Ilmuwan Berhasil Bikin ‘Enzim Super’, Bisa Mengurai Plastik Enam Kali Lebih Cepat

Posted on

berkah penemuan pokok buat lingkungan ini, muncul kemampuan bermacam jenis plastik dapat buyar dalam hitungan hari.

berita berhubungan inovasi pokok memacu cara abad balik plastik baru aja terhambur di komunitas keilmuan. risalah dalam jurnal keilmuan itu mengartikan penemuan “enzim super” yang bisa mengurai elemen plastik enam kali lebih lekas dari cara yang ada kini. team yang terlibat riset enzim itu meminta cara mereka kelihatannya besar dapat diterapkan buat abad balik rasio besar dan relatif teraih biayanya.

Enzim ini dibesarkan dari 2018, dan dicoba coba pada beraneka ragam jenis plastik. Mulai dari botol, balut busana, sampai plastik tas biaya. penjelasan hal enzim itu dipampang di jurnal PNAS pada 28 September 2020, terdiri atas agregat dua enzim ialah PETase dan MHETase.

Keduanya disintesiskan dan nyatanya amat efisien mengurai plastik. Dua enzim mulanya pertama kali ditemui pada 2016 oleh team akademikus Jepang yang memelajari kuman pengurai polyethylene terephthalate (PET), isi penting dalam plastik.

“Ketika dua enzim mulanya dirangkai, nyatanya cara analisis plastik aktif lebih lekas. Menariknya, kita memperoleh bila enzim itu lagi dapat diutak-atik biar lebih lekas lagi bekerja, ” tutur John McGeehan, guru besar biologi di University of Portsmouth, yang terlibt dalam riset enzim hebat itu, ketika diwawancarai The Guardian. “Artinya, terdapat kesempatan enzim hebat ini dibesarkan biar dapat membuntuti keinginan pabrik. ”

kontaminasi plastik ialah salah satu ancaman lingkungan terbesar di era 21. bumi memproduksi lebih banyak plastik dari daya mendaur balik barang ini. Plastik amat mengganggu lingkungan, karna dengan cara alami pada umumnya baru dapat buyar sehabis 500 tahun. Itu belum termasuk dilema mikroplastik yang telah menabur ke bumi, laut, ataupun udara. beberapa riset menetapkan, tidak harus bingung apabila usus orang modern mengandung mikroplastik.

biar sedemikian itu, harus digarisbawahi kalau enzim hebat ini baru amat efisien akan PET, satu dari demikian jenis plastik. biar sedemikian itu, PET cukup terkenal jadi materi plastik, terpenting buat botol minum. McGeehan beriktikad, jenis plastik lain bakal dapat diurai juga oleh enzim itu, asal dicampur dengan serat-serat alamiah, akan tetapi memerlukan waktu buat melebarkan penelitiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *