Tips Dalam Belajar Membuat Website
Tips Dalam Belajar Membuat Website

Tips Dalam Belajar Membuat Website

Posted on

Biar tidak panjang lebar mengisahkan pengalaman saya saja, saya akan memberikan sedikit tips untuk anda yang ingin belajar menciptakan website.

Pelajari Konsep Membuat Layout Website

Hal pertama yang harus anda lakukan saat belajar menciptakan website adalah kamu harus tahu konsep suatu layout website.

Kamu harus tahu bagaimana cerminan website yang ingin kamu buat. Ini penting dipelajari sebelum anda mulai ngoding.

Caranya mudah, ada software yang namanya Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator. Kamu bisa gunakan software ini untuk membuat konsep layout situs kamu.

Buat wireframe, lantas desain situs kamu. Cari referensi sebanyak-banyaknya mengenai desain layout website

Kalau step ini anda lalui, maka desain websitemu akan tidak cukup bagus dan terkesan seadanya.

Silahkan menciptakan konsep webiste out of the box atau design situs yang menurutmu, tidak kamu bisa buat, itu bagus.

Ini akan jadi patokan anda dalam menajamkan skill kodingmu. Kenapa?

Pilih Bahasa Programan Yang Ingin Kamu Gunakan

Setelah anda punya desain atau konsep layout situs yang ingin kamu buat, kini saatnya anda memilih bahasa pemrograman apa yang akan kamu gunakan.

Saya sarankan anda mulai kuasa HTML dan CSS, setelah itu baru masuk ke PHP, Javascript, Python, dll.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, hasil layout website yang akan buat menjadi patokan anda dalam menajamkan skill programing, semakin rumit desain layout yang anda buat, maka skill programing-mu akan semakin expert, karena anda harus masuk ke tinggkatan advanced untuk bisa membuat situs yang serupa dengan desain yang anda buat sebelumnya.

Jika akhirnya anda tidak bisa menyelesaikannya atau hasilnya tidak sesuai, minimal ada hal-hal yang dapat kamu pelajari. Inilah yang dulu pernah saya kerjakan saat bekerja di Studio Desain kepunyaan dosen saya.

Saya diberikan konsep layout situs yang sangat rumit, namun syukur saya dapat menyelesaikannya, walaupun tidak serupa-serupa banget.

Gunakan CMS atau Framework

Kalau kamu ingin pekerjaanmu dipermudah, setelah anda mengerti dasar-dasar pemrograman website, kamu bisa Belajar Membuat Website dengan memakai CMS (Content Management System).

Disini yang perlu anda pelajari adalah cara membina theme atau template situs tersebut, misalnya menciptakan theme wordpress. Dan kamu bisa mencari panduan cara menggunakan wordpress di google.

Jika kamu ingin lebih advanced lagi, kamu dapat pelajari framework bahasa pemrograman yang anda gunakan.

Ini akan lebih mempermudah anda dalam menciptakan website, khususnya dalam security juga. Biasanya tiap bahasa pemrograman situs punya frameworknya sendiri.

Misalnya, bahasa pemrograman PHP punya banyak framework seperti Laravel, cakePHP, Zend Framework.

Beli Domain dan Hosting

Setelah semuanya sudah selesai dibuat, kamu bisa membeli suatu domain dan mencarter sebuah hosting untuk meng-online-kan websitemu.

Jika situs cuma ada di-localhost komputer atau laptopmu saja, rasanya tidak cukup greget.

Ada hal-hal yang bisa kamu pelajari juga saat anda sudah mulai meng-online-kan websitemu.

Banyak fitur-fitur yang dapat kamu buat, yang mungkin tidak ada di web server lokal komputer atau laptopmu. Bagian ini akan menjadi pelangkap prosesmu dalam belajar menciptakan website.

Dan tidak boleh pernah memakai gratisan. Saya pernah memakai gratisan untuk belajar, tapi hasilnya tidak semaksimal saya membayar.

Karena saat anda mendapatkan projek untuk klienmu, anda tidak mungkin akan memakai domain atau hosting gratisan itu untuk klienmu.

Fitur-fitur yang diberikan gratisan dan berbayarpun bertolak belakang cukup jauh.

Kuatkan Tekad Jangan Mudah Menyerah

Tips terakhir adalah kuatkan tekadmu dan jangan pernah menyerah. Jika terjadi error, maka cari solusinya sampai dapat.

Tidak juga ketemu, cari lagi, gunakan cara lain. Di google banyak website yang bisa membantu anda dalam memecahkan masalah yang anda hadapi dalam menciptakan website. Misalnya Stack Overflow.

Kalau ini memang passionmu, maka anda akan rela waktumu untuk mempelajarinya lebih dalam dan anda tidak akan mudah menyerah begitu saja. Saya yakin, tekad yang powerful akan memberikan hasil yang baik juga.

Ini ialah akhir dari artikel kali ini. Tulisan yang cukup panjang, semoga berfungsi buat anda yang baru mulai belajar menciptakan website.

Jangan mudah menyerah, terus berkarya dan mulailah buat websitemu sendiri.

Sumber : About The Importance of Having a Website in Digital Market Strategies html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *