Pengertian dan Indikator penilaian ujian PTN jalur mandiri

Posted on

Persaingan di SNMPTN dan SBMPTN sangat ketat. Karena, Anda harus bersaing dengan banyak calon siswa dari banyak tempat. Jika Anda tidak melewati dua baris pilihan ini karena kompetisi sangat ketat, tidak apa-apa. Anda masih dapat mencoba menguji melalui pemeriksaan independen. Apa sebenarnya ini?

Namun sebelum itu , guna memuluskan langkah kamu nanti saat mengikuti seleksi , tidak ada salah nya jika kamu ikut Bimbel masuk UTBK SIMAK KKI PTN UI terbaik

Pengertian ujian jalur mandiri

Jika SNMPTN dan SBMPTN berakhir, sebenarnya ada satu jalur lagi yang dapat digunakan siswa untuk memasukkan target PTN mereka. Ujian independen ini juga disebut nama pemilihan standalone PTN yang kuota hanya sekitar 30% dari jumlah maksimum siswa yang diterima.

Anda dapat menggunakan jalur ini jika Anda ingin tinggal di perguruan tinggi. Bagi mereka yang tidak tahu, pemilihan PTN independen ini adalah jalur penerimaan siswa baru di PTN yang dipegang dan dikelola dengan sendirinya di perguruan tinggi. Jadi, setiap PTN mengadakan penerimaan khusus di luar SNMPTN dan SBMPTN.

 

Indikator penilaian ujian jalur mandiri

Oleh karena jalur ini dikelola oleh masing-masing PTN, maka pola penilaian ujiannya juga berbeda-beda antara satu PTN dengan PTN lainnya. Namun, secara garis besar, indikator penilaiannya adalah sebagai berikut!

1. Ujian Mandiri atau Tulis

Indikator penilaian dari seleksi mandiri PTN pertama yakni dengan melakukan ujian mandiri atau tertulis. Ini adalah mekanisme seleksi mandiri S1 PTN yang biasanya adalah PTN dengan jumlah peminat yang banyak.

Beberapa PTN yang menggunakan jenis seleksi mandiri dengan ujian ini adalah UI dengan SIMAK UJI. Ada UNDIP dan UGM dengan program UTUL, IPB dengan program UTMI. Ada juga UNY, Unnes dan masih banyak lagi PTN yang menggunakan sistem seleksi mandiri yang satu ini.

2. Seleksi Rapor atau PMDK

Selain menggunakan sistem ujian tertulis, seleksi mandiri ini juga ada yang menggunakan seleksi rapor atau disebut juga dengan PMDK. Dengan kata lain, seleksi yang satu ini melakukan seleksi berdasarkan prestasi dari si calon mahasiswa. Ada banyak juga PTN yang menerapkan ini. Di antaranya adalah UGM dan Unnes jalur prestasi.

3. Seleksi Melalui Nilai UTBK

Mekanisme terakhir dalam penilaian dan penerimaan mahasiswa baru menggunakan seleksi mandiri adalah melalui nilai UTBK. Sesuai dengan namanya, PTN akan menerima mahasiswa berdasarkan nilai UTBK mereka. Jadi, PTN sama sekali tidak melakukan tes lagi, Mereka hanya melihat hasil UTBK kemudian dirangking untuk mendapatkan mahasiswanya.

Ada banyak mahasiswa yang langsung mundur bila harus melalui ujian ini. Alasannya adalah karena seleksi ini mahal. Tapi, apakah itu benar? Sebenarnya tidak juga. Ada banyak PTN yang memberlakukan biaya kuliah yang sama bagi semua jalur penerimaan. Misalnya saja ada IPB dan UNNES.

Namun, meski begitu tak bisa juga dibilang kalau tak ada PTN yang menerapkan biaya mahal untuk mahasiswanya yang masuk dari jalur ini. Banyak PTN yang menerapkan UKT tinggi sehingga pilihan biayanya sedikit. Tapi, biasanya informasi seputar ini bisa Anda ketahui, kok! Oleh sebab itu, Anda harus rajin mencari info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *