Efek negatif dari komentar spam di blog

Posted on

Bagaimana jadi nya jika sobat setelah hampir semalaman menulis sebuah artikel dengan topic bagus , lalu ketika mendekati jam 1 malam tulisan tersebut baru saja rampung .

Dengan sedikit perasaan berbunga bunga , puas karena sudah mampu bikin tulisan berkualitas kamu mempublikasikan artikel tersebut , untuk lalu kemudian beranjak ke kasur untuk tidur .

Pagi hari disertai semangat 45 dikarenakan rasa optimis tinggi bahwa tulisan nya bakal mampu bersaing di page 1 google , anda berlalu ke kamar mandi untuk cuci muka sambil bersiul ria .

Pada saat itu lah ,s ekonyong konyong terdengar notifikasi denga nada cukup familiar di hand phone anda .

Yah , itu notifikasi email ….

Notifikasi apakah gerangan ?

Ternyata , Postingan Anda memanen banyak komentar. Anda begitu antusias untuk membaca semua komentar yang masuk.

Tiba-Tiba kegembiraan Anda sirna dan berganti dengan kekesalan. Mayoritas komentar yang masuk merupakan spam. Dan yang lebih parah lagi, keesokan harinya dan minggu depannya blog Anda masih terserang spam.

Efek negatif dari komentar spam di blog

Data tentang bahaya laten ( hehehe bahasa nya mbah ) dari komentar spam di bawah ini , merupakan data resmi dari google sendiri :

  1. Menyalahgunakan kotak komentar pada situs yang tidak bersalah adalah cara buruk dan berisiko dalam mendapatkan link menuju situs Anda. Jika Anda memilih untuk melakukannya, Anda menodai kerja keras orang lain dan menurunkan kualitas web, mengubah sumber informasi yang potensial menambah informasi menjadi  list of nonsense keyword.
  2. Spammer komentar sering mencoba meningkatkan rangking pencarian organik situs mereka dengan menciptakan inbound link yang meragukan menuju situs mereka. Google memahami tentang grafik link web, dan memiliki algoritma sebagai cara untuk menemukan perubahan tersebut dan menangani mereka. Bagian terbaiknya, link-link spammer yang membutuhkan waktu berjam-jam menanam link, link tersebut hanya berimbas sedikit, bahkan tidak berguna sama sekali karena Google sangat bagus mendevaluasi link jenis ini.

Simple nya, keberadaan komentar spam pada blog ini dapat berpengaruh terhadap reputasi blog di mata google. Ketika kamu biarkan komentar-komentar spam tersebut tanpa menghapus nya, maka jangan heran jika peringkat situs Anda ikut terkena dampak negatif.

Ada tiga dampak negatif lagi yang bisa Anda peroleh jika membiarkan komentar spam dan tidak segera mengatasinya :

  • Membuat Pengunjung Malas Berkomentar –Kotak komentar ada sebagai media diskusi atau tanya jawab antara pengunjung dan pemilik situs. Bukan untuk promosi dan menanamkan link. Jika komentar-komentar yang masuk hanya orang-orang yang berjualan obat atau hanya mengatakan “pertamax”, pengunjung yang membacanya akan langsung malas berdiskusi dengan Anda melalui kotak komentar.
  • Anda Kehilangan Kredibelitas – Situs yang dipenuhi komentar spam menunjukkan bahwa pemiliknya tidak serius mengelola situs. Orang-Orang tidak akan berpikir dua kali untuk segera meninggalkan situs Anda jika dipenuhi dengan komentar-komentar berkualitas rendah.
  • Anda Membahayakan Pengunjung Blog Anda – Beberapa spammer meninggalkan link menuju situs yang memiliki virus atau malware. Seandainya ada pengunjung yang melakukan klik pada link di komentar dan mendapatkan pengalaman buruk, maka ia akan berkoar-koar dan merusak nama baik yang sedang Anda bangun.

Sudah faham kan , bahaya yang timbul akibat membiarkan spam komen bertebaran di blog anda ?

Mulai sekarang , jika hal ini terjadi pada blog anda , segera atasi masalah ini dengan script anti link aktif di komentar blog . Kamu bisa cari tutor nya di internet .

Demikian lah postingan saya kali ini , semoga informasi singkat tersebut bermanfaat bagi sobat sekalian . Salam sukses para blogger indonesia !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *