Cara Membuat Tahu Aci Pletok Khas Kota Tegal

Posted on

Tahu aci merupakan makanan khas yang berasal dari kota tegal. Cara membuat tahu aci pletok khas kota tegal sangat mudah sekali. Untuk bahan-bahanya anda bisa membelinya di pasar terdekat. Proses pembuatanya pun tidak terlalu ribet.

Tahu Aci

Resep Tahu Aci Khas Tegal Sederhana Enak dan Gurih – Berbagi Inspirasi

Tahu Aci terdiri dari tahu kuning berbentuk persegi panjang, yang kemudian dipotong menjadi dua. Kemudian dari bekas belahan diberi adonan pati atau aci, daun bawang cincang dan beberapa bumbu lainnya diberikan. Kita mungkin heran kenapa tahu aci banyak diminati oleh para penggemarnya. Apa rahasia yang membuat tahu aci enak? Ada beberapa unsur yang membuat rasa tahu aci enak, yaitu tahu kuning. Padahal, tahu kuning ini hanya dibuat di Kabupaten Tegal.

Yang membedakan tahu kuning khas Tegal dari daerah lain adalah di daerah lain tahu dan adonannya kurang melekat dengan baik. Jadi mudah untuk melepaskan diri. Lalu bagaimana cara menggorengnya. Gunakan banyak minyak goreng dengan menggunakan oven minyak dengan api besar. Sehingga wajan yang digunakan harus berukuran besar. Api besar ini membuat tahu lebih pulen. Terakhir, minyak goreng digunakan. Semakin sering digunakan untuk menggoreng tahu aci maka akan semakin enak dan enak tofu tersebut.

Tahu aci biasanya menjadi oleh-oleh yang paling digemari pengunjung khususnya para ibu-ibu. Rata-rata mereka membeli tahu aci yang masih mentah tapi sudah berisi adonan. Jadi tinggal menggoreng saja. Ada juga yang namanya tahu pletok, sebenarnya tahu aci yang sudah digoreng lalu dipotong-potong, tapi bagiannya tidak pecah dan digoreng lagi sampai agak kering.

Selain Tahu Pletok, ada juga yang namanya Tahu Upil. Berbeda dengan Tahu Aci dan Tahu Pletok. Tahu upil diketahui komposisinya lebih rendah dari pada aci. Terkadang hanya kulitnya. Makanya disebut Tahu Upil. Tahu upil biasa ditemukan di pasar malam dan penjual biasanya berjongkok sambil memegang dagangannya.

Saking populernya Tahu Aci, Pemerintah Kabupaten Tegal membuat patung Tahu Aci di perempatan Slawi Pos. Bagaimana? Apakah Anda ingin mencobanya? Saat berkunjung ke Kabupaten Tegal, sempatkan untuk berbelanja tahu aci sebagai oleh-oleh.

Keunikan Dari Tahu Aci

Kita mungkin heran kenapa tahu aci banyak diminati oleh para penggemarnya. Menurut hasil pengawasan dari InfoTegal dan staf nara sumber, Tahu Aci membuat masakan berikut ini enak:

  • Tahu kuning. Mengetahui hal tersebut, ternyata di kawasan Tegal sangat banyak. Di daerah lain, tahu dan adonan tidak lengket dengan baik. Jadi mudah untuk melepaskan diri.
  • Bagaimana cara menggorengnya. Gunakan banyak minyak goreng dengan menggunakan oven minyak dengan api besar. Sehingga wajan yang digunakan harus berukuran besar. Api besar ini membuat tahu mengembang.
  • Minyak goreng. Semakin sering digunakan untuk menggoreng aci-tofu, minyak gorengnya akan semakin nikmat

Tahu aci biasanya jadi oleh-oleh yang paling digemari para ibu. Rata-rata mereka membeli tahu aci yang masih mentah tapi sudah diberi adonan. Jadi tinggal menggoreng saja.

Cara Membuat Tahu Aci Pletok

Bahan-bahan:

  1. Ambil 10 buah Tahu Kuning (belah 2/segitiga)
  2. Ambil 10 sdm Tepung Tapioka (munjung)
  3. Gunakan 3 sdm Tep.Terigu
  4. Siapkan 1 sdt bawang putih bubuk
  5. Siapkan 1 sdt Lada bubuk
  6. Siapkan 1/2 sdt penyedap rasa (me.masako)
  7. Gunakan Seperlunya garam
  8. Gunakan Seperlunya daun bawang
  9. Gunakan Seperlunya air hangat (utk uleni)

Langkah-langkah Pembuatan Tahu:

  1. Tahu dipotong 2 bentuk segitiga, kerok/belah sedikit ditengahnya.
  2. Siapkan wadah, hasil kerokan tahu masukan bersamaan daun bawang, lada bubuk, bwng putih bubuk lalu aduk rata, dan tambahkan tepung tapioka,terigu.
  3. Setelah adonan tercampur tambahkan air hangat sedikit demi sedikit, dan uleni sampai kalis (adonan jangan lembek).
  4. Ambil tahu satu persatu, lalu masukan adonan ke tengah2 tahu sambil dipipihkan kesamping kanan kiri
  5. Tahu siap digoreng dengan api panas namun suhu kecil, supaya acinya matang sempurna
  6. Sajikan dengan sambal kecap irisan rawit hijau

Itulah cara membuat tahu aci pletok khas kota tegal.  Tahu Pletok adalah makanan khas Tegal yang sekarang sudah banyak dijajakan di berbagai daerah. Tahu Pletok ini terbuat dari tahu coklat yang dibelah menjadi dua, kemudian diisi dengan adonan aci atau cireng. Anda juga bisa membuatnya dengan menggunakan mesin penepung diskmill serbaguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *