Membantu Anak Anda Belajar Membaca

Posted on

Bagaimana saya dapat membantu anak saya belajar membaca? khalifah
Membaca buku dengan suara keras adalah salah satu cara terbaik untuk membantu anak Anda belajar membaca. Ini juga bisa menyenangkan untuk Anda. Semakin banyak kegembiraan yang Anda tunjukkan saat membaca buku, semakin anak Anda akan menyukainya. Hal terpenting untuk diingat adalah membiarkan anak Anda mengatur langkahnya sendiri dan bersenang-senang dengan apa pun yang dia lakukan. Lakukan hal berikut saat membacakan untuk anak Anda: khalifah

Jalankan jari Anda di bawah kata-kata saat Anda membaca untuk menunjukkan kepada anak Anda bahwa cetakan itu membawa cerita.
Gunakan suara lucu dan suara binatang. Jangan takut untuk menguranginya! Ini akan membantu anak Anda bersemangat tentang cerita tersebut.
Berhenti untuk melihat gambar-gambar itu; mintalah anak Anda menyebutkan hal-hal yang dia lihat dalam gambar. Bicarakan tentang bagaimana gambar-gambar itu berhubungan dengan cerita.
Ajaklah anak Anda untuk bergabung kapan pun ada ungkapan yang berulang dalam teks tersebut.
Tunjukkan kepada anak Anda bagaimana peristiwa dalam buku itu mirip dengan peristiwa dalam kehidupan anak Anda.
Jika anak Anda bertanya, berhenti dan jawablah. Buku ini dapat membantu anak Anda mengekspresikan pikirannya dan menyelesaikan masalahnya sendiri.
Tetaplah membacakan untuk anak Anda bahkan setelah dia belajar membaca. Seorang anak dapat mendengarkan dan memahami cerita yang lebih sulit daripada yang dapat dia baca sendiri.
Mendengarkan anak Anda membaca dengan lantang
Begitu anak Anda mulai membaca, minta dia membaca dengan suara keras. Ini dapat membantu membangun kepercayaan diri anak Anda pada kemampuannya membaca dan membantunya menikmati mempelajari keterampilan baru. Bacalah secara bergiliran bersama anak Anda untuk mencontohkan keterampilan membaca yang lebih maju.

Jika anak Anda meminta bantuan dengan sebuah kata, berikan segera agar dia tidak kehilangan makna ceritanya. Jangan paksa anak Anda untuk mengucapkan kata itu. Di sisi lain, jika anak Anda ingin mengucapkan sepatah kata pun, jangan hentikan dia.

Jika anak Anda mengganti satu kata dengan kata lain saat membaca, lihat apakah itu masuk akal. Jika anak Anda menggunakan kata “anjing” dan bukan “anak anjing”, artinya sama. Jangan berhenti membaca untuk mengoreksinya. Jika anak Anda menggunakan kata yang tidak masuk akal (seperti “jalan” untuk “membaca”), minta dia untuk membaca kalimat itu lagi karena Anda tidak yakin Anda mengerti apa yang baru saja dibaca. Ketahui batasan energi anak Anda. Hentikan setiap sesi pada atau sebelum tanda-tanda awal kelelahan atau frustrasi.

Yang terpenting, pastikan Anda memberi anak Anda banyak pujian! Anda adalah guru pertama dan terpenting bagi anak Anda. Pujian dan dukungan yang Anda berikan kepada anak Anda saat ia belajar membaca akan membantunya lebih menikmati membaca dan belajar.

Belajar membaca di sekolah
Kebanyakan anak belajar membaca pada usia 6 atau 7 tahun. Beberapa anak belajar pada usia 4 atau 5 tahun. Bahkan jika seorang anak memiliki permulaan yang lebih awal, dia mungkin tidak akan terus maju begitu sekolah dimulai. Siswa lain kemungkinan besar akan mengejar ketinggalan di kelas dua atau tiga. Mendorong anak Anda untuk membaca sebelum dia siap dapat menghalangi minat anak Anda untuk belajar. Anak-anak yang sangat menikmati belajar cenderung berprestasi baik di sekolah. Kecintaan belajar ini tidak bisa dipaksakan.

Saat anak Anda mulai sekolah dasar, dia akan memulai pendidikan membaca formal. Ada banyak cara untuk mengajari anak membaca. Salah satu cara menekankan pengenalan kata dan mengajari anak-anak untuk memahami arti keseluruhan kata dengan cara penggunaannya. Pembelajaran yang melambangkan bunyi huruf — fonik — adalah cara lain anak-anak belajar membaca. Phonics digunakan untuk membantu “memecahkan kode” atau mengeluarkan kata-kata. Berfokus pada hubungan antara kata yang diucapkan dan tertulis adalah teknik lain. Kebanyakan guru menggunakan kombinasi metode untuk mengajar anak-anak bagaimana membaca.

Membaca merupakan keterampilan penting untuk dipelajari anak. Kebanyakan anak belajar membaca tanpa masalah besar. Mendorong seorang anak untuk belajar sebelum dia siap dapat membuat belajar membaca menjadi frustasi. Tapi membaca bersama dan bermain game dengan buku membuat membaca menjadi menyenangkan. Orang tua perlu dilibatkan dalam pembelajaran anak mereka. Mendorong kecintaan anak pada belajar akan sangat membantu dalam memastikan keberhasilan di sekolah.

 

Tips membaca
Berikut adalah beberapa tip yang perlu diingat saat anak Anda belajar membaca:

Luangkan waktu setiap hari untuk membaca bersama. Banyak anak suka dibacakan cerita untuk mereka sebelum tidur. Ini adalah cara yang bagus untuk melepas lelah setelah hari yang sibuk dan bersiap untuk tidur.
Tinggalkan buku di kamar anak Anda untuk dinikmati sendiri. Pastikan kamarnya ramah membaca dengan tempat tidur atau kursi yang nyaman, rak buku, dan lampu baca.
Bacalah buku yang disukai anak Anda. Setelah beberapa saat, anak Anda dapat mempelajari kata-kata dalam buku favoritnya. Jika ini terjadi, biarkan anak Anda menyelesaikan kalimatnya atau bergantian mengucapkan kata-katanya.
Jangan melatih anak Anda pada huruf, angka, warna, bentuk, atau kata. Sebaliknya, buat permainan darinya dan temukan cara untuk mendorong keingintahuan dan minat anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *