Bahaya Gigitan Kutu Kasur

Bahaya Gigitan Kutu Kasur Lengkap dengan Cara Penanganannya

Posted on

Pada dasarnya akibat dari gigitan kutu kasur ini tidaklah seserius yang kebanyakan orang bayangkan. Meskipun demikian, Anda jangan sampai menyepelekannya. Pasalnya pada kasus tertentu, gigitan dari kutu kasur ini bisa menimbulkan efek kesehatan yang serius.

Kutu kasur juga sering dikenal dengan nama bedbugs. Kutu kasur sendiri merupakan jenis serangga kecil yang hidupnya dengan cara mengisap darah. Habitat utama hewan ini adalah di sekitar tempat tidur.

Sekarang yang harus diketahui adalah seberapa besar bahaya digigit kutu kasur ini? Kemudian apakah perlu tindakan medis? Lalu apa akibat paling serius yang diamali seseorang karena gigitan dari kutu kasur ini?

baca juga: laundry sofa bandung

Bahaya Digigit Kutu Kasur

Bentol adalah reaksi paling umum yang ditimbulkan akibat digigit oleh kutu kasur. Bentol tersebut umumnya disertai juga dengan rasa gatal yang cukup intens. Sehingga bawaannya ingin terus menggaruknya.

Meskipun demikian, ada sangat dianjurkan untuk tidak menggaruknya. Sebab jika ini terus dilakukan dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi kulit. Bentol akibat digigit kutu kasur ini umumnya akan hilang dengan sendirinya.

Tetapi pada beberapa kasus, ada yang sampai mengalami bercak kemerahan. Bahkan ada juga yang mengalami bentol berair. Namun yang jelas, sebagian besar orang yang pernah terkena gigitan kutu kasur tidak mengalami reaksi alergi apa-apa.

baca juga laundry springbed bandung

Efek Digigit Kutu Kasur yang Butuh Penanganan Medis

Pada banyak kasus, akibat gigitan dari kutu kasur ini tidak memerlukan tindakan medis. Tetapi ada beberapa kasus tertentu yang sampai membutuhkan tindakan medis. Pasalnya akibat dari gigitan tersebut sampai menimbulkan reaksi alergi atau reaksi kulit yang cukup parah.

Nah, gejala alergi parah yang ditimbulkan oleh gigitan dari kutu kasur ini seringnya ditandai dengan gatal-gatal parah, pembengkakan pada wajah, bengkak pada mulut dan tenggorokan, kesulitan menelan, kesulitan bernapas, hingga sakit perut.

Nah, jika Anda mengalami beberapa gejala seperti itu, sangat dianjurkan untuk segera pergi ke dokter. Agar supaya sesegera mungkin ditangani secara tepat. Jika tidak dikhawatirkan akan memicu permasalahan kesehatan baru lainnya.

Cara Sederhana Mengatasi Gigitan dari Kutu Kasur

Agar akibat gigitan kutu kasur tidak semakin parah, sebenarnya ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan sendiri. Nah, tindakan tersebut diantaranya seperti:

  1. Setelah Anda memastikan jika bentol pada kulit Anda akibat digigit kutu kasur, maka langsung sana bersihkan dengan menggunakan air hangat dan sabun. Setelah itu kompres dengan handuk yang sebelumnya sudah dicelupkan air dingin atau es.
  2. Setelah itu jangan lupa untuk mengoleskan krim anti- Misalnya saja seperti hydrocortisone, calamine, antihistamin, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa tindakan awal yang bisa Anda lakukan ketika digigit oleh kutu kasur. Intinya secara keseluruhan tidak perlu tindakan medis untuk Anda yang digigit kutu kasur. Namun jika akibat gigitan kutu kasur mengarah ke gejala alergi parah maka sebaiknya langsung bawa ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *