Alternatif Pengganti Kantong Kresek

Posted on

Hai kawan apa kabr kalan,kali ini saya mau membahas tentang alternatif penganti kantong kresek.

Selain berbelanja, kita sebenarnya masih bergantung pada kantong plastik untuk keperluan lain, untuk menampung sampah, menyimpan sisa makanan, dan mengemas makanan dan minuman. Gantikan kantong plastik dengan menggunakan produk ramah lingkungan.
Maka dari itu, yuk mulai lebih mencintai dan merawat bumi dengan menggunakan plastik dan beralih ke produk lain yang lebih ramah lingkungan!

Berikuk 4 aternatif penggani kantong kresek

 

1. Kantong Singkong, Kantong Singkong Untuk Mengganti Kantong Plastik.
Plastik ini terlihat sangat mirip dengan kantong plastik, tetapi memiliki tekstur yang lebih lembut dan lembut. Kantong singkong terbuat dari resin alami yang terdiri dari 98 persen tepung tapioka, 1 persen minyak nabati, dan 1 persen biopolimer alami yang dapat terurai secara alami dan dapat dikonsumsi oleh mikroorganisme di dalam tanah.
Kantong singkong bisa menjadi alternatif kantong plastik yang lebih ramah lingkungan. Saat ini banyak sekali masyarakat yang menjual karung singkong dengan berbagai ukuran. Harga mulai dari Rp 2.500 per potong.

2. Tas Kanvas, Untuk Belanja Makanan.
Anda harus memiliki minimal satu tas kanvas di rumah, bukan? Tas kanvas atau lebih akrabnya tote bag ini merupakan alternatif yang paling mudah dan stylish dari yang disebut dengan kantong plastik. Kini banyak yang menjual tas kanvas dengan desain yang bagus, sehingga Anda bisa tampil lebih keren saat berbelanja di supermarket atau pasar. Selain itu, banyak acara atau seminar yang menyediakan goodie bag berbahan kanvas yang bisa Anda gunakan berulang kali. Beberapa bahan tas kanvas antara lain; belacu, ripstop, marsoto, dan terpal. Tas kanvas berbahan calico paling tipis dan tidak terlalu kuat untuk membawa beban berat. Padahal, tas kanvas dari bahan terpal sangat tebal dan tahan air sehingga awet bagi pemakainya.
Idealnya, tas kanvas ini bisa Anda gunakan sebagai kantong plastik saat berbelanja kebutuhan rumah tangga, buku, makanan, atau barang lain yang kering atau dikemas rapat.

3. Tas berbahan jaring kapas, sebagai pengganti kantong plastik tempat belanja sayur dan buah.

Setiap kita pergi berbelanja sayur atau buah di supermarket pasti harus menimbang buahnya terlebih dahulu, bukan? Biasanya supermarket hanya menyediakan kantong plastik bening sekali pakai untuk membungkus buah atau sayur sebelum menimbangnya. Nah, mulai sekarang kita bisa membiasakannya dengan membawa tas jaring atau memproduksi tas yang terbuat dari bahan katun. Kalau kotor atau rusak, jaring kapas ini bisa dipakai dan bisa dipakai berulang kali, lho.
Harga satu set tas cotton mesh untuk belanja sayur dan buah mulai dari Rp 130.000 yang terdiri dari tiga variasi tas kecil, sedang, dan besar. Pilih saja sesuai kebutuhan Anda!

4. Tas karung goni sebagai juru kantung plastik untuk belanja kebutuhan bulanan

Karung goni bisa kamu jadikan sebagai andalan saat ingin belanja bulanan yang banyak banget. Selain itu, serat juga bisa didaur ulang.
Tidak hanya penggunaannya yang ramah lingkungan. Proses budidaya rami atau goni juga sangat ramah lingkungan lho. Tanaman rami bisa ditanam tanpa perlu menggunakan pestisida atau pupuk. Jika perlu, hanya sedikit. Goni juga bisa dipanen setiap 6 bulan sehingga sangat efisien dan tidak membutuhkan banyak lahan sehingga harus melakukan perambahan di hutan. Menjaga lingkungan yang ramah, saat ini sejumlah resort telah menyediakan tas goni yang bisa dipakai para tamu selama menginap.
Harga karung goni bervariasi, tergantung ukuran dan motifnya, tapi kamu juga bisa membelinya mulai dari Rp 30.000.

Nah itu kawanalternatif penganti kantong kresek,semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.Bila ada kurang dan lebihnya mohon maaf.terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *