Olahan Keripik Kaca

Olahan Keripik Kaca Mantap dan Gurih

Posted on

Keripik Kaca merupakan salah satu cemilan yang banyak diminati setiap orang. Cemilan ini biasanya di konsumsi saat bersama, keripik kaca juga mudah di cari. Yuk baca artikel ini Olahan Keripik Kaca.

Olahan Keripik Kaca

Keripik Kaca

Keripik kaca adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung dan air yang dipanaskan hingga kental.

Kemudian adonan dijemur, ada pengusaha keripik kaca lainnya yang menggunakan cara terbuka untuk mengeringkan adonan. Keripik kaca yang terbuat dari singkong yang dipotong tipis-tipis seperti kaca.

Keripik kaca juga disebut keripik beling dan keripik beledag. Jajanan khas sunda yang rasanya makin nikmat saat dibumbui pedas ini cocok dijadikan teman untuk bersantai.

Olahan Keripik Kaca

1. Olahan Keripik Kaca Simpel

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung tapioka
  • 250 ml air
  • Sejuput garam
  • 1 scht bon cabe
  • 5 lbr daun jeruk
  • 2 sdt minyak goreng

Cara Membuat Olahan Keripik Kaca Simpel:

  1. Tambahkan tepung tapioka dan garam, tambahkan air, lalu aduk hingga mengental seperti lem dengan api kecil.
  2. Siapkan plastik yang sudah kita minyaki, keluarkan plastik untuk menuang adonan lalu ratakan hingga setipis mungkin menggunakan botol (my), lalu keringkan hingga kering selama 2 hari, tergantung suhu dan ukuran rata test.
  3. Setelah kering, potong-potong sesuai selera, lalu tambahkan 2 sendok teh minyak untuk menggoreng dengan api sangat kecil, tumis daun jeruk dengan cabai bon, lalu tambahkan keripik, jangan terlalu banyak minyak dan jangan kita goreng terlalu lama nanti bisa jadi kerupuk bukan keripik.

2. Olahan Keripik Kaca Home Made

Bahan-bahan:

  • 50 gram tepung tapioka
  • 250 ml air
  • Tambahkan 2 sendok makan minyak (untuk menggoreng)
  • Bubuk rasa-rasa (boncabe dan sapi panggang)

Cara Membuat Olahan Keripik Kaca Home Made:

  1. Beri kresek minyak. Saya kresek saya gunting sisinya jadi lebar.
  2. Campurkan air dan tepung tapioka hingga tercampur tidak ada yang mengendap.
  3. Masak, aduk-aduk.
  4. Hingga seperti lem.
  5. Pipihkan bisa dengan gilasan apapun. Jadi adonan kita antara kresek atau plastik ya jadi alat gilas gak kena langsung. Tidak lengket karena kresek sudah kita beri minyak.
  6. Jemur hingga kering.
  7. Potong-potong. Kalau saya dengan gunting.
  8. Goreng dengan sedikit minyak. Kalau kebanyakan jadinya kerupuk.
  9. Beri bubuk boncabe dan rasa sesuai selera.

Popularitas Keripik Kaca di Pasar Online

Industri makanan dan minuman untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia merupakan bisnis yang menggiurkan, termasuk industri keripik. Apalagi kentang goreng yang renyah dan gurih menjadi favorit keluarga Indonesia, dengan pilihan dari berbagai daerah dengan harga yang terjangkau.
Hal ini tentunya menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk memasukan pasar online dan bersaing dengan produsen maupun produsen besar.
Berdasarkan data yang dihimpun, bisnis chip dalam e-commerce memiliki rata-rata pangsa pasar 33,37 persen di tiga situs e-commerce besar Tokopedia (36,3 persen), Shopee (34,7 persen) dan Bukalapak (29,1 persen)).

Sejarah Singkong

Singkong (Manihot utilisima), juga dikenal sebagai singkong atau ubi kayu, meupakan tanaman asli Amerika Selatan yang tumbuh liar di hutan. Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia.

Menurut Haryono Rinardi, pada masa penjajahan politik singkong, singkong berasal dari Portugis hingga Maluku di Indonesia sekitar abad ke-16. Tanaman ini bisa dipanen sesuai kebutuhan.

Manfaat Singkong

Manfaat Singkong

Manfaat singkong rebus untuk diet bermanfaat untuk makanan penurun berat badan. Singkong merupakan salah satu umbi yang mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat. Singkong biasanya diolah dengan cara digoreng, direbus, atau dimakan tepung.

Salah satu cara makan singkong yang sehat adalah dengan memasaknya. Manfaat singkong matang untuk diet dapat mengurangi konsumsi minyak yang berlebihan. Konsumsi gorengan merupakan salah satu faktor terbesar dalam penambahan berat badan.

Manfaat gizi dari singkong masak juga dibantu oleh kandungan vitamin dan mineralnya yang menyehatkan. Manfaat singkong masak juga bisa menjadi salah satu alternatif makan nasi putih. Manfaatnya dapat dikonsumsi dalam porsi yang wajar secara teratur.

1. Sumber Serat Sehat

Singkong mengandung serat sehat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi serat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Singkong juga mengandung pati yang sangat resisten, yang memiliki sifat yang mirip dengan serat larut.

2. Baik Untuk Pencernaan

Pati resisten pada singkong merupakan membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Dalam singkong juga memberi makan bakteri menguntungkan di usus yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Pati resisten ini terutama terdapat pada singkong yang sudah dimasak utuh, misalnya dengan cara direbus.

3. Kuatkan Otot

Menambah berat badan, karbohidrat dalam singkong membantu mengembangkan dan memperkuat otot. Singkong juga mengandung protein yang membantu menjaga kesehatan otot dan menutrisi jaringan.

Kalium dalam singkong membantu para lansia, serta kondisi yang cenderung menyebabkan pemborosan otot, seperti: B. ketosis diabetik untuk menjaga massa otot.

4. Dukung Berat Badan Ideal

Singkong mengandung karbohidrat kompleks yang berguna dalam menjaga berat badan ideal. Karbohidrat dalam singkong terdiri dari serat, lemak, dan kalori sehat.

Kandungan serat yang tinggi pada singkong membantu tubuh tetap kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

5. Bebas Kolestrol

Singkong yang dimasak bebas kolesterol. Singkong goreng cenderung meningkatkan risiko konsumsi lemak berlebihan, yang dikaitkan dengan kolesterol tinggi.
Konsumsi lemak yang berlebihan terkait dengan penambahan berat badan. Memasak singkong dapat membantu mengontrol kolesterol dan berat badan.
Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis. Jika tidak diobati, aterosklerosis dapat menyebabkan angina, serangan jantung, dan stroke.
Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat olahan keripik kaca yang saya berikan, Saya rekomendasikan menggunakan mesin peniris minyak agar kerja lebih mudah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *