Resep Cemilan Gorengan Tegal Dijamin Enak

Posted on

Gorengan atau goreng tepung adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng panas yang banyak. Resep Cemilan Gorengan tegal juga mudah di cari.

Cemilan Gorengan Tegal

Cemilan Gorengan Tegal

Gorengan adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian di goreng dalam minyak goreng panas yang banyak.

Cemilan adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama. Makanan yang menganggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk menikmati rasanya.

Sejarah Gorengan

Prasasti Rukam yang kita temui di Temanggung sebelas abad yang lalu menyebutkan hidangan disajikan setelah adanya sima (tanah bebas pajak). Makanan tersebut mengolah dengan cara Kasih Garam dan membakar. Proses pengolahan ikan dan daging yang berbeda tidak dijelaskan.

Resep Cemilan Gorengan Tegal

Gorengan Tegal

1. Resep Cemilan Gorengan Tegal Olos

Bahan-bahan:

  • 8 sdm tepung terigu dan Aci
  • Penyedap rasa
  • Lada secukupnya (boleh skip)
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • secukupnya Air mendidih
  • Minyak Goreng
  • 5 lembar daun kol(potong kecil dan tipis-tipis)
  • 10 biji cabe merah mercon(haluskan)
  • 2 siung bawang putih(haluskan)
  • Garam
  • Penyedap Rasa

Cara Membuat Resep Cemilan Gorengan Tegal Olos:

  1. Untuk bahan Adonan campurkan semua bahan lalu tuangkan air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk. Sampai Kalis ya Bun elastis tidak lengket agar mudah dibentuk. Koreksi rasa pastikan asinnya pas dan gurih.
  2. Untuk isiannya, siapkan minyak lalu masukkan cabe dan bawang putih yang sudah dihaluskan dan kol yang sudah dipotong kecil dan tipis. Koreksi rasanya ya bunda. Ngga usah lama lama masaknya yang penting sudah agak lunak kolnya lalu angkat.
  3. Untuk membentuk bulatan bahan Adonan. Pertama lumuri tangan dengan sedikit minyak goreng agar tidak lengket ditangan.
  4. Untuk ukuran sesuai selera ya bunda, bentuk pipih lalu masukan Isian tadi jangan terlalu banyak nanti susah dibentuk ya bunda. Lalu bulatkan adonan sampai semua habis.
  5. Panaskan minyak lalu masukan olos nya. Goreng sampai berwarna agak kekuningan ya bunda lalu angkat dan sajikan,jika ingin lebih pedas boleh ditaburi boncabe ya bunda
  6. NOTE: untuk takaran terigu dan Aci adalah 1:1 supaya tidak keras dan ketika digoreng tidak meledak olosnya bunda. Kemudian minyak goreng harus banyak supaya matang merata dan dengan api sedang ya bunda. Selamat mencoba.

2. Resep Cemilan Gorengan Tegal Tahu Aci

Bahan-bahan:

  • 5 buah tahu putih
  • 100 gram tepung tapioka
  • 4 sdm tepung terigu
  • 100 ml air mendidih
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 bawang daun seledri, ambil daunnya dan iris halus
  • Garam dan kaldu bubuk sesuai selera
  • Air secukupnya

Cara Membuat Resep Cemilan Gorengan Tegal Tahu Aci:

  1. Potong tahu jadi 2 bagian segitiga.
  2. Masing-masing irisan segitiga belah 2.
  3. Kerat satu sisi tahu yang akan ditempeli adonan. Rendam tahu dengan sedikit air dan garam.
  4. Campur air mendidih dengan bawang putih halus, garam, dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  5. Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, larutan air mendidih, daun bawang, dan seledri. Aduk sampai rata.
  6. Ambil 1 potong tahu, beri 1 sendok makan adonan aci di bagian yang sudah dikerat. ratakan dan lebihkan sampai ke pinggir agar tidak lepas.
  7. Goreng dalam minyak panas pakai api sedang-kecil. Kalau sudah kecoklatan dan adonannya matang, angkat. Tiriskan.

Macam Cemilan Gorengan Tegal

1. Bakwan

Jajanan ini juga dikenal di seluruh pelosok negeri, dengan nama yang sedikit berbeda di tiap daerah. Campuran sayuran yang berbeda ini adalah camilan goreng favorit orang. Setiap penjual gorengan pasti selalu berada di suatu tempat.

2. Cireng

Cemilan berbahan dasar aci atau tepung kanji ini termasuk favorit semua usia. Kekenyalan cireng dan rasa gurih yang ditawarkan membuatnya selalu menjadi rebutan ketika disajikan di atas piring.

3. Martabak Telor

Cemilan goreng terakhir adalah martabak telor. Martabak ini juga mudah dicari. Terutama di depan Pasar Tradisional atau Di Pinggir Jalan pada umumnya.

4. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan memiliki cita rasa yang berbeda. Keunikan tempe mendoan adalah proses pemanggangannya tidak sepenuhnya matang.

5. Pisang Molen

Pisang molen kita sukai oleh tua dan muda, tetapi terutama oleh anak-anak. Selain itu, kini ada inovasi dari pihak penjual dengan membuat tahi lalat pisang ukuran mini.

Nongkrong Sambil Makan Gorengan

Saya termasuk orang yang sangat suka makan snack. Lalu nasi yang banyak, saya makan lebih banyak makanan seperti ciluk ba, seblak, asal micinnya banyak. Saya juga sangat menyukai Kwaci.

Buatlah menjadi kecil, tetapi sangat bagus untuk berbaring atau berkumpul dengan teman lain. Lalu tidak mudah habis. Lalu tahan lama saat mengonsumsi bersama.

Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat resep cemilan gorengan Tegal yang saya berikan, Saya rekomendasikan menggunakan mesin peniris minyak agar kerja lebih mudah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *