Biaya Service AC Mobil

Posted on

Service AC berperan amat mutlak terhadap kenyamanan sebuah mobil. Pasalnya AC bertugas untuk mengalirkan hawa segar lewat berbagai komponen yang ada didalamnya.

Nah bila salah satu komponen mengalami kerusakan, maka kinerjanya dapat kurang maksimal. Masalah yang ditimbulkan juga beragam, layaknya AC kurang dingin sampai mengeluarkan bau tak sedap yang otomatis dapat mengurangi kenyamanan kita dalam mengendarai mobil.

Demi merawat kenyamanan berkendara, tentu kita perlu langsung memperbaiki AC mobil yang rusak. Sayangnya proses perbaikan AC mobil memadai sulit, dan perlu dijalankan oleh ahli yang udah mengerti seluk belum dari setiap komponen AC mobil. Yah, AC mobil terdiri dari berbagai komponen terpisah yang bekerja secara bersamaan untuk membuahkan hawa dingin ke dalam kabin mobil. Jadi bila ada satu komponen yang rusak, maka kinerja komponen lainnya dapat terganggu.

Demi merawat kenyamanan berkendara, tentu kita perlu langsung memperbaiki AC mobil yang rusak. Sayangnya proses perbaikan AC mobil memadai sulit, dan perlu dijalankan oleh ahli yang udah mengerti seluk belum dari setiap komponen AC mobil. Yah, AC mobil terdiri dari berbagai komponen terpisah yang bekerja secara bersamaan untuk membuahkan hawa dingin ke dalam kabin mobil. Jadi bila ada satu komponen yang rusak, maka kinerja komponen lainnya dapat terganggu.

Memperbaiki AC mobil tentu ada biayanya. Biaya yang perlu dikeluarkan tergatung jenis rusaknya dan tingkat kesulitan. Apabila ada komponen yang perlu diganti, tentu biayanya dapat semakin mahal. Nah bagi yang belum tau apa saja komponen AC mobil, silahkan liat di bawah ini.

Untuk merawat semua komponen AC mobil di atas, kita perlu melalukan perawatan teratur agar terhindar dari kerusakan. Perawatan teratur sesungguhnya amat diperlukan, khususnya untuk membersihkan berbagai macam kotoran yang bila dibiarkan dapat mengundang jamur dan rusaknya komponen. Saran kami, lakukanlan service disaat mobil udah menempuh 10.000 sampai 20.000 km.

Yah, persoalan utama rusaknya AC mobil sesungguhnya sebab kurang perawatan. Apabila sedari awal dijalankan service rutin, maka kita yakin kinerjanya dapat tetap maksimal. Namun bila udah terlanjur, maka senang tak senang kita perlu berkunjung ke tukang service AC mobil untuk mengatasi rusaknya yang terjadi.

Nah yang jadi pertanyaan sekarang, berapakah ongkos service AC mobil ?

Seperti yang kita sampaikan di atas, ongkos service AC mobil terkait dari jenis kerusakannya. Setiap bengkel juga mengenakan tarif berbeda-beda, jadi paling tidak informasi yang kita sampaikan kali ini dapat jadi patokan bila masbro mengalami kejadian AC rusak.

1. Service AC Mobil Freon Cepat Habis

Kerusakan AC yang kerap berjalan adalah sebab persoalan freon AC mobil cepat habis. Solosinya adalah bersama menambal kebocoran dan juga ulang isikan freon. Adapun biayanya sebagai berikut.

Menambal Kebocoran : Rp. 100-400 Ribu
Mengisi Freon : Rp. 150-350 Ribu

2. Biaya Perbaikan AC Mobil Bau Tak Sedap

Masalah yang kerap berjalan terhadap pemilik mobil adalah AC mengeluarkan bau tak sedap. Penyebabnya bermacam-macam, dan untuk mengetahuinya silahkan liat informasi tersebut ini “Penyebab AC Bau“. Nah bila tak mendapatkan penyebabnya, maka masbro perlu berkunjung ke tukan service AC mobil untuk dijalankan pengecekan secara menyeluruh sampai ditemukan sumber baunya.

Lalu berapa ongkos service AC mobil tersebut ?

Melakukan Pengecekan : Rp. 200 Ribu
Melakukan Pembersihan AC : Rp. 100 Ribu

Biaya di atas cuma sebagai estimasi, dan biayanya dapat lebih tidak mahal atau lebih mahal. Namun bila ada rusaknya komponen, maka biayanya dapat membengkak. Selain itu, jangan lupa menentukan bengkel AC mobil yang udah berpengalaman, agar mengerti secara tentu rusaknya terhadap AC mobil yang kita miliki.

3. Biaya Perbaikan AC Mati

Kerusakan yang paling parah adalah AC tidak dapat bekerja dengan sebutan lain mati. Banyak segi yang menyebabkannya, layaknya rusaknya komponen terhadap anggota Evaporator, Kondensor, Receiver Dryer, sampai Kompresor.

Nah bila kompresor mengalami rusaknya dan perlu diganti, maka masbro perlu siap mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Pasalnya harga kompresor AC mobil dibanderol kurang lebih 1-3 Jutaan.

Harga kompresor AC mobil terkait jenis mobil yang menggunakannya. Sebagai contoh adalah kompresor untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dibanderol kurang lebih Rp. 1.2 Jutaan.

Dalam belanja kompresor AC mobil juga perlu hati-hati, sebab banyak produk palsu atau KW yang kualitasnya di bawah standar. Pastikan kompresor yang dibeli merupakan produk original cocok spesifikasi mobil yang kita miliki.

Penyebab AC mobil mati tak cuma berasal dari kompresor AC mobil yang rusak. Bisa saja komponen lainnya mengalami kerusakan.

Oleh sebab itulah, masbro perlu khususnya dahulu berharap pemberian ke bengkel Service AC mobil untuk dijalankan pengecekan. Adapun biayanya silahkan liat di bawah ini.

Biaya Pengecekan : Rp. 200.000
Penggantian Komponen : Rp. 300 Ribu sampai Rp. 3 Jutaan.

4. Biaya Service AC Mobil Sering Panas dan Tiba-Tiba Dingin

Sering kali AC mobil tak terus-menerus dalam menyemburkan hawa dingin ke kabin mobil. Biasanya perihal ini berjalan sebab rusaknya terhadap anggota magnetic clutch yang memicu AC mobil kadang dingin, kadang panas. Solusinya adalah bersama mengganti magnetic clutch yang butuh ongkos kurang lebih 300 Ribu sampai 500 Ribu. Namun dapat saja ongkos service AC mobil tersebut lebih mahal, sebab setiap jenis mobil punyai harga spare-part berbeda-beda.

5. Biaya Perbaikan Kondensor

Apa itu kondensor AC mobil? Menurut informasi yang kita dapatkan, kondensor bermanfaat untuk pengaruhi freon dalam bentuk gas jadi bentuk cair lewat satu proses kondensasi. Nah bila kondensor mengalami kerusakan, maka AC dapat jadi penyebab AC mobil tidak dingin.

Oleh sebab itulah kita perlu laksanakan perbaikan bersama estimasi ongkos kurang lebih 100 Ribu hinga 600 Ribu.

6. Biaya Penggantian Spare Part Kecil

Yang dimaksud spare-part kecil adalah komponen-komponen penunjang, layaknya seal, thrust bearing, soe, dan shaft seal. Penggantian komponen tersebut tak amat mahal, sebab berkisar antara 300 Ribu sampai 500 Ribu. Sebelum laksanakan penggantian, tentu perlu khususnya dahulu dijalankan pengecekan agar mengerti secara tentu sumber kerusakan. Nah ongkos pengecekan AC mobil rusak kurang lebih 100 Ribu – 200 Ribu.

7. Biaya Penggantian Piston Kompresor

Masalah rusaknya AC mobil lainnya adalah berasal dari piston kompresor yang mengalami kerusakan. Untuk mengganti komponen tersebut, kita perlu mengeluarkan ongkos kurang lebih 200 Ribu sampai 800 Ribu.

Estimasi ongkos service AC mobil yang serupa juga berlaku untuk tukar oli dan flushing yang sama-sama berperan mutlak untuk menopang kinerja AC dalam mengeluarkan hawa dingin ke kabin mobil.

Perlu kita ingatkan sekali lagi, bahwa ongkos service AC mobil di atas cuma sekedar estimasi. Biayanya dapat lebih mahal atau lebih murah, terkait tingkat rusaknya dan ongkos yang dikenakan tiap-tiap bengkel. Dalam menentukan bengkel AC mobil juga tak boleh sembarangan, sebab banyak sekali bengkel yang melalukan penipuan terhadap konsumennya.

Nah sebelum saat berkunjung ke bengkel AC mobil, pastikan masbro udah mengerti reputasinya. Sering kali ada bengkel yang mengenakan tarif gila-gilaan untuk service AC yang sepele. Juga perlu memperhatikan mutu spare-part yang diganti untuk menjauhkan spare-part abal-abal yang kualitasnya di bawah standar. Nah sekian informasi seputar estimasi ongkos service AC mobil yang kita sampaikan kali ini, semoga tips otomotif di atas bermanfaat dan dapat jadi bahan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *