Cara Agar Bunga Tidak Layu

Posted on

Seperti yang ada pada toko bunga 24 jam yang memiliki banyak bunga segar dan dapat bertahan lama, meskipun nantinya akan digunakan sebagai karangan bunga yang dikirim ke konsumen. Tanaman atau bunga cantik yang Anda beli sepulang kerja sudah layu setelah Anda tinggalkan beberapa saat di dalam vas berair? Tapi yang mungkin Anda tidak tahu bahwa bunga itu seperti zombie. Tidak benar-benar hidup, tidak benar-benar mati.

Dengan kondisi yang benar, bunga bisa bertahan mempercantik rumah Anda hingga seminggu sampai dua minggu. Bunga layu karena alasan sederhana: tidak ada air yang cukup yang diterima oleh bunga.

Jika Anda baru saja membeli bunga dan bunga tersebut sudah layu, kemungkinan air yang Anda sediakan tidak dapat masuk ke dalam batang. Anda tidak bisa menjaganya selalu segar tetapi jika bunga Anda layu secara prematur, berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Potong ulang batangnya

Seringkali masalahnya adalah bagian bawah batang bunga yang mengering sehingga bunga kesulitan menyerap air. Jadi gunakan pisau atau gunting yang tajam, dan potong bagian bawah batang secara diagonal untuk menyediakan permukaan yang lebar.

Dengan begini saat bunga berdiri di dalam vas, air tetap bisa masuk ke dalam batang dengan baik. Lebih baik lagi, belah bagian bawah batang sepanjang kira-kira 2cm.

Gunakan air hangat

Cara lain untuk ‘membuka’ batang untuk menyerap air yaitu dengan menggunakan air suam-suam kuku. Ada beberapa jenis bunga yang tidak bisa menerima air hangat dengan baik seperti tulip, tetapi kebanyakan bunga bisa menerima air hangat di dalam vas.

Air hangat bergerak naik lebih cepat di dalam batang dan membantu melancarkan berbagai halangan di dalam batang yang mengganggu proses penyerapan kelembapan.

Berikan sedikit life juice pada air

Biasanya penjual bunga atau toko tanaman menjual makanan bunga dalam bentuk kemasan, yang biasanya mereka sertakan pada pembungkus buket. Bubuk misterius ini sangatlah ajaib karena dapat memperpanjang segarnya bunga dan juga membangkitkan bunga layu.

Life juice DIY

Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan tiga bahan sederhana: gula, cairan acidic seperti perasan lemon, dan juga setetes pemutih.

Gula menyediakan makanan bagi bunga, acid menurunkan PH dari air yang membantu batang menyerap lebih cepat, pemutih. Walaupun terdengar mengerikan, mencegah perkembangan bakteri yang terbentuk lebih cepat karena air sudah mengandung gula.

Tapi tenang saja, sesendok teh pemutih pada air yang banyak tidak akan terlalu terkonsentrasi dan tidak akan merusak bunga Anda.

Menunggu

Bunga membutuhkan beberapa jam untuk meminum airnya dan kembali menjadi ceria seperti biasanya. Ulangi langkah-langkah di atas sesuai kebutuhan Anda, ganti air saat warnanya mulai kelabu.

Berapa lama bunga Anda bertahan tergantung pada beberapa faktor, seperti faktor genetik, berapa lama yang lalu sejak dipotong, temperatur rumah Anda, dan lainnya. Buat mereka tetap sejuk.

Anda mungkin sering melihat penjual bunga menggunakan kulkas untuk menyimpan bunga-bunganya. Hal ini membantu mengurangi proses rusaknya bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *