Resep Kue Bolu Oven

Posted on

Bolu panggang bisa dibuat dengan cara mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya dan waktu. Untuk penikmat kue yang memiliki rasa serta aroma yang kuat, disarankan menambahkan susu agar bolu panggang yang dibuat bisa semakin lezat dan padat. Anda juga dapat menambahkan buah-buahan kering, kismis, atau kacang-kacangan sebagai topping ataupun untuk varian bahan campuran untuk bolu panggang Anda.

Semua bisa terjadi karena resep kue bolu memang ada macam-macam. Bukan hanya satu macam saja, yuk pelajari variasi resepnya. Kalau mau langsung mengajari proses pembuatannya.

 

Cara Membuat Bolu Oven

 

Seperti bentuknya yang sederhana, bolu panggang juga dibuat dengan cara yang sangat sederhana. Alat yang dibutuhkan untuk membuat bolu panggang hanyalah mixer roti dan tempat untuk mengocok adonan. Bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah ditemukan di pasar maupun di toko khusus yang menjual bahan-bahan kue. Bolu panggang pun digolongkan sebagai jenis kue yang cukup praktis dan mudah untuk dibuat. Berikut ini adalah Resep bolu panggang yang bisa coba Anda buat sendiri di rumah.

 

Bahan yang Dibutuhkan :

100 gram margarine yang sudah dilelehkan terlebih dahulu

1 sendok teh vanili bubuk

75 gram tepung terigu

150 gram gula pasir

1 sendok teh cake emulsifier

4 butir telur ayam

½ sendok teh baking soda

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, Anda dapat mencoba langkah yang selanjutnya yaitu mengolah bahan menjadi bolu panggang yang empuk dan enak.

Langkah yang harus dilakukan dalam membuat resep bolu panggang lembut dan empuk adalah:

 

pertama campurkan vanili bubuk, tepung terigu dan juga baking soda ke dalam suatu wadah. Aduk campuran tersebut hingga rata dengan menggunakan sendok dan kemudian ayak hingga halus.

Sisihkan hasil ayakan ke dalam wadah yang berbeda. Setelah itu campurkan gula pasir dan telur ayam dengan pengemulsi kue.

Kocok semua campuran tersebut menggunakan mikser hingga menjadi adonan yang mengembang dan juga memucat.

Ambil hasil ayakan yang sebelumnya sudah disisihkan kemudian campurkan ke dalam adonan yang sedang di-mikser.

Mikser campuran tersebut dengan menggunakan kecepatan yang rendah hingga semua bahan dapat tercampur dengan sempurna.

Tuangkan margarine yang sudah dilelehkan sebelumnya ke dalam adonan yang sudah mengental dan aduk hingga adonan merata dan terlihat lembut.

Siapkan loyang berukuran 22 cm, loyang tersebut bisa berbentuk bundar bisa juga berbentuk kotak. Oleskan sedikit margarine ke dalam loyang yang sudah disediakan dan juga taburi tepung hingga merata pada bagian sisi dalam loyang.

Tuang adonan bolu yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam loyang, lalu masukkan ke dalam oven hingga matang dan mengembang.

Tunggu sekitar 35 menit agar bolu memiliki warna kecokelatan. Iris bolu yang sudah matang dan sajikan ke dalam piring untuk dimakan.

Jika oven gas sudah cukup panas, anda bisa mulai memasukkan adonan untuk dipanggang sesuai waktu yang terdapat dalam resep. Itulah beberapa tips tentang cara membuat bolu panggang agar mengembang sempurna.

Kini anda tidak perlu khawatir lagi pada saat membuat bolu panggang, anda bisa menggunakan cara dan tips di atas sebagai pedoman anda dalam membuat bolu selanjutnya. Cara membuat bolu panggang memang terlihat mudah namun banyak sekali yang merasa kesulitan untuk membuat bolu yang mengembang secara sempurna. Semoga dengan resep dan cara membuat bolu panggang diatas bisa membantu anda dalam menciptakan kue bolu panggang yang bisa mengembang dengan sempurna sesuai dengan selera anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *