Biaya Aqiqah Anak Perempuan 2020

Posted on

Biaya Aqiqah Anak Perempuan 2020

Dalam pelaksanaan aqiqah anak perempuan atau laki-laki tidak begitu memiliki perbedaan yang cukup banyak, hanya saja pada jumlah hewan yang digunakan. Jika perempuan membutuhkan satu ekor kambing saja, maka laki-laki haruslah dua ekor kambing atau hewan aqiqah lainnya. Begitupun dengan biaya aqiqah anak perempuan 2020 yang tentunya berbeda.

Syarat dan Biaya Aqiqah Anak Perempuan 2020

Aqiqah merupakan salah satu ibadah bagi para umat muslim serta ungkapan rasa syukur atas kelahiran sang buah hati. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaanya tidak boleh sembarang, ada ketentuan-ketentuan yang harus diikuti termasuk dalam pemilihan hewan. Berikut syarat-syaratnya.

1.     Cukup Umur

Apabila Anda memilih kambing sebagai hewan aqiqah, maka hal hal utama harus diperhatikan ialah memiliki umur  yang cukup. Kambing wajib sudah berusia minimal 1 tahun, tidak boleh kurang dari itu. Mau berjenis kelamin jantan ataupun betina.

Memiliki kondisi yang sehat secara jasmani rohani serta tidak cacat seperti buta total ataupun sebagian, pincang  dan penyakit lainnya. Selain itu, harus memiliki bobot berat, apabila kambing berbobot kurus maka dilarang untuk disembelih. Untuk biayanya memang cukup bervariasi.

2.     Jumlah Hewan

Jumlah kambing yang digunakan untuk pelaksanaan aqiqah bergantung pada jenis kelamin sang anak. Apabila untuk anak laki-laki, maka kambing berjumlah dua ekor, jika aqiqah anak perempuan cukup satu ekor kambing saja. Hal ini juga akan berpengaruh pada biaya masing-masing.

Namun para ulama memberi pernyataan bahwa, apabila kedua orang tua dari sang anak benar-benar  tidak memiliki kemampuan secara finansial maka diberi keringanan yaitu diperbolehkan untuk menyembelih kambing satu ekor saja.

3.     Dimasak Terlebih Dahulu

Hal ini merupakan sesuatu yang membedakan antara aqiqah dan qurban, dimana pada aqiqah daging harus dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan, sedangkan sebaliknya untuk kurban. Agar lebih efektif, proses ini bisa memakai  jasa aqiqah Bekasi atau agen lainnya sesuai dengan domisili Anda.

Selain itu, ada tata cara dalam pembagian hewan aqiqah haruslah mengutamakan kerabat-kerabat dekat dari rumah, seperti tetangga atau saudara. Dan bagi yang melaksanakan aqiqah disunnahkan untuk mengonsumsi daging tersebut.

Itulah tadi pembahasan mengenai biaya aqiqah anak perempuan serta syarat-syarat dan ketentuan dalam memilih hewan aqiqah. Pastikan secara detail, karena pelaksanaan aqiqah bukanlah kegiatan sembarang.