Cara membuat Kerupuk Dari Tepung beras

Posted on

Hay kawan apa kabar kalian,pada kesempatan kali ini saya mau menulas cara membuat kerupuk dari tepung beras dan manfaatnya.

Kerupuk  adalah makanan ringan yang terbuat  dari adonan tepung tapioka ialah menggunakan bahan dasar seperti udang atau ikan menjadi ciri khas rasanya

Proses kerupuk ini kukus adonan hingga matang dan dipotong tipis tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari hingga kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak agar kerupuk tidak keras.

kerupuk ini terkenal di lingkungan masyarakat Indonesia untuk lauk sajian serta sebagai jenis lomba makan utama pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang diikuti oleh masyarakat

Tepung terigu adalah tepung atau bubuk halus yang berasal dari bulir gandum, dan digunakan sebagai bahan dasar pembuat kue, mi dan roti. Kata terigu dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Portugis, trigo, yang berarti “gandum”.

Jenis Tepung Terigu

Setelah melihat cara membuat tepung terigu selanjutnya yaitu kita harus mengenali Jenis dari Tepung Terigu.

1. Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah merupakan jenis tepung terigu yang memiliki protein paling rendah. Kadar protein yang terkandung di dalamnya berkisar 6% sampai dengan 8%. Dibandingkan dengan tepung terigu lainnya, kadar gluten yang terkandung di dalamnya paling rendah.

2. Tepung Terigu Protein Sedang

Berbeda dengan tepung terigu protein sedang memiliki kadar protein berkisar 8% sampai dengan 11%. Tepung terigu ini biasa disebut tepung terigu serbaguna atau all-purpose flour. Ini karena penggunaannya yang fleksibel.

3. Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu ini memiliki kandungan protein yang paling tinggi, 11% sampai dengan 13%. Otomatis, kandungan glutennya pun paling tinggi. Oleh karena itu, cocok sekali untuk membuat adonan yang memerlukan tingkat elastisitas dan kekenyalan yang tinggi.

4. Tepung Self-Rising

Tepung self-rising merupakan tepung yang sudah diberikan pengembang dan garam. Sehingga ketika membuat adonan, kita tidak perlu lagi untuk menambahkan pengembang.

5. Tepung Gandum Utuh

Dalam tepung gandum utuh biasanya juga disebut dengan Whole-Meal Flour atau Whole-Wheat Flour. Tepung ini dibuat dengan menggiling biji gandum utuh, tanpa menghilangkan kulitnya. Sehingga tepung ini berwarna agak kecoklatan dan berstektur agak kasar.

6. Tepung Gluten Free

Tepung gluten free biasanya digunakan untuk pengganti tepung yang mengandung gluten yang bertingkat sesuai dengan kandungan proteinnya. Terbuat dari tepung yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian dan pati.

Resep Kerupuk Tepung Beras

Bahan-bahan:

3 sendok Terigu biasa
5 buah Cabe rawit merah dan hijau masing”
2 bungkus Merica bubuk saset
1/2 siung Bawang putih
3 butir Bawang merah
3 gelas Air
sesuai selera Garam,micin
Minyak untuk menumis bumbu
Bawang goreng/dari 7 siung bawang merah untuk toping

Cara Membuat Kerupuk Terigu Sangrai Pasir Sambal

Haluskan bawang,merah,cabe,dan bawang putih
Siapkan wajan panas beri minyak untuk menumis bumbu,tumis bumbu setengah matang,masukan air sedikit demi sedikit
Jika telah mendidih masukan garam micin terigu sambil di aduk hingga mengental terakhir buburi merica bubuk aduk rata terakhir taburi bawang goreng,jadi deh selamat mencoba

Sejarah  Kerupuk

Pengusaha Kerupuk Pertama dari Tasikmalaya Tahun 1930 salah satu pengusaha kerupuk pertama berasal dari Tasikmalaya bernama Sahidin dan Sukarma berjualan semenjak tahun 1930 di Jalan Kopo depan Rumah Sakit Emanuel Bandung menurut sejarawan kuliner Fadly Rahman kerupuk sudah ada di Pulau Jawa sejak abad ke-9 atau 10 yang tertulis di prasasti Batu Pura.

Di situ tertulis kerupuk rambak (kerupuk dari kulit sapi atau kerbau) yang sampai sekarang masih ada dan biasanya jadi salah satu bahan kuliner krecek kerupuk kulit dengan bahannya kulit ternak dibuat dengan cara sesudah lapisan selaput dibuang dan bulunya dihilangkan biasanya dengan jalan dibakar,

kulit digodog hingga empuk kemudian diiris-iris dan dijemur hingga kering,” tulis AG Pringgodigdo dalam Ensiklopedi Umum Pada perkembangannya, kerupuk juga menyebar ke berbagai wilayah pesisir Kalimantan, Sumatra, hingga Semenanjung Melayu Masyarakat Melayu di sana menjadikan kekayaan laut macam ikan hingga udang, menjadi kerupuk.

Manfaat Kerupuk bagi Kesehatan

  • Menyehatkan gigi
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Meningkatkan energi
  • Membantu meredakan rasa pedas di mulut
  • Menurunkan berat badan
  • Mengingkatkan massa otot
  • Mengatasi maag

Untuk pengemasan kerupuk bisa menggunakan alat pres plastik atau hand sealer.

Nah itu cara membuat kerupuk dari tepung beras,sekian dari saya bila ada kurang dan lebihnya mohon maaf .Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *