mewarnai di Luar Garis

Kecuali jika Anda sengaja mencoba untuk mendapatkan efek di luar garis, kesalahan ini terlihat ceroboh dan malas. Ingat ketika Anda masih kecil dan Anda harus mewarnai buku warna? Yah, tidak banyak yang berubah bukan? Mungkin sepertinya Anda masih membutuhkan pelatihan lagi. Jangan dulu membuat desain sablon kaos jika mewarnai di Photoshop saja belum bisa dilakukan dengan benar.

5. Workspace Anda Berantakan

Tentu, Photoshop memiliki banyak opsi dan cara untuk menyesuaikan workspace dari menu View. Anda juga dapat menarik dan melepas tab di layar kerja. Tapi hal yang harus selalu diingat adalah memperhatikan apa yang Anda lakukan. Jika Anda menyembunyikan beberapa tools yang sering digunakan dan Anda tidak tahu persis nama tab tersebut, yang ada malah berantakan. Jika sampai tahap ini yang dapat Anda lakukan hanyalah mereset workspace. Tidak ada yang menghalangi alur kerja Anda selain mencoba membenahi workspace agar tampak seperti semula.

6. Menggunakan Resolusi Rendah

Ini menjadi mimpi buruk ketika Anda memutuskan untuk menambahkan beberapa detail dan Anda melihat brush 1px yang dipakai meninggalkan goresan tebal yang sangat jelek dilihat. Jika pekerjaan Anda adalah desain sablon kaos yang harus siap cetak, Anda harus bekerja pada resolusi tinggi dan setidaknya 200 dpi.

7. Menggunakan Efek Emboss Pada Teks

Teks yang memiliki beberapa efek bawaan software seperti emboss dalam banyak kasus terlihat sangat amatir dan tidak profesional. Lebih baik hindari menggunakan efek standar seperti ini.

8. Tidak Menerapkan Kontras Yang Cukup Pada Palet Warna

Yang ini sebenarnya lebih kepada kesalahan dalam desain pewarnaan daripada kesalahan Photoshop. Dan kami mengatakan bahwa warna bahan yang berbeda dalam suatu desain sablon harus berbeda untuk membuat elemen-elemen pada gambar mudah dibedakan. Kecuali jika karya kaos sablon Anda membutuhkan hal-hal yang memang menyatu satu sama lain.

9. Menggunakan Smudge

Anda perlu banyak bereksperimen dengan alat ini untuk mendapatkan hasil yang layak dicetak dalam sablon. Jika tidak begitu, semuanya akan terlihat buram di semua tempat yang salah. Desain jelek dan hasil cetak juga jelek. Lebih baik jangan main api.

10. Bergantung Pada Plug-In

Ini terkesan malas dan mau ambil cepatnya saja. Dalam kebanyakan kasus Anda akan berkompromi: jadi cepat hasil jelek atau jadi agak lama tapi hasil bagus. Seperti halnya setiap aspek lain dari Photoshop, latihan membuat pekerjaan Anda lebih sempurna. Jadi meskipun plugin memang mudah, itu bukan solusi untuk semuanya. Anda mungkin bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan dari sebuah plugin. Tapi tetap jangan malas!

Anda dapat melihat hasil desain kaos dari sablon kaos semarang. Karya mereka cukup ciamik untuk ditumpahkan ke atas kaos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *