Cara Membuat Cireng ENAK Sederhana ala Rumahan

Posted on

Cara Membuat Cireng – Cireng merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari  kota bandung. Makanan ini biasanya dibuat dengan cara digoreng dan dibuat dari bahan dasar tepung tapioka dan tepung terigu. Nama makanan ini sangat terkenal dan digemari terutama di daerah sunda. Kemudian makanan ini memiliki berbagai macam rasa mulai dari rasa daging ayam molai, rasa sosis, rasa bakso, rasa keju dan masih banyak jenis rasa lainnya.

Manfaat Cireng bagi Kita

Mengontrol sirkulasi darah dan tekanan darah. Selain mengandung senyawa protein dan karbohidrat, cireng juga mengandung banyak kalium. Sedangkan kalium sendiri merupakan senyawa yang berguna untuk mengontrol sirkulasi dan tekanan darah. Selain itu, kandungan kalium pada makanan tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

Perkembangan otot. Hal ini dikarenakan kandungan protein pada makanan ini sangat tinggi sehingga dapat menjadi makanan sehat yang penting untuk kesehatan dan perkembangan otot anda.

Penambahan berat badan. Kandungan dalam cireng mengandung karbohidrat yang dapat menambah berat badan Anda. Oleh karena itu, bagi yang ingin menambah berat badan, konsumsilah makanan ini sebagai camilan sehari-hari, karena karbohidrat yang ada dalam makanan tersebut menyehatkan tubuh.

Memperkuat tulang. Cireng dikenal mengandung banyak kalsium, vitamin K, zat besi, dan serat di dalamnya, sehingga makanan ini baik untuk kesehatan tulang.

Meningkatkan energi tubuh. Selain kemampuannya untuk menguatkan tulang, makanan ini memiliki banyak manfaat lain, salah satunya adalah meningkatkan energi tubuh. Karbohidrat dalam makanan ini dapat meningkatkan energi tubuh Anda. Dapat dijadikan menu tambahan untuk menambah energi tubuh.

Kesehatan pencernaan. Bagi Anda yang sering menderita gangguan pencernaan seperti sembelit, perut kembung dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi cireng, anda sangat ahli dalam hal itu. Pasalnya, makanan tersebut tidak akan membebani sistem pencernaan Anda sehingga lambung akan aman dari berbagai jenis gangguan pencernaan.

Cara Membuat Cireng Enak Sederhana

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram pati
  • 50 gram tepung terigu
  • 2 batang seledri
  • Daun bawang (secukupnya)
  • Udara panas
  • 1 sendok teh perisa ayam
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • Garam secukupnya

Bagaimana Membuatnya

  1. Langkah pertama siapkan kurang lebih 250 gram pati.
  2. Siapkan juga kurang lebih 50 gram tepung terigu sebagai campuran tepung kanji yang akan dibuat cireng.
  3. Iris halus 2 batang daun bawang dan 2 batang seledri. Kedua bahan ini dijadikan campuran agar cireng terlihat lebih gurih dan gurih.
  4. 3 siung bawang putih (gunakan mesin pengupas bawang), haluskan.
  5. Air panas secukupnya agar adonan bisa terbentuk.
  6. 1 sendok teh penyedap rasa ayam
  7. 2 sendok teh merica bubuk
  8. Garam sebanyak 2 sendok teh. Jika Anda suka yang asin, Anda bisa menambahkan lebih banyak.
  9. Jika ingin membuat lebih banyak cireng, bisa ditambahkan dua kali lipat untuk tiap bahan sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Cireng Dengan Tambahan Sambal Agar Lebih Gurih

Cireng tiruan di atas bisa langsung dimakan. Namun bagi Anda yang suka pedas, tentunya ada yang kurang. Anda bisa menjadikan saus celup sebagai teman cireng sedap ini. cara membuat sambal celup sangat mudah yaitu:

  1. Didihkan sekitar 200 ml air.
  2. Setelah mendidih masukkan bahannya, yaitu air jeruk nipis, garam, irisan cabai, dan gula pasir. Bisa menggunakan gula pasir atau gula merah sesuai selera. Terus aduk sampai semua bahan tercampur dan tambahkan larutan maizena.
  3. Setelah semua bahan tercampur, tunggu hingga mendidih dan mengental. Setelah mengental, barulah Anda padamkan apinya.
  4. Kuahnya sudah siap dan Anda bisa menyajikannya dengan cireng yang sudah jadi. Cireng yang Anda buat pun semakin nikmat dengan saus celup yang pedas dan nikmat.

Nah itulah cara membuat cireng yang biasa kita coba dirumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Dan jika Ac Anda di rumah bermasalah bisa service ac rutin di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *