Olahan Tahu Susur

Olahan Tahu Susur Enak Dijamin Ketagihan

Posted on

Tahu Susur merupakan salah satu cemilan yang banyak diminati setiap orang. Cemilan ini biasanya di konsumsi saat bersama, Olahan Tahu Susur juga mudah di cari

Olahan Tahu Susur

Masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya mengaku mengetahui kandungan tahu. Mengapa Anda tahu relnya? Pasalnya, mulutnya terlihat seperti diisi tongkat alias gulungan tembakau.Seperti isi nabati lainnya, tahu mengandung berbagai sayuran seperti wortel, kol, dan tauge. Tahu yang biasa kita kenal adalah tahu putih. Selanjutnya setelah tahu diberi isian berupa tumis sayuran, kita celupkan ke dalam adonan tepung, kemudian kita goreng.

Olahan Tahu Susur

Tahu Susur

1. Olahan Susur Simpel

Bahan-bahan:

  • 15 buah tahu coklat
  • 2 buah wortel iris tipis
  • 1/4 kg toge
  • 1/2 sayur kol
  • 4 siung bawang putih
  • Sejumput garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt merica
  • Secukupnya Air
  • 1 bungkus tepung sajiku (kemasan sedang)

Cara Membuat Olahan Tahu Susur Simple:

  1. Rebus dulu tahu coklatnya, tiriskan. Potong sayuran untuk isian tahu.
  2. Haluskan bawang putih,merica, dan garam
  3. Tumis bumbu, masukkan sayur, tambahkan air. Tumis hingga matang. Koreksi rasa kemudian sisihkan
  4. Masukan isian ke tahu
  5. Buat adonan tepung untuk pelapis tahu. Tambahkan air sedikit sampai adonan kental
  6. Panaskan minyak. Masukkan tahu kedalam adonan. Goreng tahu hingga warna kekuningan
  7. Tahu isi sayur siap kita hidangkan

2. Olahan Tahu Susur Ayam

Bahan-bahan:

  • 2 potong ayam (bagian paha) sudah digoreng dgn bawang putih garam
  • Sesuai selera Tahu goreng pong (optional jumlahnya).
  • 1 buah Wortel lalu iris korek api.
  • Tambahkan Kol dan cambah.
  • 2 siung Bawang putih.
  • Lada putih dan garam.
  • Daun bawang.
  • Kaldu jamur.
  • Saus tiram.
  • Tepung beras untuk menggoreng tahu yg sudah diisi sayur

Cara Membuat Olahan Tahu Susur Ayam:

  1. Ayam goreng cincang, Tambahkan kol dan wortel, korek api cincang, panaskan minyak dalam wajan, lalu tambahkan bawang putih cincang halus, goreng sayuran terlebih dahulu, tunggu sampai sayuran agak layu, tambahkan lada putih, garam dan saus tiram, terakhir tambahkan ayam parut , lalu icip rasa.
  2. Bilah tahu pong, bilah tengah tidak akan pecah. (Secukupnya, untuk membagi tahun) , masukkan sayuran yang sudah matang ke dalam tahu pong tadi. Kemudian celupkan ke dalam adonan tepung beras dengan sedikit kaldu garam dan jamur.
  3. Panaskan minyak sayur hingga benar-benar panas. Kemudian goreng tahu yang sudah jadi hingga benar-benar kering. Semoga beruntung

5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tahu

1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat tahu yang pertama bagi kesehatan adalah dapat mencegah osteoporosis. Pengeroposan tulang ini bisa dirasakan oleh sebagian orang lanjut usia. Namun dengan mengonsumsi tahu yang tinggi protein dan kalsium, sumber ini dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat tahu berguna untuk diet karena bisa menurunkan berat badan bila dikonsumsi secara rutin.

3. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kedelai olahan yang merupakan bahan utama pembuatan tahu dapat menurunkan kolesterol dan penyerapan lemak jenuhnya. Selain itu, mengonsumsi tahu dapat menurunkan risiko penyakit arteri koroner.

4. Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 sering mengalami penyakit ginjal, yang menyebabkan tubuh mengeluarkan protein berlebih melalui urin. Satu studi menemukan bahwa orang yang hanya makan protein kedelai mengeluarkan lebih sedikit protein dari pada orang yang hanya makan protein hewani.
Peneliti mengklaim bahwa manfaat mengonsumsi tahu baik untuk penderita diabetes tipe 2.

5. Mencegah Anemia

Tahu merupakan sumber zat besi yang amat baik dan dapat membantu mencegah anemia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan sebuah penurunan jumlah sel darah merah yang sangat sehat, yang menyebabkan anemia.

3 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Kedelai adalah kacang-kacangan yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai makanan. Di Indonesia misalnya, kedelai diolah menjadi berbagai jenis makanan yang populer di masyarakat, seperti susu, tahu, tempe, dan kecap.

1. Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kedelai memiliki manfaat dalam mencegah dan mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas seperti polusi udara dan makanan cepat saji yang seringkali tidak terkendali dan tidak disadari.

2. Menurunkan Kolesterol

Adanya antioksidan pada kedelai juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) secara langsung. Selain itu, kedelai juga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah

3. Mencegah Kanker

Selain kerja dari antioksidan, adanya kandungan isoflavon dalam kedelai dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker.

Inilah yang menjadikan manfaat kedelai sebagai pencegah kanker, misalnya kanker payudara dan endometrium pada wanita, serta kanker prostat pada pria.

Itulah olahan tahu susur yang bisa harus anda coba, atau bisa anda jadikan sebagai ladang rejeki. Semakin unik tahu sususr yang disajikan, akan semakin banyak peminatnya. Tetap jadikan rasa sebagai unggulannya. Saya rekomendasikan menggunakan mesin peniris minyak agar kerja lebih mudah Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *